METODE TAHSIN TAHFIDZ AL-QUR’AN (T2Q) SMK IT INSAN TODA DAN RELEVANSINYA TERHADAP METODE TAHFIDZ AL-QUR’AN DALAM KITAB AL-TIBYAN FI ADABI HAMALTI AL-QUR’AN

Authors

  • Syifa Syahadah Postgraduate Islamic Educational Management, Ibn Khaldun Bogor, Indonesia
  • Ahmad Satra Ibn Khaldun University, Indonesia
  • Akhmad Alim Ibn Khaldun University, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/im.v7i02.6192

Keywords:

Method, Cahayaku, Tahfidz al-Qur’an, Kitab al-Tibyan Fi Adabi Hamalati al-Qur’an

Abstract

Program Tahfidz Al-Qur’an merupakan salahsatu upaya dalam mewujudkan Tujuan Pendidikan Nasional dan Tujuan Pendidikan Islam yaitu membentuk akhlak mulia sebagai manifestasi dari iman dan taqwa. Maka segala hal yang berkaitan dengan pelaksaan program tahfidz Al-Qur’an adalah penting. Di antara berbagai pertimbangan tersebut, metode memiliki peranan penting tercapai tidaknya tujuan pembelajaran. Sebuah ungkapan menyebutkan bahwa At-Thariqoh ahammu min Al-Maddah, wa amma Al-Mudarris ahammu min At-Thariqoh. Wa ruh Al-Mudarris ahammu min Al-Mudarris Nafsihi. Maka penulisan ini bermaksud mengungkapkan metode yang popular digunakan As-Salaf as-Sholih sebagai generasi terbaik dalam memahami dan mengamalkan ajaran Agama Islam merujuk pada Kitab at-tibyan fi Adabi hamalati Al-Qur’an dalam hal metode tadabur dan tahfidz Al-Qur’an. Penelitian dilaksanakan di MI STP Khairu Ummah Bogor Utara. Metode penelitian yang digunakan adalah Metode Kualitatif dengan pendekatan kepustakaan dan penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan: pertama: Model pembelajaran tahfidz di SMK IT Insan Toda Bogor menggunakan Metode Cahaya ku, kedua; Hasil pembelajaran tahfidz Al-Qur’an dengan metedo Cahaya ku menunjukkan hasil Cukup Baik dan ketiga: Adanya relevansi antara metode Cahayaku yang terselenggara di SMK IT Insan Toda Bogor dengan metode tahfidz dalam Kitab Al-Tibbyan Fi Adabi Hamalati Al-Qur’an

References

Al-Qaththân, M. K. (2000). Mabâhits fî ‘Ulûm Al-Qur’ân. t.tp: Maktabat al-Ma’ârif.

Buna’i, (2021). Perencanaan dan Strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Surabaya: CV. Jakad Media Publishing.

Dea Mustika. (2022). Model-model Pembelajaran IPA SD dan Aplikasinya. Solok: Mitra Cendekia Media.

Warson Munawwir, Ahmad. (1997). Kamus Al-Munawwir.Yogyakarta: Pustaka Progres,

Muhammad Iqbal Ansari. (2017). Muallimuna. Jurnal, Pelaksanaan Karantina Tahfidz Al-Qur’an 30 Hari Untuk Siwa Sekolah dasar dan madrasah Ibtidaiyah di Banjarmasin Jurnal Madrasah Ibtidaiyah. Volume 2. No.2 April 2017.

Al-Hajjāj, M.B. (2009). Shahīh Muslim. Beirut: Dār al-Kitāb al-‘Arabi.

Indonesia, D.R. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia, Sistem Pendidikan Nasional (No.20). Jakarta: DPR RI.

Maya, R. (2017). Karakter (Adab) Guru Dan Murid Perspektif ibn Jamâ’ah Al-Syâfi’î. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 6(02), 33. doi: 10.30868/ei.v6i12.177.

Muazir, M., Alim, A., & Hamat, A.A. (2019). Penanaman Adab Penghafal Al-Quran Di Sekolah Dasar Islam. The Annual Conference on Islamic Education and Social Science.

An-Nawawi, A. Z. Y. B. S. an A. (1996). At-Tibyan fi Adabi Hamalah Al-Quran. Beirut: Daar Ibnu Al-Jauzi. Qayyim, I. al-. (2001). Al-Fawāid. Beirut: Dār Ihyā’ at-Turāts al-‘Arabi.

https://tafsirweb.com/2002-surat-al-maidah-ayat-118.html

Zainal Arifin. Akhmad Alim. Abdul Hayyie Al-Kattani. Jurnal: Mpdel Pembelajaran Tadabur Al-Qur’an dalam Kitab al-Tibyan untuk Pondok pesantren Tahfidz. Tawazun. Vol 13(2).

Al-Imam Muhyiddin Abu Zakariya An-Nawawi dalam kitabnya, Al-Adzkar An-Nawawiyyah

Syaikh Al Islami Muhyiddiin Abi Zakariyaa Yahya Bin Syarfunnawawii “Riyadhus Shaalihiin” Daaru Ahyaailkitaabil ‗Arabiyyah Indonesia.

Syaikh Manna’ Al-Qaththan “Pengantar Studi Ilmu al-Qur’an..., h. 156

Imam An-Nawawi (2010). Syarah Shahih Muslim. Penerjemah Wawan Djunaidie S, Edy Fr (ed), Jakarta: Pustaka azam, cet.1 jilid 6.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D, 24th ed. Bandung: Alfabeta.

Published

2024-07-29

How to Cite

Syahadah, S., Satra, A., & Alim, A. (2024). METODE TAHSIN TAHFIDZ AL-QUR’AN (T2Q) SMK IT INSAN TODA DAN RELEVANSINYA TERHADAP METODE TAHFIDZ AL-QUR’AN DALAM KITAB AL-TIBYAN FI ADABI HAMALTI AL-QUR’AN. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(02). https://doi.org/10.30868/im.v7i02.6192

Citation Check

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.