KONSEP EVALUASI PENDIDIKAN MENURUT IMAM AN-NAWAWI DALAM KITAB AL-MINHAJ SYARAH SHAHIH MUSLIM

Authors

  • Wardi Suwandi pascasarjana UIKA, Indonesia
  • Abas Mansur Tamam pascasarjana UIKA, Indonesia
  • Wido Supraha pascasarjana UIKA, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/im.v4i01.606

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis konsep evaluasi pendidikan menurut Imam an-Nawawi dalam kitab al-Minhaj Syarah Shahih Muslim. Pendekatan yang dilakukan adalah studi riset kepustakaan (Library Riset) dengan bahasan pokok dari data primer maupun sekunder. Imam an-Nawawi mengemukakan secara langsung pendapat mazhab-mazhab dan para ulama dan mengumpulkan pendapat yang paling kuat sesuai dengan hasil akhir ijtihadnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep evaluasi pendidikan dapat dilihat dari keseluruhan dan klasifikasi materi hadits Imam Muslim pada kitab al-Minhaj yang menjadi pondasi evaluasi kurikulum pendidikan yang berlandaskan nilai-nilai iman, Islam, ihsan, ilmu dan adab. Konsep evaluasi harus di susun dan disesuaikan pada tiap tema dan kompetensi dasar dan dilaksanakan secara variatif dan berkelanjutan untuk menghimpun tercapainya tiga ranah penilaian yaitu afektif, kognitif dan psikomotor.

References

Alim, Akhmad, (2014) Tafsir Pendidikan Islam, Jakarta: AMP Press.

Arizki Ihsan Pratama, Musthaofa Zahir,(2019) Konsep Kepribadian Guru menurut Ibnu Sahnun. (Vol.12). Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam.

Jabir al-Jazairi, Abu Bakar, (2015), Minhajul Muslim, Jakarta: Pustaka al-Kautsar.

Mufah, Jejen (2017) Manajemen Pendidikan, Teori Kebijakan dan Praktik, Jakarta: Kencana.

Nawawi, Imam an-, (2016) al-Adzkar, Solo: Kuttab Publishing.

______________ -, (2017) al-Minhaj Syarah Shahih Muslim, Jakarta: Darus Sunah.

______________ -, (2005) Riyadhus Shalihin, Surabaya: Duta Ilmu.

______________ -, (2018) at-Tibyan fii adabi Hamalatil Qur’an, Sukoharjo: Maktabah Ibnu Abbas.

Supiana dan Karman (2004) Materi Pendidikan Agama Islam, Bandung: Rosdakarya.

Supraha,Wido (2018) Pemikiran George Sarton dan Panduan Islamisasi Sains, Depok: Yayasan Adab Insan Mulia.

Syafri, Ulil Amri (2014) Pendidikan Karakter Berbasis Al-Qur’an, Jakarta: Raja Grafindo Persada

Syarbini, Amirullah (2014) Model Pendidikan Karakter dalam Keluarga, Jakarta: Elex Media Komputindo

Tafsir, Ahmad (2014) Filsafat Ilmu, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tamam, Abas Mansur (2017) Islamic Worldview Paradigma Intelektual Muslim, Jakarta: Spirit Media Press.

Published

2021-01-28

How to Cite

Suwandi, W., Tamam, A. M., & Supraha, W. (2021). KONSEP EVALUASI PENDIDIKAN MENURUT IMAM AN-NAWAWI DALAM KITAB AL-MINHAJ SYARAH SHAHIH MUSLIM. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(01), 62–71. https://doi.org/10.30868/im.v4i01.606

Citation Check