PENGARUH HAFALAN ALQURAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR AGAMA PENDIDIKAN ISLAM DAN BUDI PEKERTI SISWA DI SMP IT AL-HIDAYAH KELAS VIII TAHUN AJARAN 2017-2018

Authors

  • Muhammad Haekal Alumni Prodi PAI STAI Al Hidayah Bogor, Indonesia
  • Muhamad Priyatna Dosen Tetap Prodi PAI STAI Al Hidayah Bogor, Indonesia
  • Agus Syarifudin Dosen Tetap Prodi PAI STAI Al Hidayah Bogor

DOI:

https://doi.org/10.30868/ppai.v1i1.295

Abstract

Penelitian ini membahas tentang menghafal Alquran yang mempunyai dampak yang sangat tinggi dengan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, penelitian ini dilakukan di sebuah sekolah SMP IT Al Hidayah Bogor kelas VIII kajian ini dilatar belakangi adanya beberapa penelitian yang menyebutkan adanya dampak hafalan Alquran terhadap prestasi belajar. Penelitian ini secara umum bertujuan untuk menggali informasi tentang ada atau tidaknya pengaruh hafalan Alquran terhadap prestasi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti belajar siswa di SMP IT Al-Hidayah Kelas VIII. Metode yang digunakan adalah kuantitatif, teknik yang digunakan adalah observasi dan angket, sampel yang diambil berjumlah 24 orang kemudian hasil dari penelitian itu membuktikan bahwa ada korelasi antara hafalan Alquran variabel x terhadap prestasi belajar pendidikan agama Islam dan budi pekerti siswa yaitu variabel y Disebabkan t hitung yaitu 1,2160 dibanding dengan taraf signifikansi = 0,686 sehingga t hitung > dari t tabel maka Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti ada pengaruh.

Kata Kunci: Menghafal Alquran, Pengaruh, Prestasi Belajar.

References

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Pt. Rineka Cipta.

Dahar, Ratna wilis. (2011). Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Erlangga.

Ginanjar, M. H. (2017). AKTIVITAS MENGHAFAL AL-QUR’AN DAN PENGARUHNYA TERHADAP PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA (STUDI KASUS PADA MAHASISWA PROGRAM BEASISWA DI MA’HAD HUDA ISLAMI, TAMANSARI BOGOR). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 6(11), 20.

Ilmia, Mazidatul. (2016). Hubungan Antara Hafalan Al-Qur’an Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas VI Sekolah Dasar Islam As-Salam Malang. Malang: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. UIN Maulana Malik Ibrahim.

Kosasih, Ahmad. (2011). Hubungan Motivasi Dengan Prestasi Siswa Bidang Studi Al-Qura’n dan Hadits. Bogor: Jurusan Tarbiyah. STAI Al Hidayah.

Mudjiono, Dimyati dan. (2013). Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Mulyana, Nanang. (2015). Perbandingan Latar Belakang Pendidikan Peserta Didik Dalam Prestasi Hafalan Al-Qur’an Pada Siswa Kelas VIII SMP IT At Taufiq Bogor. Bogor: Fakultas Tarbiyah. STAI Al Hidayah.

Pedak, Mustamir. (2010). Qur’anic Super Healing. Semarang: Pustaka Nuun.

Priyatna, M. (2017). Pendidikan karakter berbasis kearifan lokal. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 5(10).

Sardirman. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Sugiyono. (2015). METODE PENELITIAN Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2018-10-02

How to Cite

Haekal, M., Priyatna, M., & Syarifudin, A. (2018). PENGARUH HAFALAN ALQURAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR AGAMA PENDIDIKAN ISLAM DAN BUDI PEKERTI SISWA DI SMP IT AL-HIDAYAH KELAS VIII TAHUN AJARAN 2017-2018. Prosa PAI : Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam, 1(1), 46–57. https://doi.org/10.30868/ppai.v1i1.295

Issue

Section

Articles

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 > >>