STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA MIKRO MELALUI METODE BISNIS MODEL CANVAS PADA PENGRAJIN BAN BEKAS DI TULUNGAGUNG

Authors

  • Miftakhul Khoiriyah Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Indonesia
  • Dede Nurohman Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ad.v6i02.2356

Keywords:

Keywords, Business Model Canvas, SWOT Analysis, MSME

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perancangan model bisnis pelaku usaha mikro yang bergerak pada pemanfaatan limbah berupa ban bekas di Tulungagung dengan menggunakan Business Model Canvas (BMC) melalui analisis SWOT dan untuk mendapatkan strategi yang sesuai dalam pengembangan usahanya. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan jenis field research. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui analisis SWOT pengembangan usaha dilakukan dengan strategi diversifikasi yang berupa; menjaga mutu dan variasi produk serta pengopatimalisasian karyawan. Sedangkan melalui BMC terdapat enam balok yang perlu dievaluasi, meliputi; customer segments, value propositions, channels, key resources, key activities, dan cost srtucture.

 

Author Biography

Miftakhul Khoiriyah, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung

Program Studi Manajemen Bisnis Syari'ah

References

Alamsyach, N. (2015). STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA MELALUI BUSINESS MODEL CANVAS (Studi Kasus: Industri Kecil Gethuk Lawu). In Universitas Muhammadiyah Surakarta (Vol. 53, Issue 9).

Baldeon Egas, P. F., Gaibor Saltos, M. A., & Toasa, R. (2019). Integrated Strategic Management System. https://doi.org/10.23919/cisti.2019.8760801

Edeskar, T. (2006). Use of tyre shreds in civil engineering applications: technical and environmental properties. In Theses.

Ermaya, S. K., & Darna, N. (2019). Strategi Pengembangan Bisnis Dengan Pendekatan Business Model Canvas (Studi Kasus: Industri Kecil Kerupuk). Business Management and Entrepreneurship Journal, 1(3).

Hallett, D. J., Wheelen, T. L., & Hunger, J. D. (1990). Strategic Management and Business Policy (3rd Edition). The Journal of the Operational Research Society, 41(1). https://doi.org/10.2307/2582945

Hariyanti, D. (2019). Proyeksi Ekonomi Kreatif 2019: Makin Membesar dan Kebal Krisis. Katadata.Co.Id.

Jessica, N., & Indriyani, R. (2017). ANALISIS BUSINESS MODEL CANVAS PADA TIROTTI BAKERY. AGORA, 5(3).

Karim, A. A. (2017). Pengembangan Ekonomi Islam Dan Perannya Dalam Peningkatan Kesejahteraan Umat. Tarjih, Edisike-9,(23).

Maduro, S., Fernandes, P. O., & Alves, A. (2018). Management design as a strategic lever to add value to corporate reputation competitiveness in higher education institutions. Competitiveness Review, 28(1). https://doi.org/10.1108/CR-04-2017-0029

Miles, M., & Huberman, A. (1994). Miles and Huberman. In Qualitative Data Analysis: An expanded sourcebook.

Nisak, Z. (2013). Analisis Swot Untuk Menentukan Strategi Kompetitif. Academia.

Osterwalder, A., Pigneur, Y., Smith, A., & Movement, T. (2010). Osterwalder Pigneur 2009 business model generation. In Booksgooglecom (Vol. 30, Issue 5377).

Proceedings of the 2021 International e-Engineering Education Services Conference, e-Engineering 2021. (2021). In Proceedings of the 2021 International e-Engineering Education Services Conference, e-Engineering 2021.

Rangkuti, F. (1997). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis - Reorientasi Konsep Perencanaan Strategis untuk Menghadapi Abad 21. PT Gramedia Pustaka Utama.

Rukka, R. M., Busthanul, N., & Fatonny, N. (2018). Strategi Pengembangan Bisnis Keripik Bayam (Amaranthus Hybridus) Dengan Pendekatan Business Model Kanvas: Studi Kasus pada CV. OAG di Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian, 14(1).

Sugiyono. (2008). Memahami Penelitian Kualitataif (4th.ed). In Bandung: Alfabeta (Vol. 10, Issue 1).

Sulfah, A., & Fernanda, W. H. (2018). Pengaruh Penambahan Karet Ban Bekas Terhadap Karakteristik Aspal Penetrasi 80/100. Prosiding Sntt-Vi (Seminar ….

Vuspitasari, B. K., Deffrinica, D., & Siahaan, S. V. B. (2021). MENGGALI PELUANG EKONOMI KREATIF MELALUI POTENSI DESA SUKA MAJU KABUPATEN BENGKAYANG. Sebatik, 25(1). https://doi.org/10.46984/sebatik.v25i1.1132

Wandrial, S. (2004). Perkembangan Manajemen Strategi. The Winners, 5(1). https://doi.org/10.21512/tw.v5i1.3833

Warnaningtyas, H. (2020). Desain Bisnis Model Canvas (BMC) Pada Usaha Batik Kota Madiun. EKOMAKS: Jurnal Manajemen, Ilmu Ekonomi Kreatif Dan Bisnis, 9(2).

Wheelen, T. L., & Hunger, J. D. (2016). Strategic Management and Business Policy: Toward Global Sustainability. In Journal of Mathematical Sciences (United States) (Vol. 216, Issue 4).

Zulkarnain, Z., Saputra, M. G., & Silvia, D. (2020). STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS MELALUI PENDEKATAN BUSINESS MODEL CANVAS PADA PT PITU KREATIF BERKAH. Journal Industrial Servicess, 6(1). https://doi.org/10.36055/jiss.v6i1.9476

Published

2022-09-30

How to Cite

Khoiriyah, M., & Nurohman, D. (2022). STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA MIKRO MELALUI METODE BISNIS MODEL CANVAS PADA PENGRAJIN BAN BEKAS DI TULUNGAGUNG. Ad-Deenar: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 6(02), 281–298. https://doi.org/10.30868/ad.v6i02.2356

Citation Check

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.