Strategi Bertahan Pelaku Usaha Wisata dalam Menghadapi Pandemi Covid-19

Authors

  • Sucipto Sucipto UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Indonesia
  • Dede Nurohman UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ad.v5i02.1736

Keywords:

Strategi Bisnis, Strategi Bertahan Bisnis, Manajemen Bisnis

Abstract

Corona Virus Desease-19 (covid 19) yang sekarang masih berlangsung berdampak pada seluruh aspek kehidupan masyarakat, salah satunya ada pada sektor ekonomi yang  bergerak pada usaha pariwisata. Sejak di berlakukannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di berbagai daerah, menyebabkan pergerakan masyarakat dari daerah satu ke daerah lain sangat terbatas. Hal ini dibarengi dengan adanya himbauan dari pemerintah untuk sementara waktu tinggal di rumah saja untuk mencegah penyebaran covid 19, sehingga jumlah wisatawan menurun bahkan hampir tidak ada. Tulisan ini mengkaji Brond Waterpark, salah satu pariwisata dalam bentuk penyewaan kolam renang yang berada Tulungagung. Tujuan dari penelitian ini yaitu: untuk mengetahui dampak yang dialami Brond Waterpark pada saat pandemi dan untuk mengetahui strategi bertahan usaha ini dalam menghadapi pandemic tersebut. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menyebutkan bahwa strategi yang dilakukan Brond Waterpark antara lain: penerapan protokol kesehatan secara ketat dan serius, menjaga tempat wisata tetap bersih, strategi pemasaran secara digital, dan bekerja sama dengan beberapa pihak sekolah.

References

Adz Dzikri, Muhammad Alif, and Made Sukana. 2019. “Penerapan Kesehatan Dan Keselamatan Kerja Pada Wisata Paralayang Di Gunung Banyak, Kota Batu, Provinsi Jawa Timur.†Jurnal Destinasi Pariwisata 7(2): 274.

Aeni, Nurul. 2021. “Pandemi COVID-19: Dampak Kesehatan, Ekonomi, & Sosial.†Jurnal Litbang: Media Informasi Penelitian, Pengembangan dan IPTEK 17(1): 17–34.

Ananta, Henri, and Ahmad Rizkon. 2020. “Analisis Dampak Covid-19 Terhadap Sektor Pariwisata Sikembang Park Kecamatan Blado Kabupaten Batang.†Faklutas Ilmu Pendidikan, Fakultas Ilmu Sosial, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang: 17.

Bertha, Oleh :, and Silvia Sutejo. 2006. 6 Jurnal Manajemen INTERNET MARKETING: KONSEP DAN PERSOALAN BARU DUNIA PEMASARAN.

Buwana, Muhammad Akbar Langlang, and Siti Nursyamsiah. 2018. “Analisis Implementasi Inovasi Terbuka : Peran Kerjasama Eksternal Terhadap Inovasi Produk Dan Kinerja Perusahaan (Studi Empiris Pada Usaha Kecil Dan Menengah (UKM) Batik Di Yogyakarta).†Jurnal Manajemen dan Bisnis Indonesia 6(1): 45–64.

Davies, Peter D.O. 2002. “Multi-Drug Resistant Tuberculosis.†CPD Infection 3(1): 9–12.

Fajar, Muhammad, Nurul Annisa, Andi Jurana Anggriana, and dkk. 2020. “Bunga Rampai Pandemi ‘Menyingkap Dampak-Dampak Sosial Kemasyarakatan Covid-19.’†IAIN Parepare Nusantara Press: 1–102.

Firman. 2015. “Analisis Data Dalam Kualitatif.†Article (4): 1–13.

Frida, N. 2020. “… Strategi Mempertahankan Dan Mengembangkan Bisnis Di Tengah Pandemi COVID-19 Serta Mengetahui Dampak Perkembangan Dan Pertumbuhan COVID-19 Di ….†Jurnal Aktiva: Riset Akuntansi dan Keuangan 2(3): 28–36. https://aktiva.nusaputra.ac.id/article/view/61.

Gani, Syukrinur A. 2017. “SKENARIO PERTUMBUHAN EKONOMI PASCA COVID-19 DAN KONDISI LEMBAGA KEUANGAN MIKRO SYARIAH.†Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. 15(01): 29–39.

Ganiem, Leila Mona, and Rosmawaty Hilderiah Pandjaitan. 2020. “Membangun Lingkungan Sehat Di Kawasan Wisata Pantai Sawarna.†Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia 2(2): 20–28.

Gunagama, M Galieh, Yumna Rana Naurah, and Arganis Ellyza P. Prabono. 2020. “Pariwisata Pascapandemi: Pelajaran Penting Dan Prospek Pengembangan.†LOSARI : Jurnal Arsitektur Kota dan Pemukiman 5(2): 56–68.

