PEMBERDAYAAN PEMUDA DALAM BIDANG PENDIDIKAN KEAGAMAAN DI DESA CIKARAWANG, KECAMATAN DRAMAGA, KABUPATEN BOGOR
DOI:
https://doi.org/10.30868/khidmatul.v2i01.1476Keywords:
menguatkan, anak muda, pemahaman, religiositasAbstract
Pemberdayaan pemuda dalam bidang pendidikan keagamaan merupakan hal yang mendesak untuk dilakukan, hal ini karena berkaitan dengan penggalian dan pengembangan potensi yang dimiliki pemuda dan pada implementasinya berpatokan kepada nilai-nilai moral yang ada pada ajaran agama yang diimaninya. Tulisan ini bertujuan: (1) Mendeskripsikan pelaksanaan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) pemberdayaan pemuda dalam bidang pendidikan keagamaan, (2) Mendeskripsikan partisipasi masyarakat pada PkM pemberdayaan pemuda dalam bidang pendidikan keagamaan, dan (3) Mendeskripsikan hasil PkM pemberdayaan pemuda dalam bidang pendidikan keagamaan.  Metode PkM yang digunakan adalah community engagement dengan tiga tahapan dalam pelaksanannya. Hasil dari PkM ini adalah: (1) Pelaksanaan PkM berdasarkan jadwal yang telah direncanakan, waktu dan target pencapaian program diusahakan sama dengan yang telah direncanakan, (2) Partisipasi masyarakat khususnya pemuda sangat antusias dan sukarela terlibat dalam berbagai kegiatan PkM, (3) PkM pemberdayaan pemuda dalam bidang pendidikan keagamaan memberikan perubahan dan perkembangan kehidupan di lingkungan masyarakat khususnya para pemuda. Selain ukhuwwah islamiyyah yang terjalin dengan baik dan kuat, juga ada perubahan yang lebih baik pada bidang sosial, kesejahteraan umum, pendidikan, dakwah, dan keagamaan.Â
References
Ghazali A D.( 2015). Studi Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mulyana, D. (2011). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar, Bandung: PT. Remaja
Rosdakarya.
Octavia, E. (2016). Suatu Kajian tentang Moralitas Pergaulan Mahasiswa Pendatang di Lingkungan IKIP-PGRI Pontianak. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, Vol. 1, No. 1, 23–34.
Peraturan Pemerintah Nomor 0059. (2013). Pengembangan Kepemiminan Pemuda
Raikhan Raikhan. (2018). Peran Pesantren Dalam Perkembangan Penalaran Moral Santri. Madinah: Jurnal Studi Islam. Vol. 5, No. 1. 57–79.
Safei A A. (2017). Sosiologi Islam: Transformasi Sosial Berbasis Tauhid. Bandung: Simbiosa Rekatama.
Sudibyo, Lies, Dkk. (2013). Ilmu Sosial Budaya Dasar. Yogyakarta : Andi Offset
Suharto, Edi (2014). Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat. Kajian Strategis Pembangunan Kesejahteraan Sosial dan Pekerjaan Sosial. Bandung: Refika Aditama.
Suradarma, B., I. (2018). Revitalisasi Nilai-Nilai Moral Keagamaan di Era Globalisasi Melalui Pendidikan Agama. Dharmasmrti: Jurnal Ilmu Agama dan Kebudayaan,Vol. 18, No. 2, 50-58.
Utami, B., I. (2018). Peran Komunitas Islam dalam Menyemangati Keagamaan para Pemuda. Jurnal Anida (Aktualisasi Nuansa Ilmu Dakwah). Volume 18, Nomor 1, 105-125.
Perwata, A., F.(2016). Politik Pendidikan Taman Siswa (1945-1950). Ph.D Thesis. Universitas Negeri Jakarta.
Pusat Kurikulum Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan Nasional. (2010). Bahan Pelatihan Penguatan Metodologi Pembelajaran Berdasarkan Nilai-nilai Budaya untuk Membentuk Daya Saing dan Karakter Bangsa; Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional.
Wahidin, U., Mulauddin, A., Fauzi, F. M. (2020). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Satuan Pendidikan Islam Berbasis Masjid di Kelurahan Situ Gede Kecamatan Bogor Barat Kota Bogor. Khidmatul Ummah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol. 1, No. 01, 54-65.
Yamin, M., Nelson, Bariyanto. (2020). Kontribusi Gerakan Pemuda Ansor dalam Pengembangan Pendidikan Islam di Kepahiyang. Manhaj: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat. Vol. 9, No. 2, 91-106.
Yuliati Yuliati. (2010). Pemikiran Tamansiswa Tentang Pendidikan Budi Pekerti Pada Masa Pra Kemerdekaan. Jurnal Sejarah dan Budaya, Vol. 3, No. 1.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Terms that must be met by the Author as follows:- The author saves the copyright and grants the journal the first right of publishing the manuscript simultaneously under license under the Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with a statement of job authorship and early publication in this journal.
- The author may incorporate into additional separate contractual arrangements for the non-exclusive distribution of rich-issue journals (eg posting them to an institutional repository or publishing them in a book), with the acknowledgment of their original publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (eg: in the institutional repository or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and more powerful cites from published works.