Generasi Z Berkarakter Bagi Remaja, Siswa dan Mahasiswa Se- Kabupaten Cianjur
DOI:
https://doi.org/10.30868/khidmatul.v4i02.5879Keywords:
Karakter, generasi Z, PotensialAbstract
Melakukan pola pendidikan dan pembinaan bagi usia remaja yang masuk generasi Z yang merupakan generasi yang syarat dengan fasilitas dan teknologi, menjadikan guru, dosen dan orang tua harus memiliki pengetahuan dan strategi pembelajaran yang tepat. Ketepatan memberikan pembelajaran harus diawali dengan mengenal sisi kelamahan dari generasi Z, yakni dampaknya terhadap pendidikan karakter yang cenderung kurang mendapat perhatian serius dan sering kebanyakan manusia menilainya sebagai “sesuatu yang berharga†dewasa ini. Metode yang dilakukan dengan melakukan pembekalan bagi remaja dalam agenda orientasi pendidikan bagi remaja di era generasi Z. Berdasarkan runtutan kegiatan maka dapat ditarik kesimpulan bahwa usia remaja masih sangat potensial untuk dibentuk karakternya dengan diberi pemahaman dengan harapan lahirnya kesadaran akan diri dan pada gilirannya akan berkomitmen pada nilai moralitas.
References
DAFTAR PUSTAKA
Anita Yus. (2008). Pengembangan Karakter Melalui Hubungan Anak-Kakek-Nenek, Dalam Arismantoro (Peny.), Tinjauan Berbagai Aspek Character Building. Yogyakarta: Tiara Wacana.
A. Turner. (2015). “Generation Z: Technology and Social Interest.†J. Individ. Psychol Volume. 71, No. 2.
Barnawi dan M. Arifin. (2012). Strategi & Kebijakan Pembelajaran Pendidikan Karakter. Ar-Ruzz Media.Yogyakarta.
Caraka, P. B., & Nindiya, E. S. (2015). Implementasi Permendikbud RI No.111 Tahun 2014 Dalam Pengembangan Layanan BK Di Sekolah Menengah. In Prosiding Seminar Nasional Bimbingan Dan Konseling.
Herman, Hery Saparjan Mursi, Ahmad Khoirul Anam, Ahmad Hasan, Ade Naelul Huda. (2023). Relevansi Dekadensi Moral Terhadap Degradasi Lingkungan. Al-Tadabbur: Jurnal Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, 8(01).
Https://Cerdas berkarakter.Kemdikbud.
Husamah, dkk. (2015). Pengantar Pendidikan. UMM Press, Malang.
Jamal Asmani Ma’mur. (2011). Buku Panduan Pendidikan Karakter Di Sekolah. Yogyakarta: Diva Press.
Lasti Yossi Hastini, Rahmi Fahmi, Hendra Lukito. (2020). “Apakah Pembelajaran Menggunakan Teknologi Dapat Meningkatkan Literasi Manusia Pada Generasi Z Di Indonesia?†Jurnal Manajemen Informatika (JAMIKA), Volume. 10, No. 1.
____________ (2020). “Apakah Pembelajaran Menggunakan Teknologi Dapat Meningkatkan Literasi Manusia Pada Generasi Z Di Indonesia?†Jurnal Manajemen Informatika (JAMIKA), Volume. 10, No. 1.
Muhaimin. (1996). Srategi Belajar Mengajar. Surabaya: Citra Media.
Muhammad Ismail Yustanto. (2004). Menggagas Pendidikan Islam. Bogor: Al Azhar.
Redja Mudyahardjo. (2001). Pengantar Pendidikan. Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Singh, D. A., & Dangmei. (2016). “Understanding The Generation Z: The Future Workforce . South Asian Journal of Multidisciplinary Studies (SAJMS), 1-5 Dalam Fadhlizha Izzati Rinanda Firamadhina , Hetty Krisnani, Perilaku Generasi Z Terhadap Penggunaan Media Sosial Tiktok: TikTok Sebagai M.†jurnal Share: Social Work Jurnal, Volume. 10, No. 2.
Tjipto Susana. (2012). “Kesetiaan Pada Panggilan Era Digital.†Jurnal Orientasi Baru 21, No. 1.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Terms that must be met by the Author as follows:- The author saves the copyright and grants the journal the first right of publishing the manuscript simultaneously under license under the Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with a statement of job authorship and early publication in this journal.
- The author may incorporate into additional separate contractual arrangements for the non-exclusive distribution of rich-issue journals (eg posting them to an institutional repository or publishing them in a book), with the acknowledgment of their original publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (eg: in the institutional repository or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and more powerful cites from published works.