Analisis Publikasi Ilmiah Dosen STAI Al-Hidayah dalam Profil Google Scholar
DOI:
https://doi.org/10.30868/khidmatul.v4i01.4810Keywords:
Publikasi Ilmiah, Google Scholar, Profil Dosen.Abstract
Publikasi ilmiah terutama yang berasal dari karya ilmiah secara umum dan dari penelitian ilmiah secara khusus bagi dosen merupakan sebuah kewajiban yang harus dipenuhi sebagai pemegang jabatan fungsional atau akademiknya dan sesuai dengan salah satu tugas Tridharma perguruan tingginya. Publikasi yang dimaksud terutama dalam sistem jurnal atau terbitan berkala elektronik yang bereputasi, baik secara nasional dan terlebih reputasi internasional serta kemudian dapat ditelusuri dalam profil Google Scholar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif analitis dengan pengumpulan data dilakukan melalui pelacakan digital dan dokumentasi, selama hampir satu semester. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar dosen STAI Al-Hidayah Bogor telah membuat akun Google Scholar dan memiliki profilnya serta telah mempublikasikan karya ilmianya. Dari profil Google Scholar dosen tersebut dapat diketahui untuk kemudian dianalisis jumlah kutipan atau sitasi (citations), i10-indeks (i-10 index), h-indeks (h-index), dan jumlah dokumennya (documents). Dari penelitian disimpulkan bahwa Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) merupakan program studi di STAI Al-Hidayah Bogor yang paling produktif, baik dalam produktifitas kecendekiaan dosen maupun dalam pengelolaan jurnalnya.
References
Aini, Qurotul, Handayani, Indri, dan Dewi, Shylvia Ratna. (2019). Manajemen Sitasi dan Publikasi Ilmiah Menggunakan SINTA Score dalam Meningkatkan Reputasi Peneliti. Informatika Mulawarman: Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer, 14(2): 94-102. http://dx.doi.org/10.30872/jim.v14i2.1815.
Albantani, Azkia Muharom. (2016). Profil Google Scholar Dosen UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Berbasis Webometrics. Perspektif Ilmu Pendidikan, 30(1): 42-58. https://doi.org/10.21009/PIP.301.7.
Allo, Karmila Pare dan Ahmad, La Ode Ismail. (2020). Google Scholar Metric, Pengaruhnya Pada Pengelolaan Jurnal Ilmiah. Khizanah Al-Hikmah: Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, dan Kearsipan, 8(1): 91-98. https://doi.org/10.24252/kah.v8i1a10.
Darmalaksana, Wahyudin, et.al. (2018). Analisis Ranking Produktivitas Publikasi Ilmiah Berbasis h-Index Google Scholar. Laporan Penelitian. Pusat Penelitian dan Penerbitan, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat UIN Sunan Gunung Djati Bandung: 1-8.
Darmalaksana, Wahyudin dan Suryana, Yaya. (2018). Korespondensi dalam Publikasi Ilmiah. Jurnal Perspektif, 02(01): 1-8. http://dx.doi.org/10.15575/jp.v1i2.10.
Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan. (2018). Pedoman Akreditasi Jurnal Ilmiah. Jakarta: Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.
Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat. (2014). Pedoman Akreditasi Penerbitan Berkala Ilmiah. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Fahrurrozi, Muh., Murcahyanto, Hary, dan Mohzana. (2021). Produktivitas Kerja Dosen Dipengaruhi Kompetensi, Motivasi, dan Pengalaman Kerja. Alignment: Journal of Administration and Educational Management, 4(1): 31-42. https://doi.org/10.31539/alignment.v4i1.2086.
Hayati, Nurul dan Lolytasari. (2017). Produktivitas Dosen UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Pada Jurnal Terindeks Scopus: Suatu Kajian Bibliometrik. Al-Maktabah: Jurnal Komunikasi dan Informasi Perpustakaan, 16(1): 22-31. https://journal.uinjkt.ac.id/index.php/al-maktabah/article/view/8084/4394.
Hilmi, Masdar. (2016). Pendidikan Islam dan Tradisi Ilmiah. Malang: Madani (Kelompok Intrans Publishing).
Istiana, Purwani. (2016). Pentingnya Pemahaman Pustakawan Terhadap Bentuk Komunikasi Ilmiah Pada Profil Google Scholar. Pustakaloka: Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, 8(1): 131-144. https://doi.org/10.21154/pustakaloka.v8i1.450.
Istiana, Purwani. (2016). Profil Publikasi dan My Citations dalam Google Scholar: Membuat Akun Google Scholar. Makalah. Disampaikan pada Pelatihan Pembuatan Akun Google Scholar bagi Dosen di Lingkungan Fakultas Geografi UGM, Rabu 30 Maret 2016: 1-16. https://www.researchgate.net/publication/299486933.
Maya, Rahendra. (2015). Perspektif Islam Tentang Konsep Life Skills Education. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 4(07): 870-886. http://dx.doi.org/10.330868/ei.v4i07.67.
