Implementasi Konsep Guru Keluarga Perspektif Adian Husaini Dalam Membentuk Ketahanan Keluarga di Program Studi Pendidikan Agama Islam di STAI Al-Hidayah Bogor
DOI:
https://doi.org/10.30868/khidmatul.v4i02.5944Abstract
References
‘Adzim, Muhammad Fauzil. 2021. Sinergitas Tri Pusat Pendidikan dalam Penguatan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Peseta Didik. An-Nuha: Jurnal Kajian Islam, Pendidikan, Budaya, dan Sosial, 8(1): 79-96. https://doi.org/10.36835/annuha.v8i1.34.
Ahmad, Andi, Handrianto, Budi, dan Alim, Akhmad. 2022. Pemikiran Pendidikan Adian Husaini dan Panduan Penyusunan Kurikulum Beradab untuk Tingkat SMP. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 11(3): 305-318. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v11i3.7550.
Al-Kîlânî, Mâjid ‘Irsân. 2002. Hâkadzâ Zhahara Jîl Shalâh Al-Dîn wa Hâkadzâ ‘Âdat Al-Quds. Uni Emirat Arab: Dâr Al-Qalam.
Arifin, Siful. 2017. Revitalisasi Keluarga Sebagai Lingkungan Pendidikan. Kariman: Jurnal Pendidikan Islam, 5(1): 1-21. https://doi.org/10.52185/kariman.v5i1.40.
Bariyah, Siti Khusnul. 2019. Peran Tripusat Pendidikan dalam Membentuk Kepribadian Anak. Jurnal Kependidikan, 7(2): 228-239. https://doi.org/10.24090/jk.v7i2.304.
Dewi, Liana Shinta, Diani, Winasti Rahma, dan Rizal, M. Daniel Fahmi. 2022. Pola dan Implikasi Sikap Partisan terhadap Estetika Trilogi Novel “Kemi†Karya Adian Husaini. Indonesian Language Education and Literature, 7(2): 311-322. http://dx.doi.org/10.24235/ileal.v7i2.7759.
Fathoni, Achmad. 2021. Ketahanan Keluarga dan Implementasi Fikih Keluargapada Keluarga Muslim Milenial di Gresik, Indonesia. Journal of Islamic Law, 2(2): 247-267. https://doi.org/10.24260/jil.v2i2.332.
Hastuti, Lili. 2020. Tri Pusat Pendidikan (Keluarga, Sekolah, dan Masyarakat) dalam Membentuk Akhlak Melalui Pembinaan Agama. Educreative: Jurnal Pendidikan Kreativitas Anak, 5(1): 83-95. https://www.researchgate.net/journal/Educreative-Jurnal-Pendidikan-Kreativitas-Anak-2716-1544.
Hidayati, Nurul. 2016. Konsep Integrasi Tripusat Pendidikan Terhadap Kemajuan Masyarakat. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 11(1): 203-223. http://dx.doi.org/10.21043/edukasia.v11i1.811.
Husaini, Adian. 2018. Perguruan Islam Mewujudkan Generasi Gemilang Menuju Negara Adidaya 2045: Kompilasi Pemikiran Pendidikan. Depok: Yayasan Pendidikan Islam At-Taqwa.
Husaini, Adian. 2019. Kiat Menjadi Guru Keluarga: Menyiapkan Generasi Pejuang. Sukoharjo: Pustaka Arafah.
Husaini, Adian. 2019. Perguruan Tinggi Ideal di Era Disrupsi: Konsep, Aplikasi, dan Tantangannya. Depok: Yayasan Pendidikan Islam At-Taqwa.
Husaini, Adian. 2023. Pendidikan Ideal di Era Disrupsi dan Peluang Pondok Pesantren. Iqamatuddin: Jurnal Ilmiah Pesantren, 1(1): 27-44 https://jurnal.bksppi.com/index.php/ijip/index 27.
