UPAYA GURU SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MTS NURUL FALAH SUKAJADI KABUPATEN BOGOR TAHUN AJARAN 2019/2020
DOI:
https://doi.org/10.30868/ppai.v3i1.847Keywords:
Upaya Guru Sejarah Kebudayaan Islam, Minat BelajarAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah pertama, mengetahui upaya apa yang telah dilakukan oleh guru sejarah kebudayaan Islam. Kedua, mengatasi kendala yang dialami oleh guru tersebut dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam. Ketiga, mengetahui penyebab kurangnya minat belajar siswa pada mata pelajaran tersebut,dan Keempat, mengetahui solusi yang diambil guru tersebut dalam mengatasi minat belajar siswa Kelas VIII di MTs Nurul Falah Sukajadi Bogor. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan Pendekatan Kualitatif Lapangan melalui teknik pengumpulan data sebagai berikut: observasi, wawancara dan dokumentasi dengan menggunakan analisis data sekaligus mendeskripsikanya. Terakhir yakni hasil penelitian ini adalah Pertama,memberikan pengantar secara global tentang materi yang disampaikan selama 10 menit. Kedua, menyuruh siswa dan siswi untuk membaca dengan bersuara. Ketiga, menyuruh kembali agar apa yang telah dibaca disimpulkan. Keempat, mengevaluasi dari bab yang telah disimpulkan. Kelima, menyederhanakan sekaligus diringkas agar mudah dipahami. Kelima, guru mengajarkan kembali dengan memakai teknik discovery learning serta metode PAIKEM maksudnya pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan.References
Agusta, I. (2003). Teknik Pengumpulan dan Analisis Data Kualitatif. Pusat Penelitian Sosial Bogor, 27.
Huda N, Romadloni N. (2016). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Melalui Metode Talking Stick pada Siswa Kelas 4 SD Darul Ulum Kebonsari Surabaya: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Pendidikan Agama Islam, 7(01).
Ramadhan, H., Mulyawan, M., Hidayani, I., & Mahdi, I. (2019). Metode Discovery Learning dalam Pembelajaran Sejarah Khulafaurrasyidin. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 8(01).
Sumber dari Buku
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Rineka Cipta.
Ayyasy, Muhammad A. (2009). Strategi Perang Rasulullah. Jakarta: Qultum Media.
Departemen Agama RI. (2012). Al-Qur’an dan Terjemah New Cordova, Al-Quran. Bandung: Syaamil Quran.
Djamarah, Syaeful B. (2010). Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Dzuhairi, dkk. (2010). Sejarah Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Hanafi, M. (2009). Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Islam.
Hamdayama, J. (2014). Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia.
Indonesia, Kementrian Agama Republik. (2015). Kata Pengantar Kamaruddin Amin dalam Buku Siswa Kelas VIII Sejarah Kebudayaan Islam untuk Madrasah Tsanawiyah.
Lefudin. (2017). Belajar dan Pembelajaran Dilengkapi dengan Model Pembelajaran, Strategi Pembelajaran, Pendekatan Pembelajaran dan Metode Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.
Moleong, Lexy J. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Penyusun, T. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa.
Sanjaya, W. (2011). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Predana Media.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Supranto. (2012). Metode Riset. Jakarta: Rineka Cipta.
Suprijono, A. (2009). Cooperative Learning Teori & PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sumber Wawancara
Hasil Wawancara dengan MN di kantor guru pada 10 Agustus dan 21 September 2019 pukul. 09.30 WIB.