PEMBERDAYAAN TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN (TPA) PASCA PANDEMI

Authors

  • Syaeful Rokim STAI Al-Hidayah, Indonesia
  • Rahendra Maya STAI Al-Hidayah, Indonesia
  • Agus Yuspiain STAI Al-Hidayah, Indonesia
  • Hasnil Hasyim STAI Al-Hidayah, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/khidmatul.v3i01.2835

Keywords:

pemberdayaan, TPA, pendampingan

Abstract

Pemberdayaan masyarakat pedesaan melalui pendampingan pendidikan TPA merupakan kegiatan pengabdian sosial yang dibutuhkan oleh masyarakat, terutama hal ini dilakukan pasca pandemi covid 19 dan di daerah pedesaan atau pinggiran ibukota yang masih minim penggunaan sarana komunikasi digital dalam proses pendidikannya. Sebagian besar pendidikan mengalami kendala vakum saat terjadi wabah covid-19, tak terkecuali pada pendidikan keagamaan non formal seperti TPA. Pemdampingan TPA ini dilakukan di Madrasah Diniyah Al-Hasan di desa Neglasari Kecamatan Dramaga Kabupaten Bogor, dengan bersama-sama melaksanakan pembelajaran tatap muka dengan memperhatikan protokol kesehatan.

References

bogorkab.go.id. (2020). Desa Neglasari. https://kecamatandramaga.bogorkab.go.id/desa/56

BPMI Setpres. (2022). Bertemu PM Modi, Presiden Jokowi Bahas Kerja Sama Kesehatan Hingga Pemulihan Ekonomi. https://www.presidenri.go.id/siaran-pers/bertemu-pm-modi-presiden-jokowi-bahas-kerja-sama-kesehatan-hingga-pemulihan-ekonomi/

desa neglasari dramaga. (2021). Demografi Berdasar Pekerjaan. https://neglasari-dramaga.desa.id/first/statistik/1

Fajri, C., Susanto, S., Suworo, S., Sairin, S., & Tarwijo, T. (2021). Pelatihan Perencanaan Kewirausahaan Hidroponik Dan Penguatan Kelembagaan Santripreneur Di Pesantren Al Wafi Islamic Boarding School Pengasinan Depok. Abdi Laksana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1): 154–160.

presidenri.go.id. (2022). PPKM Skala Mikro Lebih Efektif Tekan Kasus Aktif Covid-19. Www.Presidenri.Go.Id.

Riduwan, A. (2016). Pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh perguruan tinggi. Ekuitas (Jurnal Ekonomi Dan Keuangan), 3.

Setneg. (2022). Situasi Pandemi Covid-19 Membaik, Pemerintah Longgarkan PPLN dan Perbolehkan Mudik. https://setneg.go.id/baca/index/situasi_pandemi_covid_19_membaik_pemerintah_longgarkan_ppln_dan_perbolehkan_mudik

Siahaan, M. (2020). Dampak pandemi Covid-19 terhadap dunia pendidikan. Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan, 20(2).

Sudarmanto, E., Revida, E., Zaman, N., Simarmata, M. M. T., Purba, S., Syafrizal, S., Bachtiar, E., Faried, A. I., Nasrullah, N., & Marzuki, I. (2020). Konsep Dasar Pengabdian Kepada Masyarakat: Pembangunan dan Pemberdayaan. Yayasan Kita Menulis.

Wardah, F., Hastuti, D., & Krisnatuti, D. (2019). Pengaruh Metode Sosialisasi Orangtua Dan Kontrol Diri Terhadap Karakter Sopan Santun Remaja. Jurnal Pendidikan Karakter, 9(2).

Widianto, E. (2021). Sosialisasi Cara Berinteraksi melalui Video dan Banner Sebagai Upaya Pencegahan COVID-19. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1): 241–252.

Yamali, F. R., & Putri, R. N. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Ekonomi Indonesia. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 4(2): 384–388.

Downloads

Published

2022-07-17

How to Cite

Rokim, S., Maya, R., Yuspiain, A., & Hasyim, H. (2022). PEMBERDAYAAN TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN (TPA) PASCA PANDEMI. Khidmatul Ummah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(01), 49–62. https://doi.org/10.30868/khidmatul.v3i01.2835

Citation Check

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>