Jumhana. 2018. Hubungan Islam dan Kristen di Indonesia dalam Pandangan Adian Husaini (Solusi Konflik Islam dan Kristen). Aqlania: Jurnal Filsafat dan Teologi Islam, 9(1): 111-142. https://doi.org/10.32678/aqlania.v9i01.2064.
Krisnawati, Nofi Maria, Ramadhan, Ichsan, dan As’ari, Hasyim. 2022. Konsep Remaja dalam Islam Menuju Negara Adidaya 2045: Telaah atas Pemikiran Adian Husaini. Hikmah: Journal of Islamic Studies, 18(1): 59-76. http://dx.doi.org/10.47466/hikmah.v18i1.207.
Lubis, M. Syukri Azwar dan Harahap, Hotni Sari. 2021. Peranan Ibu Sebagai Sekolah Pertama Bagi Anak. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1): 6-13. https://doi.org/10.32696/jip.v2i1.772.
Maya, Rahendra, Saputra, Apud, dan Alfarisi, Muhammad Fadilah. 2023. Motivational Education in The Book Shalâh Al-Ummah fî ‘Uluww Al-Himmah By Sayyid Al-‘Affânî and Its Educational Implementation in Islamic University. Aqlamuna: Journal of Educational Studies, 1(1): 51-72. https://doi.org/10.58223/aqlamuna.v1i1.230.
Maya, Rahendra, Sarbini, Muhammad, dan Alfarisi, Muhammad Fadilah. 2023. Strategi Implementasi Moderasi Beragama Perspektif ‘Alî Muhammad Al-Shallâbî: Dalam Mata Kuliah Tafsir Tarbawi di STAI Al-Hidayah Bogor. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 12(03): 2319-2336. http://dx.doi.org/10.30868/ei.v12i03.5118.
Mudhoffar dan Roihanah. 2021. Pendidikan Islam dalam Membentuk Karakter Beradab Menurut Adian Husaini. Jurnal Penelitian Ilmiah Intaj, 5(2): 236-257. https://doi.org/10.35897/intaj.v5i2.641.
Mujahidin, Syamsul dan Amini, Ernie Isis Aisyah. 2017. Buku Seri Orang Tua Penguatan Ketahanan Keluarga. Nusa Tenggara Barat: Balai Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Muliati, Binti. 2016. Mengembalikan Kebermaknaan Tri Pusat Pendidikan pada Lembaga Pendidikan. Jurnal Al-Hikmah, 4(2): 101-110. https://jurnal.staiba.ac.id/index.php/Al-Hikmah/article/view/20.
Muslih, M. Khalid, et.al. 2019. Islamic Worldview: Pembahasan tentang Konsep-konsep Penting dalam Islam. Ponorogo: Direktorat Islamisasi Ilmu Universitas Darussalam Gontor.
Muslim. 2020. Pendidikan Keluarga dalam Perspektif Hadits Nabi. Edu-riligia: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keagamaan, 4(4): 372-384. http://dx.doi.org/10.47006/er.v4i4.12904.
Musmualim dan Miftah, Muhammad. 2016. Pendidikan Islam di Keluarga dalam Perspektif Demokrasi (Studi Pemikiran Hasan Langgulung dan Abdurrahman An Nahlawi). Jurnal Penelitian, 10(2): 345-398. http://dx.doi.org/10.21043/jupe.v10i2.1781.
Musyarofah. 2021. Pendidikan Agama Sebagai Dasar dalam Membangun Ketahanan Keluarga. Jurnal Studi Gender dan Anak, 8(02): 1-18. https://doi.org/10.32678/jsga.v8i02.5502.
Nasir, Amin. 2014. Sintesis Pemikiran M. Amin Abdullah dan Adian Husaini (Pendekatan dalam Pengkajian Islam). Fikrah: Jurnal Ilmu Aqidah dan Studi Keagamaan, 2(1): 141-152. http://dx.doi.org/10.21043/fikrah.v2i1.553.
