Pengaruh Dimensi Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Toko fashion Grosir Muslim
DOI:
https://doi.org/10.30868/ad.v7i02.5155Abstract
Meningkatnya industri fashion mendorong pelaku bisnis untuk terus meningkatkan kreativitas dan inovasi guna memperbaiki kualitas produk mereka agar sesuai dengan harapan konsumen dan memberikan kepuasan bagi konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dimensi kualitas produk terhadap kepuasan konsumen di Toko Fashion Grosir Muslim. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah campuran (mix method) yang menggabungkan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan non probability sampling dengan teknik purposive sampling, didapat sampel sebanyak 96 responden dihitung dengan menggunakan formula Lemeshow. Proses analisis data melibatkan beberapa uji statistic seperti uji instumen penelitian (uji validitas dan uji reliabilitas), uji normalitas, uji multikolinearitas, uji t, dan uji koefisien determinasi dengan alat analisis yang digunakan yaitu perangkat lunak SPSS versi 29. Hasil penelitian didapat bahwa dimensi kualitas produk memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen, dilihat dari nilai thitung sebesar 10,601 yang lebih besar dari ttabel 1,985, dengan signifikansi sebesar 0,001 yang lebih kecil dari 0,05. Sedangkan hasil wawancara mendalam menunjukkan secara umum konsisten dengan hasil data kuantitatif.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).