Herdiana, Dian. 2020. “Rekomendasi Kebijakan Pemulihan Pariwisata Pasca Wabah Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) Di Kota Bandung.†Jurnal Master Pariwisata (JUMPA) 7: 1.

Ii, B A B. 2013. “Pengaruh Strategi Bisnis Dan Budaya Terhadap Desain Sistem Pengendalian Manajemen Pada Hotel Berbintang Di Jawa Tengah Dan Yogyakarta.†(1): 21–46.

———. “Repository.Unisba.Ac.Id.†: 23–53.

Jonhannes, Brahim. 2007. “Ibrahim Jones Dan Sewu Lindawaty, Hukum Bisnis Dalam Persepsi Manusia Modern, (Bandung:PT Refika Aditama, 2007), Hal. 25 18 13.†Ibrahim Jonhannes & Sewu Lindawaty: 13–56.

Juaningsih, Imas Novita. 2020. “Analisis Kebijakan PHK Bagi Para Pekerja Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Indonesia.†Buletin Hukum dan Keadilan 4(1): 189–96.

Kiswantoro, Amin. 2021. “Penyaluran Alat Pencegahan Dan Sosialisasi Protokoler Kesehatan Untuk Pelayanan Kunjungan Wisatawan Dalam Menghadapi New Normal Pasca Pandemi Covid-19.†Jurnal Abdimas Pariwisata 1(2): 38–51.

Lukiarti, Ming Ming, and Agustina Widodo. 2021. “Pariwisata Oleh Yayasan Lasem Heritage Pada Masa Pandemi Covid-19.†: 142–54.

Maulana, Asril. 2018. “Analisis Pendapatan Dan Beban Operasional Dalam Meningkatkan Laba Operasional Pada PT. Kharisma Pemasaran Bersama Nusantara (PT KPB Nusantara).†Jurnal Akuntansi 1(2): 25–27.

Mayssara A. Abo Hassanin Supervised, Affiifi. 2014. “Strategi Bisnis.†Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents.

Merdian, Wili Andri. 2007. “Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus TIKI, Jl Mantrigawen Lor No 12 Yogyakarta).†Skripsi (12): 126.

Pelzer, Katrin et al. 2017. “Hubungan Kerja Sama Dengan Pihak Luar.†Solid State Ionics 2(1): 1–10.

Rofifah, Dianah. 2020. “PENGELOLAAN KEBERSIHAN OBJEK WISATA BENTENG MORAYA DI TONDANO KABUPATEN MINAHASA.†Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents: 12–26.

Schwarzl, Susanne, and Monika Grabowska. 2015. “Online Marketing Strategies: The Future Is Here.†Journal of International Studies 8(2): 187–96.

Septiani, Yosi Putri. 2008. “Strategi Pelayanan Untuk Meningkatkan Jumlah Pelanggan Di CV. Miki Tour Solo.†: 65–142.

Siahaan, Matdio et al. 2020. “Halaman: 1-3 Terakreditasi Peringkat 5 (SINTA 5) Sesuai SK RISTEKDIKTI Nomor.†Edisi Khusus 1(1): 1410–9794. http://ejurnal.ubharajaya.ac.id/index.php/JKI.

Sibarani, Ezra Minar. 2018. “Universitas Sumatera Utara Skripsi.†Analisis Kesadahan Total dan Alkalinitas pada Air Bersih Sumur Bor dengan Metode Titrimetri di PT Sucofindo Daerah Provinsi Sumatera Utara: 44–48.

Solemede, Ivana et al. 2020. “STRATEGI PEMULIHAN POTENSI PARIWISATA BUDAYA DI PROVINSI MALUKU ( Suatu Kajian Analisis Di Masa Transisi Kenormalan Baru ).†Jurnal Ilmu Sosial Keagamaan I(1): 69–86.

Suharto. 2016. “Studi Tentang Keamanan Dan Keselamatan Pengunjung Hubungannya Dengan Citra Destinasi (Studi Kasus Gembira Loka Zoo).†Jurnal Media Wisata 14(1): 287–304.

Tampubolon, Hotner. 2014. Strategi Manajemen Sumber Daya Manusia Dan Perannya Dalam Pengembangan Keunggulan Bersaing.

Walakula Y. 2020. “Analisis Eksistensi Pariwisata Indonesia Di Tengah Situasi Pandemi Corona Virus Disease (Covid19).†NOUMENA: Ilmu Sosial Keagamaan I(1): 47–52.

Yandri Setia Bakti. 2018. “JOM FISIP Vol. 5: Edisi II Juli – Desember 2018 Page 1.†Jom Fisip 5(2): 1–15.

Published

2021-10-29

How to Cite

Sucipto, S., & Nurohman, D. (2021). Strategi Bertahan Pelaku Usaha Wisata dalam Menghadapi Pandemi Covid-19. Ad-Deenar: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 5(02), 299–322. https://doi.org/10.30868/ad.v5i02.1736

Citation Check

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 

You may also start an advanced similarity search for this article.