Maya, Rahendra. (2018a). Pemikiran Al-Sa’dî Tentang Kriteria Pegawai Profesional (Studi Terhadap Q.S. Al-Qashash [28]: 26, Hadits-Hadits Terkait, dan Kajian Lainnya). Ad-Deenar: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 2(01): 1-23. http://dx.doi.org/10.30868/ad.v2i01.236.
Maya, Rahendra. (2018b). Perspektif Al-Qur’an Tentang Perubahan Sosial: Analisis Penafsiran Term Al-Taghyîr, Al-Ibtilâ‘, Al-Tamhîsh, dan Al-Tamkîn. Al-Tadabbur: Jurnal Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, 3(01): 47-68. https://dx.doi.org/10.30868/at.v3i01.255.
Maya, Rahendra dan Syafri, Ulil Amri. (2020). Spirit Literasi Perspektif Al-Muqaddam: Analisis Model Berliterasi Muhammad ibn Ismâ’îl Al-Muqaddam. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 09(01): 239-255. http://dx.doi.org/10.30868/ei.v9i01.705.
Musfah, Jejen. (2016). Analisis Kebijakan Pendidikan: Pendidikan Nirkreasi. Jakarta Timur: Kencana.
Musfah, Jejen. (2018). Analisis Kebijakan Pendidikan: Mengurai Krisis Karakter Bangsa. Jakarta Timur: Kencana.
Nugrohoadhi, Agung. (2017). Pemanfaatan Publikasi Ilmiah di Perguruan Tinggi. Pustakaloka: Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, 9(2): 266-282. https://doi.org/10.21154/pustakaloka.v9i2.1087.
Qomar, Mujamil. (2009). Manajemen Pendidikan Islam: Strategi Baru Pengelolaan Lembaga Pendidikan Islam. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Qomar, Mujamil. (2015). Dimensi Manajemen Pendidikan Islam. Jakarta: emir (Penerbit Erlangga).
Rafika, Ageng Setiani, Putri, Hanafiah Yunan, dan Widiarti, Fitroh Diah. (2017). Analisis Mesin Pencarian Google Scholar Sebagai Sumber Baru Untuk Kutipan. Journal Cerita: Creative Education of Research in Information Technology and Artificial Informatics, 3(2): 193-205. https://doi.org/10.33050/cerita.v3i2.657.
Retnowati, Trie Hartiti, Mardapi, Djemari, dan Kartowagiran, Badrun. (2018). Kinerja Dosen di Bidang Penelitian dan Publikasi Ilmiah. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 6(2): 215-225. http://dx.doi.org/10.21831/amp.v6i2.21524.
Saputra, Andi. (2020). Literasi Referensi Ilmiah di Perguruan Tinggi: Konsep dan Manfaatnya dalam Membantu Mahasiswa dalam Menulis dan Mempublikasikan Karya Ilmiah. Visi Pustaka: Buletin Jaringan Informasi Antar Perpustakaan, 22(1): 47-58. https://doi.org/10.37014/visipustaka.v22i1.757.
Sastrawijaya, Cecep dan Aditya, Muamar. (2020). Analisis Produktivitas Menulis Karya Ilmiah Dosen UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Laporan Artikel. Pusat Penelitian dan Penerbitan (Puslitpen) LP2M UIN Syarif Hidayatullah Jakarta: 1-10.
Sutrisno dan Suyadi. (2016). Desain Kurikulum Perguruan Tinggi: Mengacu Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Tiara, Khanna, Rahardja, Untung, dan Rosalinda, Iis Ariska. (2016). Pemanfaatan Google Scholar dan Citation dalam Memenuhi Kebutuhan Pembuatan Skripsi Mahasiswa Pada Perguruan Tinggi. Technomedia Journal (TMJ), 1(1): 95-113. https://doi.org/10.33050/tmj.v1i1.28.
Tim Penyusun. (2018). Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Edisi XII. Jakarta: Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat Dirjen Penguatan Riset dan Pengembangan Kemenristekdikti.
Tim Penyusun. (2020). Pedoman Akademik STAI Al-Hidayah Bogor. Bogor: STAI Al-Hidayah.
Tim Redaksi KBBI. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa Edisi Keempat. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Walid, Sukestiyarno, Y.L., dan Sunarmi. (2019). Identifikasi Publikasi Dosen dalam Mewujudkan Internasionalisasi Universitas Negeri Semarang Menggunakan Time Series. PRISMA: Prosiding Seminar Nasional Matematika, Vol. 2: 109-115.
Widianto, Eko Didik, Najich, Zakky Ainun, dan Eridani, Dania. (2021). Sistem Informasi Publikasi Ilmiah Dosen Dari Google Scholar Berbasis Web. Jurnal Sistem Komputer, 11(1): 30-36. https://123dok.com/document/qm5mvw4z-sistem-informasi-publikasi-ilmiah-dosen-google-scholar-berbasis.html.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Terms that must be met by the Author as follows:- The author saves the copyright and grants the journal the first right of publishing the manuscript simultaneously under license under the Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with a statement of job authorship and early publication in this journal.
- The author may incorporate into additional separate contractual arrangements for the non-exclusive distribution of rich-issue journals (eg posting them to an institutional repository or publishing them in a book), with the acknowledgment of their original publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (eg: in the institutional repository or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and more powerful cites from published works.