Program Unggulan Tahfidz Al Qur'an: Inovasi Kepala Sekolah SD Swasta untuk Mencetak Siswa Hafidzh-Hafidzah

Authors

  • Mohammad Firmansyah Sekolah Tinggi Ilmu Syariah Nurul Qarnain Jember, Indonesia
  • Rahwan Rahwan Universitas Ibrahimy Situbondo, Indonesia
  • Nur Kholis UIN Sunan Ampel Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/im.v7i01.6072

Abstract

Sekolah swasta kerap kali dianak tirikan oleh sebagian masyarakat dan melekat dengan label lembaga pendidikan kelas dua. Sehingga secara yuridis eksistensi sekolah swasta dinyatakan sejajar dengan sekolah negeri. Sehingga butuh upaya dan usaha yang ekstra untuk meningkatkan mutu sekolah swasta sekolah swasta harus mempunyai keunggulan yang berbeda dari sekolah negeri atau bahkan dengan sekolah swasta lainnya, dengan demikian tuntutan masyarakat pada kualitas Pendidikan, terutama untuk lembaga Sekolah Dasar. di era belakangan ini, banyak sekolah formal yang memiliki program-program unggulan yang kemudian menjadi sebuah distingsi. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan serta menganalisis sebuah inovasi yang dilakukan dalam bentuk program unggulan Tahfidz Al Qur’an di SD Nurul Qarnain Jember. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data didapat melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik triangulasi diimplemtasikan dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini yakni SD Nurul Qarnain Jember memiliki program unggulan Tahfidz Al Qur’an yang dengan hal ini menjadi alasan daya tarik dan minat masyarakat guna memutuskan anak-anaknya bersekolah di sekolah berlabel swasta ini. Program tahfidz ini mencakup 3 kegiatan: perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi.

References

Abdul Rajak, Intan, Besse Marhawati, and Sri S Wahyuni Husain. 2022. “Inovasi Kepala Sekolah Dalam Mengefektifkan Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19.†Student Journal of Educational Management 2: 97–111.

Amelia, Indah Putri, B P D Pangesti, and N Nadiyah. 2021. “Pendidikan Tafidzul Qur’an Dalam Meningkatkan Prestasisiswa Dengan Metode Manajemen Kemitraan Di SDIT Muhammadiyah Harjamukti Kota Cirebon.†E-Journal.Umc.Ac.Id, 181–86. https://e-journal.umc.ac.id/index.php/pro/article/view/2235.

Ansari, Muhammad Iqbal, Abdul Hafiz, and Nurul Hikmah. 2020. “Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an Melalui Metode Wafa Di SDIT Nurul Fikri Banjarmasin.†BADA’A : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 2 (2): 180–94. https://doi.org/10.37216/badaa.v2i2.359.

Arifin, Zainul. 2018. “KAJIAN PROGRAM TAHFIDZ TERHADAP PEMBELAJARAN PENDIDIKAN FORMAL DAN NON-FORMAL.†Jurnal Al-Mudarris, 113–19.

Federika, Arsytillah Ana et.all. 2022. “INTERNALISASI KARAKTER RELIGIUS MELALUI PROGRAM TAHFIDZ QUR’AN DI SEKOLAH DASAR ISLAM RADEN PATAH SURABAYA.†Jurnal Sekolah Dasar 10 (1): 1–52. https://doi.org/10.21608/pshj.2022.250026.

Firmansyah, Mohammad. 2022. “Internalisasi Nilai-Nilai WasaÅ£iyyah Kitab Al-KhÄÅ›aiÅ› Al-‘Āmmah Li Al-IslÄm Dalam Membentuk Karakter Moderat Di Pondok Pesantren Nurul Qarnain Jember.†Al Yazidiy: Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan 4 (1): 30–46.

Firmansyah, Mohammad, and Asmuki. 2023. “Pemikiran Pragmatisme Ibnu Khaldun Dan Relevansinya Dengan Merdeka Belajar Kurikulum Merdeka.†Edupedia : Jurnal Studi Pendidikan Dan Pedagogi Islam 8 (1): 99–109. https://doi.org/10.35316/edupedia.v8i1.2788.

Firmansyah, Mohammad, and Abdul Muis. 2021. “Teacher’S Efforts To Increase Motivation of Students’ Spiritual and Social Attitudes in Sman 1 Situbondo.†Edupedia : Jurnal Studi Pendidikan Dan Pedagogi Islam 5 (2): 67–78. https://doi.org/10.35316/edupedia.v5i2.1215.

Frasandy, Rendy Nugraha. 2018. “Manajemen Program Kelas Tahfidh Al-Qur’an Di Min 2 Sleman Yogyakarta.†AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam 5 (1): 38–52. https://doi.org/10.24252/auladuna.v5i1a4.2018.

