KONSEP EVALUASI PENDIDIKAN MENURUT IMAM AN-NAWAWI DALAM KITAB AL-MINHAJ SYARAH SHAHIH MUSLIM
DOI:
https://doi.org/10.30868/im.v4i01.606Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis konsep evaluasi pendidikan menurut Imam an-Nawawi dalam kitab al-Minhaj Syarah Shahih Muslim. Pendekatan yang dilakukan adalah studi riset kepustakaan (Library Riset) dengan bahasan pokok dari data primer maupun sekunder. Imam an-Nawawi mengemukakan secara langsung pendapat mazhab-mazhab dan para ulama dan mengumpulkan pendapat yang paling kuat sesuai dengan hasil akhir ijtihadnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep evaluasi pendidikan dapat dilihat dari keseluruhan dan klasifikasi materi hadits Imam Muslim pada kitab al-Minhaj yang menjadi pondasi evaluasi kurikulum pendidikan yang berlandaskan nilai-nilai iman, Islam, ihsan, ilmu dan adab. Konsep evaluasi harus di susun dan disesuaikan pada tiap tema dan kompetensi dasar dan dilaksanakan secara variatif dan berkelanjutan untuk menghimpun tercapainya tiga ranah penilaian yaitu afektif, kognitif dan psikomotor.References
Alim, Akhmad, (2014) Tafsir Pendidikan Islam, Jakarta: AMP Press.
Arizki Ihsan Pratama, Musthaofa Zahir,(2019) Konsep Kepribadian Guru menurut Ibnu Sahnun. (Vol.12). Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam.
Jabir al-Jazairi, Abu Bakar, (2015), Minhajul Muslim, Jakarta: Pustaka al-Kautsar.
Mufah, Jejen (2017) Manajemen Pendidikan, Teori Kebijakan dan Praktik, Jakarta: Kencana.
Nawawi, Imam an-, (2016) al-Adzkar, Solo: Kuttab Publishing.
______________ -, (2017) al-Minhaj Syarah Shahih Muslim, Jakarta: Darus Sunah.
______________ -, (2005) Riyadhus Shalihin, Surabaya: Duta Ilmu.
______________ -, (2018) at-Tibyan fii adabi Hamalatil Qur’an, Sukoharjo: Maktabah Ibnu Abbas.
Supiana dan Karman (2004) Materi Pendidikan Agama Islam, Bandung: Rosdakarya.
Supraha,Wido (2018) Pemikiran George Sarton dan Panduan Islamisasi Sains, Depok: Yayasan Adab Insan Mulia.
Syafri, Ulil Amri (2014) Pendidikan Karakter Berbasis Al-Qur’an, Jakarta: Raja Grafindo Persada
Syarbini, Amirullah (2014) Model Pendidikan Karakter dalam Keluarga, Jakarta: Elex Media Komputindo
Tafsir, Ahmad (2014) Filsafat Ilmu, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Tamam, Abas Mansur (2017) Islamic Worldview Paradigma Intelektual Muslim, Jakarta: Spirit Media Press.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).