PENDIDIKAN DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT TENTANG PUNGSI MASJID SEBAGAI SENTRAL KEGIATAN UMAT MELALUI PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

Authors

  • Muhammad Sarbini Program Studi Ahwal Syakhshiyah STAI Al-Hidayah Bogor, Indonesia
  • Muslim Muslim Program Studi Ahwal Syakhshiyah STAI Al-Hidayah Bogor, Indonesia
  • Ade Kohar Program Studi Ahwal Syakhshiyah STAI Al-Hidayah Bogor, Indonesia
  • Endra Bahtiar Program Studi Ahwal Syakhshiyah STAI Al-Hidayah Bogor, Indonesia
  • Deden Supriatna Program Studi Ahwal Syakhshiyah STAI Al-Hidayah Bogor, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/khidmatul.v1i01.982

Keywords:

Fungsi Masjid, Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat, Sentral Kegiatan Umat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melaksanakan pendidikan dan pemberdayaan masyarakat tentang fungsi masjid melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Kelurahan Menteng Kecamatan Bogor Barat Kota Bogor. Pertanyaan penelitian difokuskan pada; 1. Bagaimana bentuk pelaksanaan pengabdian itu dilakukan, 2. Bagaimana bentuk pendidikkan dan pemberdayaan kepada masyarakat tentang fungsi masjid sebagai sentral kegiatan masyarakat dilaksanakan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Penelitian kualitatif bisa juga disebut dengan metode penelitian naturalistik atau alami atau disebut juga sebagai metode etnographi. Sumber data didapat dari Kepala Kelurahan Menteng, Ketua RT/RW setempat, tokoh masyarakat dan masyarakat di Kelurahan Menteng melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan program pengabdian kepada masyarakat sangat efektif dan bermanfaat bagi masyarakat binaan yang ditunjukkan dengan pengharagaan yang diberikan pihak kelurahan, para tokoh agama dan masyarakat kepada peneliti, antusiasme masyarakat yang dibuktikan dengan keikutsertaan mereka atas program-program yang dicanangkan. Pendidikan dan pemberdayaan masyarakat tentang fungsi masjid dilaksanakan dengan cara seminar ecomasjid, pengajian umum dan pelatihan rukyah syar’iyah serta pembagian buku Iqra dan pembelajaran baca tulis Al-Qur’an. Faktor pendukung program pendidikan dan pemberdayaan masyarakat adalah mayoritas masyarakat beragama Islam, tingkat pendidikan masyarakat yang mayoritas berpendidikan menengah atas dan tinggi. Adapun faktor penghambatnya adalah minimnya tingkat pemahaman masyarakat tentang fungsi masjid, minimnya kegiatan keagamaan yang dilaksaanakan mengatasnamakan masjid dan sedikitnya alokasi anggaran dari DKM untuk membiayai kegiatan yang dapat meningkatkan efektifitas fungsi dari sebuah masjid.

References

Jawas, Yazid bin Abdul Qadir. (2007). Do’a & Wirid Mengobati Guna-guna dan Sihir Menurut Al-Qur’an dan As-Sunnah. Bogor: Pustaka Imam Syafi’i.

Jumeni. (2018). Upaya Meningkatkan Membaca Al-Qur’an Sesuai Dengan Hukum Tajwid Di SMP 8 Pare-Pare. Skripsi Jurusan Tarbiyah dan Adab Prodi PAI STAIN Pare-pare. http://repository.stainparepare.ac.id/672/1/13.3211.001.pdf

Kahmad, Dadang. (2011). Metode Penelitian Agama: Perspektif Ilmu Perbandingan Agama. Bandung: CV Pustaka Setia.

Kurniawan, S. (2014). Masjid Dalam Lintasan Sejarah Umat Islam. Jurnal Khatulistiwa-Journal of Islamic Studies.

Muhtadi. (2018). Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Masjid Terhadap Perubahan Perilaku Penerima Manfaat Program.

Muslim. (2020). Laporan PKM Kolaboratif Dosen. Bogor: LPPM Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Hidayah.

Nurjamilah, C. (2017). Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Masjid dalam Perspektif Dakwah Nabi saw. Journal of Islamic Studies and Humanities, 1(1), 93–119. https://doi.org/10.21580/jish.11.1375

Ridwanullah, A.I. Dedi Herdiana. (2018). Ilmu Dakwah: Academic Journal for Homiletic Studies 12(1), 82-98.

Soehandha, Moh. Metode Penelitian Sosial Kualitatif Untuk Studi Agama. Yogyakarta: SUKA-Press UIN Nunan Kalijaga. (2012).

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta, Cetakan ke 21. (2018).

http://dmi.or.id/jusuf-kalla-masjid-memakmurkan-masyarakat-dengan-meningkatkan-ilmu-pengetahuan-dan-ekonomi/ diakses pada hari Rabu, 16 September 2020.

Downloads

Published

2020-06-20

How to Cite

Sarbini, M., Muslim, M., Kohar, A., Bahtiar, E., & Supriatna, D. (2020). PENDIDIKAN DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT TENTANG PUNGSI MASJID SEBAGAI SENTRAL KEGIATAN UMAT MELALUI PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT. Khidmatul Ummah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(01), 26–38. https://doi.org/10.30868/khidmatul.v1i01.982

Citation Check