KEPEMIMPINAN MUDIR DALAM MENGEMBANGKAN PROFESIONALISME GURU DI PESANTREN TAHFIZH AL-QUR’AN IMAM ASY-SYAFI’I
Abstract
Dalam sebuah lembaga pendidikan peran pemimpin sangatlah berpengaruh terhadap kemajuan sekolah dan para tenaga pendidiknya. Oleh sebab itu, seorang pemimpin harus memiliki jiwa kepemimpinan dalam upaya mengembangkan profesionalisme guru di Pesantren Tahfizh Al-Qur’an Imam Asy-Syafi’i. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa; (1) Implementasi mudir dalam mengembangkan profesionalisme guru di Pesantren Tahfizh Al-Qur’an Imam Asy-Syafi’i Bogor adalah dengan membuat kebijakan-kebijakan, diantaranya; mengadakan diklat peningkatan mutu guru, melakukan pengawasan kepada guru dan membina secara intens para guru; (2) Ada beberapa faktor pendukung dalam mengembangkan profesionalisme guru, diantaranya, memberikan teladan yang baik kepada para guru, memberikan tunjangan untuk kesejahteraan para guru dan menyediakan sarana dan prasarana yang memadai.; (3) Beberapa faktor penghambat pun cukup banyak, diantaranya; sistem regulasi yang dibuat oleh yayasan tidak sesuai dengan hal-hal yang di kembangkan oleh pesantren, adanya kesalahan komunikasi antara guru ataupun para staff pesantren, guru kurang menguasai bidangnya.; (4) Dari hambatan-hambatan yang terjadi di temukanlah solusi-solusi untuk menanggulanginya, diantaranya; membangun kekompakan antara pihak pesantren dan yayasan, membangun komunikasi yang baik antara mudir, para guru dan seluruh staf pesantren dan mengadakan pelatihan-pelatihan guru.
Full Text:
PDFReferences
Ariyanti, N. S., Supriyanto, A., & Timan, A. (2019). Kontribusi Kepala Sekolah Berdasarkan Ketidaksesuain Kualifikasi Guru Untuk Meningkatkan Kualitas Sekolah. Nidhomul Haq : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 161–162. https://doi.org/10.31538/ndh.v4i2.314
Jahari, J., & Rusdiana. (2020). Kepemimpinan Pendidikan Islam. Yayasan Darul Hikam.
Mataputun, Y. (2018). Kepemimpinan Kepala Sekolah Berbasis Kecerdasan Intelektual, Emosional, dan Spiritual Terhadap Iklim Sekolah. Uwais Inspirasi Indonesia.
Moh. Rois, Fartika Ifriqia, Dewi Susanti. (2017). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru. Edudeena, 1(2), 79. https://doi.org/10.30762/ed.v1i2.449
Nasution, N. (2019). KEPEMIMPINAN MUDIR PONDOK PESANTREN ABINNUR AL-ISLAMI DESA MOMPANGJAE KECAMATAN PANYABUNGAN UTARA KABUPATEN MANDAILING NATAL. Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan.
Nurmalasari, Y., & Erdiantoro, R. (2020). Perencanaan Dan Keputusan Karier: Konsep Krusial Dalam Layanan BK Karier. Quanta, 4(1), 84. https://doi.org/10.22460/q.v1i1p1-10.497
Nurmalina, N. (2018). Kompetensi Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Dalam Meningkatkan Profesional Guru Pada Smp Negeri 2 Mesjid Raya. Jurnal As-Salam, 2(3), 67–68. https://doi.org/10.37249/as-salam.v2i3.100
Pianda, D. (2018). Kinerja Guru (Kompetensi Guru, Motivasi Guru, Kepemimpinan Kepala Sekolah. CV Jejak.
Poniman, Y. (2017). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Pemberdayaan Guru Di Sekolah Dasar Negeri 15 Senutul Kecamatan Entikong. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Untan, 6(10).
Said, A. (2018). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam MelestarikanBudaya MutuSekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 259.
Suparman. (2019). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Guru. Penerbit Uwais Inspirasi Indonesia.
Susilowati. (2017). Kegiatan Humas Indonesia Bergerak Di Kantor Pos Depok II Dalam Meningkatkan Citra Instansi Pada Publik Eksternal. Jurnal Komunikasi, VIII(2), 47–54.
Article metrics


Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Bayu Rizki Fauzi, M Hidayat Ginanjar, Heriyansyah Heriyansyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.