IMPLEMENTASI MANAJEMEN SUPERVISI BERBASIS IT DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DI SMK TUNAS BANGSA DEPOK CENTER SCHOOL (DECES)

Authors

  • Fahmi Husain Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Hidayah Bogor, Indonesia
  • M Hidayat Ginanjar Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Hidayah Bogor, Indonesia
  • Heriyansyah Heriyansyah Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Hidayah Bogor, Indonesia

Abstract

Isi bahasan penelitian yang dilakukan antara lain, dalam manajemen supervisi berbasis IT di SMK Tunas Bangsa ini sudah berjalan sejak lama, dalam pelaksanaannya sangat dibutuhkan sarana, kompetensi supervisor, pelatihan, relasi, dan yang paling utama ialah jaringan internet. Faktor penunjangnya adalah motivasi, kompetensi guru dan juga media. Faktor penghambatnya adalah jaringan yang kurang kapasitasnya, pemadaman listrik dan biaya untuk membeli kuota bisa pengguna di luar sekolah. Solusi mengatasi faktor penghambatnya adalah meng-upgrade kapasitas internet, menyediakan UPS atau alat penyimpan daya listrik,dan menyediakan komputer dan internet di laboratorium.Sehingga bisa di ambil kesimpulan bahwa pelaksanaan supervisi berbasis IT ini lebih efesien dibanding supervisi konvensional, karena tidak memakan banyak waktu, tenaga, lebih fleksibel dan juga tidak membutuhkan banyak tenaga kerja. Saran dari penelitian yang dilakukan adalah untuk penelti selanjutnya agar mengkaji lebih dalam dari sumber maupun referensi mengenai supervisi berbasis IT, dan peneliti agar mempersiapkan diri dalam pengambilan data dan mewawancarai informan yang benar-benar berkompeten dalam bidang IT.

References

Agus, Trianto. (2010). Implikasi Perkembangan Teknologi Komputer Dan Internet Bagi Konselor Sekolah. Paradigma, No. 09 Th. V.

Ahmad, Suriansyah. (2015). Pengembangan Pembelajaran Berbasis TIK. Jurnal Paradigma. Volume 10 Nomor 2.

Danim, Sudarwan dan Khairil. (2012). Profesi Kependidikan. Bandung: Alfabeta.

Budiman, Haris. (2017). Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi Dalam Pendidikan. Lampung. Jurnal Pendidikan Islam Al-Tadzkiyyah (8).

Emzir. (2018). Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif & Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers.

Fitriani, Dian Novita. (2018). Kajian Tentang Oral Document: Tinjauan Pada Gerakan Dokumentalis Baru.Visi Pustaka (20).

Haryanto. (2015). Teknologi Pendidikan, Yogyakarta: UNY Press.

Hasanah, Hasyim. (2016). Teknik-Teknik Observasi (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-Ilmu Sosial).Semarang:. Jurnal at-Taqaddum. Volume 8.

Japar, Muhammad. (2018).Teknologi Dan Informasi Pendidikan. Jakarta: Laboratorium Sosial Politik Press.

Lustiana, dkk. Supervisi Metode Pembelajaran Interaktif Menggunakan Teknologi Digital Pada Abad Ke-21. (Yogyakarta: Universitas Ahmad Dahlan).Jurnal Program Studi Magister Pendidikan Fisika.

Marhomah, Sri. (2016). Administrasi Dan Supervisi Pendidikan Teori Dan Praktek. Yogyakarta: Deepublish Publisher.

Masaong, Kadim. (2013).Supervisi Pembelajaran Dan Pengembangan Kapasitas Guru, Bandung: Alfabeta.

Prasojo, Lantip Diat. (2013). Sistem Informasi Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Prasojo, Lantip Diat dan Sudiyono. (2015). Supervisi Pendidikan. Yogyakarta: Gava Media.

Priansa, Donni Juni & Sonny Suntani Sentiana. (2018). Manajemen & Supervisi Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Rohmawati, Afifatu. (2015). Efektivitas Pembelajaran. Jakarta:. Jurnal Pendidikan Usia Dini.(9).

Setiyadi, Bradley. (2020). Supervisi Dalam Pendidikan. Purwodadi: Sarnu Untung

Shulhan, Muwahid. (2013). Supervisi Pendidikan (Teori Dan Praktek Dalam Mengembangkan SDM Guru). Surabaya: Acima Publishing.

Sitorus, Awaluddin dan Siti Kholipah. (2018). Supervisi Pendidikan (Teori dan Pengaplikasian). Lampung: Swalova Publishing.

Sumarto. (2020). Supervisi Pendidikan Islam. Bengkulu: Penerbit Buku Literasiologi.

Sumantri, Mohamad Syarif. (2014). Strategi Pembelajaran. Jakarta: PPS UNJ.

Taqizar. (2018). Supervisi Berbasis IT. Jurnal At-Tadbir STAI Darul Kamal NW Kembang Kerang.

Tatang. (2016). Supervisi Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Wijoyo, Hadion, dkk. (2021). Efektivitas Proses Pembelajaran Di Masa Pandemi. Sumatra Barat: Insan Cendekia Mandiri.

Yusuf, Muri. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.

Downloads

Published

2023-02-16

How to Cite

Husain, F., Ginanjar, M. H., & Heriyansyah, H. (2023). IMPLEMENTASI MANAJEMEN SUPERVISI BERBASIS IT DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DI SMK TUNAS BANGSA DEPOK CENTER SCHOOL (DECES). Cendikia Muda Islam: Jurnal Ilmiah, 3(01), 113–126. Retrieved from https://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/cendikia/article/view/4147

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>