Nudin, Burhan, et.al. 2021. Ketahanan Keluarga Islami dalam Multi Perspektif. Yogyakarta: Aswaja Pressindo dan Jurusan Studi Islam Fakultas Agama Islam Universitas Islam Indonesia.
Priyanto, Adun. 2020. Pendidikan Islam dalam Era Revolusi Industri 4.0. J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(2): 80-89. https://doi.org/10.18860/jpai.v6i2.9072.
Purnomo, Singgih Aji. 2020. Manajemen Pendidikan Islam Ditinjau dari Tripusat Pendidikan. Alasma: Jurnal Media Informasi dan Komunikasi Ilmiah, 2(1): 43-58. https://jurnalstitmaa.org/alasma/article/view/29.
Qomar, Mujamil. 2012. Merintis Kejayaan Islam Kedua: Merombak Pemikiran dan Mengembangkan Aksi. Yogyakarta: Teras.
Rahmawati dan Riswanda. 2022. Analisis Ketahanan Keluarga dalam Menghadapi Gerakan Kelompok LGBTQ di Kota Serang (Dimensi Ketahanan Sosial Psikologis dan Dimensi Ketahanan Sosial Budaya). Mimbar: Jurnal Penelitian Sosial dan Politik, 11(1): 38-54. https://doi.org/10.32663/jpsp.v11i1.2227.
Rosyadi, Abdu Rahmat, Supriadi, Dedi, dan Rabbanie, Muhammad Dahlan. 2021. Tinjauan Terhadap Tripusat Lingkungan Pendidikan dalam Perspektif Pendidikan Islam. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 10(02): 563-580. https://doi.org/10.30868/ei.v10i01.1329.
Setiardi, Dicky dan Mubarok, Husni. 2017. Keluarga Sebagai Sumber Pendidikan Karakter Bagi Anak. Tarbawi: Jurnal Pendidikan Islam, 14(2): 135-146. https://doi.org/10.34001/tarbawi.v14i2.619.
Sriwardona dan Aprianto. 2018. Model Pendidikan Islam dalam Meningkatkan Ketahanan Keluarga Mengatasi Perilaku Radikal. Proceeding Batusangkar International Conference III, 15-16 Oktober 2018: 219-226. https://ojs.iainbatusangkar.ac.id/ojs/index.php/proceedings/article/view/1558.
Sutrisno, et.al. 2021. Pendidikan Islam Berbagai Perspektif. Yogyakarta: Elmatera.
Tamam, Abas Mansur. 2017. Islamic Worldview: Paradigma Intelektual Muslim. Jakarta Timur: Spirit Media Press.
Yazid, Ahmad. 2018. Konsep Pendidikan Islam dalam Pandangan Adian Husaini. Journal of Research and Thought of Islamic Education, 1(1): 108-127. https://jurnaliainpontianak.or.id/index.php/jrtie/article/view/1070/540.
Yunus, Muhammad dan Wedi, Agus. 2018. Konsep dan Penerapan Pendidikan Sepanjang Hayat dalam Keluarga. JINOTEP (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran): Kajian dan Riset dalam Teknologi Pembelajaran, 5(1): 31-37. https://journal2.um.ac.id/index.php/jinotep/article/view/6879.
Wagianto, Ramdan. 2021. Konsep Keluarga Maṣlaḥah dalam Perspektif Qira’ah Mubadalah dan Relevansinya dengan Ketahanan Keluarga di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Syari‘ah, 20(1): 1-17. http://dx.doi.org/10.31958/juris.v20i1.2889.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Terms that must be met by the Author as follows:- The author saves the copyright and grants the journal the first right of publishing the manuscript simultaneously under license under the Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with a statement of job authorship and early publication in this journal.
- The author may incorporate into additional separate contractual arrangements for the non-exclusive distribution of rich-issue journals (eg posting them to an institutional repository or publishing them in a book), with the acknowledgment of their original publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (eg: in the institutional repository or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and more powerful cites from published works.