MANAJEMEN GURU ASRAMA (MUSYRIF) DALAM MEMANAJ PROGRAM KEAGAMAAN DI SMAIT NURUL FIKRI BOGOR

Authors

  • Mufid Mufid Guru, Indonesia
  • Hasbi Indra Universitas Ibn Khaldun Bogor, Indonesia
  • Ahmad Alim Universitas Ibn Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.30868/im.v6i02.4021

Abstract

Sebagai salah satu pihak yang bertanggung jawab dalam keberhasilan dan berperan aktif dalam kemajuan pendidikan, guru asrama (musyrif) harus dan dituntut untuk memiliki aspek manajerial yang baik. Hal ini disadari benar oleh Sekolah Menengah Atas Islam Terpadu (SMAIT) Nurul Fikri Bogor, yaitu dengan mengimplementasikan manajemen musyrif dalam memanaj berbagai program keagamaannya. Oleh karena itu, artikel ini berusaha untuk mengidentifikasi manajemen musyrif dalam memanaj program keagamaan di SMAIT Nurul Fikri Bogor. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif berbasis studi lapangan yang bersifat deskriptif-interpretatif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi yang terkait. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan metode triangulasi. Program keagamaan di SMAIT Nurul Fikri meliputi shalat tahajud, sahur dan shaum sunnah, dzikir Al-Ma’tsurat, tahfiz Al-Qur’an, kajian kitab, dan Bimbingan Pribadi Islami (BPI) serta rihlahnya (jalan-jalan). Semua program keagamaan tersebut berhasil dilaksanakan dengan baik dikarenakan musyrif telah memiliki manajerial yang baik dalam memanajnya, terutama dalam membimbing, memantau, dan mengevaluasi berbagai program tersebut.  

Author Biography

Mufid Mufid, Guru

Alminhaj

References

Alim, A., & Upang. (2021). Manajemen Asrama dalam Meningkatkan Kedisipinan Santri Tingkat MTs di Pesantren Al-Ma’tuq. 5(2), 460–467. https://doi.org/https://doi.org/10.37274/rais.v5i02.476

Gesi, Laan, R., & Lamaya, F. (2019). Manajemen Dan Eksekutif. 3, 53.

Machali, I., & Noor Hamid, Mp. H. (2017). PENGANTAR MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM. Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI).

Maya, R. (2018). PEMIKIRAN AL-SA’DÎ TENTANG KRITERIA PEGAWAI PROFESIONAL (Studi Terhadap Q.S. Al-Qashash [28]: 26, Hadits-hadits Terkait, dan Kajian Lainnya). Ad-Deenar, 02(01), 1–23.

Rahendra Maya & Iko Lesmana. (2018). PEMIKIRAN PROF. DR. MUJAMIL QOMAR, M.AG. TENTANG MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM. Islamic Management, 01(02), 291–316.

Ramayulis. (2019). Ilmu Pendidikan Islam.

Ritonga, M., Indra, H., & Handrianto, B. (2021). Program Penguatan Karakter Musyrif di Pondok Pesantren Modern. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(01), 177. https://doi.org/10.30868/im.v4i01.605

Rohman, B., & Saihu. (2019). Pembentukan Karakter Melalui Model Pendidikan Transformatife Learning Pada Santri di Pondok Pesantren Nurul Ikhlas Bali. Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam, 8, 435–452. https://doi.org/10.30868/ei.v8i2.477

Terry, G. R. dan R. L. W. (2019). Dasar-Dasar Manajemen. PT Bumi Aksara.

Terry, & Rue, L. W. R. (2019). Dasar-Dasar Manajemen. PT Bumi Aksara.

Published

2023-07-27

How to Cite

Mufid, M., Indra, H., & Alim, A. (2023). MANAJEMEN GURU ASRAMA (MUSYRIF) DALAM MEMANAJ PROGRAM KEAGAMAAN DI SMAIT NURUL FIKRI BOGOR. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(02). https://doi.org/10.30868/im.v6i02.4021

Citation Check

Most read articles by the same author(s)