Implementasi Konsep Guru Keluarga Perspektif Adian Husaini Dalam Membentuk Ketahanan Keluarga di Program Studi Pendidikan Agama Islam di STAI Al-Hidayah Bogor

Authors

  • Rahendra Maya STAI Al-Hidayah Bogor, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/khidmatul.v4i02.5944

Abstract

Salah satu dari tiga pusat pendidikan yang mendesak namun harus terus mendapatkan upaya revitalisasi dan optimalisasi perannya adalah keluarga, yang kita kenal sebagai lingkungan pendidikan informal. Hal ini mendapat banyak perhatian dan kajian dari para pemikir Islam, baik klasik maupun kontemporer. Di kalangan pemikir kontemporer yang menyoroti realitas keluarga sebagai lingkungan pendidikan informal adalah Adian Husaini melalui karyanya yang berjudul “Kiat Menjadi Guru Keluarga: Menyiapkan Generasi Pejuangâ€. Ide Husaini yang paling mendasar adalah agar orang tua bertanggung jawab terhadap pendidikan anaknya dengan menjadi “guru keluargaâ€, tidak diserahkan sepenuhnya kepada pihak lain, misalnya sekolah atau pesantren. Menurutnya, setidaknya ada enam tema materi yang harus dijadikan bekal orang tua untuk menjadi guru keluarga, yaitu (1) Wawasan Islam, (2) Pendidikan Anak, (3) Fiqhud Dakwah, (4) Keluarga Sakinah Fiqh, (5) Tantangan Pikiran Kontemporer, dan (6) Sejarah Peradaban Islam. Oleh karena itu, artikel penelitian ini berupaya mendeskripsikan pemikiran Husaini tentang orang tua sebagai guru keluarga dalam kaitannya dengan ketahanan keluarga di era digital dan upaya implementasinya di Jurusan Tarbiyah Program Studi Pendidikan Agama Islam Perguruan Tinggi Islam Al-Hidayah Bogor kepada para santri di lingkungannya. ruang lingkup akademik dalam perkuliahan pada struktur mata kuliah yang diberlakukan. Metode penelitian dalam artikel ini menggunakan metode kualitatif gabungan antara studi literatur dan studi lapangan, dengan pengumpulan data yang dilakukan melalui studi dokumen, observasi, dan wawancara kemudian untuk dianalisis menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif-interpratetif.

References

‘Adzim, Muhammad Fauzil. 2021. Sinergitas Tri Pusat Pendidikan dalam Penguatan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Peseta Didik. An-Nuha: Jurnal Kajian Islam, Pendidikan, Budaya, dan Sosial, 8(1): 79-96. https://doi.org/10.36835/annuha.v8i1.34.

Ahmad, Andi, Handrianto, Budi, dan Alim, Akhmad. 2022. Pemikiran Pendidikan Adian Husaini dan Panduan Penyusunan Kurikulum Beradab untuk Tingkat SMP. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 11(3): 305-318. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v11i3.7550.

Al-Kîlânî, Mâjid ‘Irsân. 2002. Hâkadzâ Zhahara Jîl Shalâh Al-Dîn wa Hâkadzâ ‘Âdat Al-Quds. Uni Emirat Arab: Dâr Al-Qalam.

Arifin, Siful. 2017. Revitalisasi Keluarga Sebagai Lingkungan Pendidikan. Kariman: Jurnal Pendidikan Islam, 5(1): 1-21. https://doi.org/10.52185/kariman.v5i1.40.

Bariyah, Siti Khusnul. 2019. Peran Tripusat Pendidikan dalam Membentuk Kepribadian Anak. Jurnal Kependidikan, 7(2): 228-239. https://doi.org/10.24090/jk.v7i2.304.

Dewi, Liana Shinta, Diani, Winasti Rahma, dan Rizal, M. Daniel Fahmi. 2022. Pola dan Implikasi Sikap Partisan terhadap Estetika Trilogi Novel “Kemi†Karya Adian Husaini. Indonesian Language Education and Literature, 7(2): 311-322. http://dx.doi.org/10.24235/ileal.v7i2.7759.

Fathoni, Achmad. 2021. Ketahanan Keluarga dan Implementasi Fikih Keluargapada Keluarga Muslim Milenial di Gresik, Indonesia. Journal of Islamic Law, 2(2): 247-267. https://doi.org/10.24260/jil.v2i2.332.

Hastuti, Lili. 2020. Tri Pusat Pendidikan (Keluarga, Sekolah, dan Masyarakat) dalam Membentuk Akhlak Melalui Pembinaan Agama. Educreative: Jurnal Pendidikan Kreativitas Anak, 5(1): 83-95. https://www.researchgate.net/journal/Educreative-Jurnal-Pendidikan-Kreativitas-Anak-2716-1544.