Hapsari, Intan Indria, and Mamah Fatimah. 2021. “Inovasi Pembelajaran Sebagai Strategi Peningkatan Kualitas Guru Di SDN 2 Setu Kulon Pendidikan Guru Sekolah Dasar , Universitas Muhammadiyah Cirebon.†Prosiding Dan Web Seminar (Webinar) “Standarisasi Pendidikan Sekolah Dasar Menuju Era Human Society 5.0â€., 187–94.

Hasni, Yasmina. 2022. “Buta Aksara Al Qur’an Masih Memprihatinkan.†Republika.Co.Id. 2022. https://www.republika.id/posts/27112/buta-aksara-Al Qur’an-masih-memprihatinkan.

Khotimatuzzahara, Ahmad Mulyadiprana, and Resa Respati. 2021. “Lembar Kerja Siswa Berbasis Project Based Learning Sebagai Inovasi Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar.†PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar 8 (1): 12–21. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v8i1.32716.

Krisdiana, Mega, Siti Malihah, and Lukman Nulhakim. 2022. “Produk Inovasi Kurikulum Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar Berdasarkan Perkembangan IPTEK.†Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK) 4 (6): 8683–89. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/9679.

Ma’arif, Ikhwan. 2019. “Implementasi Kebijakan Kelas Tahfidz Al-Qur’an Di Sekolah Dasar Islam Terpadu (Sdit) Luqman Al-Hakim Surakarta.†274 Jurnal Kebijakan Pendidikan 8: 271–78.

Melati, R. 2019. “Pelaksanaan Sistem Full Day School (Study Kasus Di SD Islam Mumtaz Cidahu Kuningan Jawa Barat).†Oasis: Jurnal Ilmiah Kajian Islam 4 (1): 43–59. https://core.ac.uk/download/pdf/234773690.pdf.

Miles, Matthew B., A. Michael Huberman, and Johnny Saldana. 2013. Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook and The Coding Manual for Qualitative Researchers. SAGE.

Moleong, Lexy J. 2015. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nofi Maria Krisnawati, and Sita Husnul Khotimah. 2021. “Peningkatan Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an Melalui Metode Talaqqi Pada Anak Usia Dini.†Wahana 73 (1): 99–107. https://doi.org/10.36456/wahana.v73i1.3181.

Prasrihamni, Mega, Arita Marini, Maratun Nafiah, and Nora Surmilasari. 2022. “Inovasi Pendidikan Jenjang Sekolah Dasar Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Di Era Digital.†Jurnal Riset Pendidikan Dasar 05 (1): 82–88.

Rudianto, Bambang, M Ihsan Dacholfany, and Sudirman Aminin. 2021. “Manajemen Pembelajaran Tahfiz Al-Qur’an Dalam Mencapai Target Hafalan Di Smp Islam Darul Muttaqin Metro Lampung.†POACE: Jurnal Program Studi Adminitrasi Pendidikan 1 (1): 33–41. https://doi.org/10.24127/poace.v1i1.613.

Samosa, Resty C, Joy Razelle G Fulo, Clareta B Geraga, Arlene D Hernalin, and Mercy A Villan. 2021. “Visual Literacy Clues As An Innovative Writing Strategy In Teaching Short Story Among Grade Four Learners.†International Journal of Academic Multidisciplinary Research (IJAMR) 5 (12): 53–56.

Shobandi, Baban. 2022. “Manajemen Tahfidz Qur’an Pada Siswa Madrasah Ibtidaiyah Darul Kirom Kabupaten Bandung.†Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan 1 (4): 201–7. https://doi.org/10.56916/ejip.v1i4.190.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Syahid, Akhmad. 2019. “Tren Program Tahfidz Al-Qur’an Sebagai Metode Pendidikan Anak.†Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 5 (1): 87. https://doi.org/10.32332/elementary.v5i1.1389.

Teguh, Teguh. 2020. “Menjadi Guru Sekolah Dasar Yang Inovatif Di Era Revolusi Industri 4.0.†Jurnal Inovasi Sekolah Dasar 7 (1): 74–82. https://doi.org/10.36706/jisd.v7i1.11625.

Yuanita, and Romadon. 2018. “PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBELAJARAN TAHFIDZ Al QURAN SISWA SDIT AL BINA PANGKALPINANG.†Jurnal JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) 5 (2): 1–6.

Yuwono, Putro Ahmad Agung. n.d. “INOVASI PEMBELAJARAN MEMBACA SISWA KELAS RENDAH SEKOLAH DASAR MELALUI METODE GESTALT,†1–9.

Published

2024-01-30

How to Cite

Firmansyah, M., Rahwan, R., & Kholis, N. (2024). Program Unggulan Tahfidz Al Qur’an: Inovasi Kepala Sekolah SD Swasta untuk Mencetak Siswa Hafidzh-Hafidzah. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(01). https://doi.org/10.30868/im.v7i01.6072

Citation Check