Generasi Z Berkarakter Bagi Remaja, Siswa dan Mahasiswa Se- Kabupaten Cianjur

Authors

  • Cucu Solihah Universitas Suryakancana, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/khidmatul.v4i02.5879

Keywords:

Karakter, generasi Z, Potensial

Abstract

Melakukan pola pendidikan dan pembinaan bagi usia remaja yang masuk generasi Z yang merupakan generasi yang syarat dengan fasilitas dan teknologi, menjadikan guru, dosen dan orang tua harus memiliki pengetahuan dan strategi pembelajaran yang tepat. Ketepatan memberikan pembelajaran harus diawali dengan mengenal sisi kelamahan dari generasi Z, yakni dampaknya terhadap pendidikan karakter yang cenderung kurang mendapat perhatian serius dan sering kebanyakan manusia menilainya sebagai “sesuatu yang berharga†dewasa ini. Metode yang dilakukan dengan melakukan pembekalan bagi remaja dalam agenda orientasi pendidikan bagi remaja di era generasi Z. Berdasarkan runtutan kegiatan maka dapat ditarik kesimpulan bahwa usia remaja masih sangat potensial untuk dibentuk karakternya dengan diberi pemahaman dengan harapan lahirnya kesadaran akan diri dan pada gilirannya akan berkomitmen pada nilai moralitas.

Author Biography

Cucu Solihah, Universitas Suryakancana

Universitas Suryakancana

References

DAFTAR PUSTAKA

Anita Yus. (2008). Pengembangan Karakter Melalui Hubungan Anak-Kakek-Nenek, Dalam Arismantoro (Peny.), Tinjauan Berbagai Aspek Character Building. Yogyakarta: Tiara Wacana.

A. Turner. (2015). “Generation Z: Technology and Social Interest.†J. Individ. Psychol Volume. 71, No. 2.

Barnawi dan M. Arifin. (2012). Strategi & Kebijakan Pembelajaran Pendidikan Karakter. Ar-Ruzz Media.Yogyakarta.

Caraka, P. B., & Nindiya, E. S. (2015). Implementasi Permendikbud RI No.111 Tahun 2014 Dalam Pengembangan Layanan BK Di Sekolah Menengah. In Prosiding Seminar Nasional Bimbingan Dan Konseling.

Herman, Hery Saparjan Mursi, Ahmad Khoirul Anam, Ahmad Hasan, Ade Naelul Huda. (2023). Relevansi Dekadensi Moral Terhadap Degradasi Lingkungan. Al-Tadabbur: Jurnal Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, 8(01).

Https://Cerdas berkarakter.Kemdikbud.

Husamah, dkk. (2015). Pengantar Pendidikan. UMM Press, Malang.

Jamal Asmani Ma’mur. (2011). Buku Panduan Pendidikan Karakter Di Sekolah. Yogyakarta: Diva Press.

Lasti Yossi Hastini, Rahmi Fahmi, Hendra Lukito. (2020). “Apakah Pembelajaran Menggunakan Teknologi Dapat Meningkatkan Literasi Manusia Pada Generasi Z Di Indonesia?†Jurnal Manajemen Informatika (JAMIKA), Volume. 10, No. 1.

____________ (2020). “Apakah Pembelajaran Menggunakan Teknologi Dapat Meningkatkan Literasi Manusia Pada Generasi Z Di Indonesia?†Jurnal Manajemen Informatika (JAMIKA), Volume. 10, No. 1.

Muhaimin. (1996). Srategi Belajar Mengajar. Surabaya: Citra Media.

Muhammad Ismail Yustanto. (2004). Menggagas Pendidikan Islam. Bogor: Al Azhar.

Redja Mudyahardjo. (2001). Pengantar Pendidikan. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Singh, D. A., & Dangmei. (2016). “Understanding The Generation Z: The Future Workforce . South Asian Journal of Multidisciplinary Studies (SAJMS), 1-5 Dalam Fadhlizha Izzati Rinanda Firamadhina , Hetty Krisnani, Perilaku Generasi Z Terhadap Penggunaan Media Sosial Tiktok: TikTok Sebagai M.†jurnal Share: Social Work Jurnal, Volume. 10, No. 2.

Tjipto Susana. (2012). “Kesetiaan Pada Panggilan Era Digital.†Jurnal Orientasi Baru 21, No. 1.

Downloads

Published

2023-12-30

How to Cite

Solihah, C. (2023). Generasi Z Berkarakter Bagi Remaja, Siswa dan Mahasiswa Se- Kabupaten Cianjur. Khidmatul Ummah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(02), 159–168. https://doi.org/10.30868/khidmatul.v4i02.5879

Citation Check

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.