Hidayati, Nurul. 2016. Konsep Integrasi Tripusat Pendidikan Terhadap Kemajuan Masyarakat. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 11(1): 203-223. http://dx.doi.org/10.21043/edukasia.v11i1.811.

Husaini, Adian. 2018. Perguruan Islam Mewujudkan Generasi Gemilang Menuju Negara Adidaya 2045: Kompilasi Pemikiran Pendidikan. Depok: Yayasan Pendidikan Islam At-Taqwa.

Husaini, Adian. 2019. Kiat Menjadi Guru Keluarga: Menyiapkan Generasi Pejuang. Sukoharjo: Pustaka Arafah.

Husaini, Adian. 2019. Perguruan Tinggi Ideal di Era Disrupsi: Konsep, Aplikasi, dan Tantangannya. Depok: Yayasan Pendidikan Islam At-Taqwa.

Husaini, Adian. 2023. Pendidikan Ideal di Era Disrupsi dan Peluang Pondok Pesantren. Iqamatuddin: Jurnal Ilmiah Pesantren, 1(1): 27-44 https://jurnal.bksppi.com/index.php/ijip/index 27.

Jumhana. 2018. Hubungan Islam dan Kristen di Indonesia dalam Pandangan Adian Husaini (Solusi Konflik Islam dan Kristen). Aqlania: Jurnal Filsafat dan Teologi Islam, 9(1): 111-142. https://doi.org/10.32678/aqlania.v9i01.2064.

Krisnawati, Nofi Maria, Ramadhan, Ichsan, dan As’ari, Hasyim. 2022. Konsep Remaja dalam Islam Menuju Negara Adidaya 2045: Telaah atas Pemikiran Adian Husaini. Hikmah: Journal of Islamic Studies, 18(1): 59-76. http://dx.doi.org/10.47466/hikmah.v18i1.207.

Lubis, M. Syukri Azwar dan Harahap, Hotni Sari. 2021. Peranan Ibu Sebagai Sekolah Pertama Bagi Anak. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1): 6-13. https://doi.org/10.32696/jip.v2i1.772.

Maya, Rahendra, Saputra, Apud, dan Alfarisi, Muhammad Fadilah. 2023. Motivational Education in The Book Shalâh Al-Ummah fî ‘Uluww Al-Himmah By Sayyid Al-‘Affânî and Its Educational Implementation in Islamic University. Aqlamuna: Journal of Educational Studies, 1(1): 51-72. https://doi.org/10.58223/aqlamuna.v1i1.230.

Maya, Rahendra, Sarbini, Muhammad, dan Alfarisi, Muhammad Fadilah. 2023. Strategi Implementasi Moderasi Beragama Perspektif ‘Alî Muhammad Al-Shallâbî: Dalam Mata Kuliah Tafsir Tarbawi di STAI Al-Hidayah Bogor. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 12(03): 2319-2336. http://dx.doi.org/10.30868/ei.v12i03.5118.

Mudhoffar dan Roihanah. 2021. Pendidikan Islam dalam Membentuk Karakter Beradab Menurut Adian Husaini. Jurnal Penelitian Ilmiah Intaj, 5(2): 236-257. https://doi.org/10.35897/intaj.v5i2.641.

Mujahidin, Syamsul dan Amini, Ernie Isis Aisyah. 2017. Buku Seri Orang Tua Penguatan Ketahanan Keluarga. Nusa Tenggara Barat: Balai Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Muliati, Binti. 2016. Mengembalikan Kebermaknaan Tri Pusat Pendidikan pada Lembaga Pendidikan. Jurnal Al-Hikmah, 4(2): 101-110. https://jurnal.staiba.ac.id/index.php/Al-Hikmah/article/view/20.

Muslih, M. Khalid, et.al. 2019. Islamic Worldview: Pembahasan tentang Konsep-konsep Penting dalam Islam. Ponorogo: Direktorat Islamisasi Ilmu Universitas Darussalam Gontor.

Muslim. 2020. Pendidikan Keluarga dalam Perspektif Hadits Nabi. Edu-riligia: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keagamaan, 4(4): 372-384. http://dx.doi.org/10.47006/er.v4i4.12904.

Musmualim dan Miftah, Muhammad. 2016. Pendidikan Islam di Keluarga dalam Perspektif Demokrasi (Studi Pemikiran Hasan Langgulung dan Abdurrahman An Nahlawi). Jurnal Penelitian, 10(2): 345-398. http://dx.doi.org/10.21043/jupe.v10i2.1781.

