ANALISIS NIAT UNTUK BERINVESTASI EMAS PADA GENERASI MILENIAL MUSLIM PADA BANK SYARIAH DI INDONESIA

Authors

  • Muhammad Sandi Akbar INSTITUT AGAMA ISLAM TAZKIA, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ad.v8i01.6433

Abstract

Perilaku finansial yang dalam hal ini investasi menjadi hal penting bagi generasi milenial kelas menengah perkotaan karena memiliki daya beli yang tinggi. Penelitian ini berupaya menguji dan menganalisis pengaruh Knowledge About Islamic Banks, Attitude toward The Behaviour, Subjective Norm, Perceived Behavioral Control memiliki pengaruh terhadap Gold Investment Intention pada generasi milenial muslim di Indonesia. Responden dalam penelitian ini adalah generasi Milenial muslim yang telah memiliki penghasilan dan memiliki minat untuk berinvestasi emas. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode survei cara menyebarkan kuesioner kepada 105 orang responden. asil dari data kuesioner kemudian diolah dengan menggunakan metode Partial Least Square. Data diolah dengan menggunakan software Smart PLS 3.0. Hasil penelitian menemukanhwa Perceived Behavioral Control dan Attitude toward The Behaviour terbukti berpengaruh positif terhadap Gold Investment Intention. Sedangkan Knowledge About Islamic Banks dan Subjective Norm tidak berpengaruh terhadap Gold Investment Intention. Implikasi penelitian diharapkan memberikan masukan bagi bank, lembaga keuangan dan pengambil kebijakan dalam merumuskan strategi investasi bagi generasi Milenial muslim yang telah memiliki penghasilan dan memiliki minat untuk berinvestasi emas.

Published

2024-04-22

How to Cite

Akbar, M. S. (2024). ANALISIS NIAT UNTUK BERINVESTASI EMAS PADA GENERASI MILENIAL MUSLIM PADA BANK SYARIAH DI INDONESIA. Ad-Deenar: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 8(01). https://doi.org/10.30868/ad.v8i01.6433

Citation Check