Musyarofah. 2021. Pendidikan Agama Sebagai Dasar dalam Membangun Ketahanan Keluarga. Jurnal Studi Gender dan Anak, 8(02): 1-18. https://doi.org/10.32678/jsga.v8i02.5502.

Nasir, Amin. 2014. Sintesis Pemikiran M. Amin Abdullah dan Adian Husaini (Pendekatan dalam Pengkajian Islam). Fikrah: Jurnal Ilmu Aqidah dan Studi Keagamaan, 2(1): 141-152. http://dx.doi.org/10.21043/fikrah.v2i1.553.

Nudin, Burhan, et.al. 2021. Ketahanan Keluarga Islami dalam Multi Perspektif. Yogyakarta: Aswaja Pressindo dan Jurusan Studi Islam Fakultas Agama Islam Universitas Islam Indonesia.

Priyanto, Adun. 2020. Pendidikan Islam dalam Era Revolusi Industri 4.0. J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(2): 80-89. https://doi.org/10.18860/jpai.v6i2.9072.

Purnomo, Singgih Aji. 2020. Manajemen Pendidikan Islam Ditinjau dari Tripusat Pendidikan. Alasma: Jurnal Media Informasi dan Komunikasi Ilmiah, 2(1): 43-58. https://jurnalstitmaa.org/alasma/article/view/29.

Qomar, Mujamil. 2012. Merintis Kejayaan Islam Kedua: Merombak Pemikiran dan Mengembangkan Aksi. Yogyakarta: Teras.

Rahmawati dan Riswanda. 2022. Analisis Ketahanan Keluarga dalam Menghadapi Gerakan Kelompok LGBTQ di Kota Serang (Dimensi Ketahanan Sosial Psikologis dan Dimensi Ketahanan Sosial Budaya). Mimbar: Jurnal Penelitian Sosial dan Politik, 11(1): 38-54. https://doi.org/10.32663/jpsp.v11i1.2227.

Rosyadi, Abdu Rahmat, Supriadi, Dedi, dan Rabbanie, Muhammad Dahlan. 2021. Tinjauan Terhadap Tripusat Lingkungan Pendidikan dalam Perspektif Pendidikan Islam. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 10(02): 563-580. https://doi.org/10.30868/ei.v10i01.1329.

Setiardi, Dicky dan Mubarok, Husni. 2017. Keluarga Sebagai Sumber Pendidikan Karakter Bagi Anak. Tarbawi: Jurnal Pendidikan Islam, 14(2): 135-146. https://doi.org/10.34001/tarbawi.v14i2.619.

Sriwardona dan Aprianto. 2018. Model Pendidikan Islam dalam Meningkatkan Ketahanan Keluarga Mengatasi Perilaku Radikal. Proceeding Batusangkar International Conference III, 15-16 Oktober 2018: 219-226. https://ojs.iainbatusangkar.ac.id/ojs/index.php/proceedings/article/view/1558.

Sutrisno, et.al. 2021. Pendidikan Islam Berbagai Perspektif. Yogyakarta: Elmatera.

Tamam, Abas Mansur. 2017. Islamic Worldview: Paradigma Intelektual Muslim. Jakarta Timur: Spirit Media Press.

Yazid, Ahmad. 2018. Konsep Pendidikan Islam dalam Pandangan Adian Husaini. Journal of Research and Thought of Islamic Education, 1(1): 108-127. https://jurnaliainpontianak.or.id/index.php/jrtie/article/view/1070/540.

Yunus, Muhammad dan Wedi, Agus. 2018. Konsep dan Penerapan Pendidikan Sepanjang Hayat dalam Keluarga. JINOTEP (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran): Kajian dan Riset dalam Teknologi Pembelajaran, 5(1): 31-37. https://journal2.um.ac.id/index.php/jinotep/article/view/6879.

Wagianto, Ramdan. 2021. Konsep Keluarga Maṣlaḥah dalam Perspektif Qira’ah Mubadalah dan Relevansinya dengan Ketahanan Keluarga di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Syari‘ah, 20(1): 1-17. http://dx.doi.org/10.31958/juris.v20i1.2889.

Downloads

Published

2023-12-30

How to Cite

Maya, R. (2023). Implementasi Konsep Guru Keluarga Perspektif Adian Husaini Dalam Membentuk Ketahanan Keluarga di Program Studi Pendidikan Agama Islam di STAI Al-Hidayah Bogor. Khidmatul Ummah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(02), 203–218. https://doi.org/10.30868/khidmatul.v4i02.5944

Citation Check