MANAJEMEN GURU ASRAMA (MUSYRIF) DALAM MEMANAJ PROGRAM KEAGAMAAN DI SMAIT NURUL FIKRI BOGOR
DOI:
https://doi.org/10.30868/im.v6i02.4021Abstract
Sebagai salah satu pihak yang bertanggung jawab dalam keberhasilan dan berperan aktif dalam kemajuan pendidikan, guru asrama (musyrif) harus dan dituntut untuk memiliki aspek manajerial yang baik. Hal ini disadari benar oleh Sekolah Menengah Atas Islam Terpadu (SMAIT) Nurul Fikri Bogor, yaitu dengan mengimplementasikan manajemen musyrif dalam memanaj berbagai program keagamaannya. Oleh karena itu, artikel ini berusaha untuk mengidentifikasi manajemen musyrif dalam memanaj program keagamaan di SMAIT Nurul Fikri Bogor. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif berbasis studi lapangan yang bersifat deskriptif-interpretatif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi yang terkait. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan metode triangulasi. Program keagamaan di SMAIT Nurul Fikri meliputi shalat tahajud, sahur dan shaum sunnah, dzikir Al-Ma’tsurat, tahfiz Al-Qur’an, kajian kitab, dan Bimbingan Pribadi Islami (BPI) serta rihlahnya (jalan-jalan). Semua program keagamaan tersebut berhasil dilaksanakan dengan baik dikarenakan musyrif telah memiliki manajerial yang baik dalam memanajnya, terutama dalam membimbing, memantau, dan mengevaluasi berbagai program tersebut. Â
References
Alim, A., & Upang. (2021). Manajemen Asrama dalam Meningkatkan Kedisipinan Santri Tingkat MTs di Pesantren Al-Ma’tuq. 5(2), 460–467. https://doi.org/https://doi.org/10.37274/rais.v5i02.476
Gesi, Laan, R., & Lamaya, F. (2019). Manajemen Dan Eksekutif. 3, 53.
Machali, I., & Noor Hamid, Mp. H. (2017). PENGANTAR MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM. Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI).
Maya, R. (2018). PEMIKIRAN AL-SA’DÎ TENTANG KRITERIA PEGAWAI PROFESIONAL (Studi Terhadap Q.S. Al-Qashash [28]: 26, Hadits-hadits Terkait, dan Kajian Lainnya). Ad-Deenar, 02(01), 1–23.
Rahendra Maya & Iko Lesmana. (2018). PEMIKIRAN PROF. DR. MUJAMIL QOMAR, M.AG. TENTANG MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM. Islamic Management, 01(02), 291–316.
Ramayulis. (2019). Ilmu Pendidikan Islam.
Ritonga, M., Indra, H., & Handrianto, B. (2021). Program Penguatan Karakter Musyrif di Pondok Pesantren Modern. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(01), 177. https://doi.org/10.30868/im.v4i01.605
Rohman, B., & Saihu. (2019). Pembentukan Karakter Melalui Model Pendidikan Transformatife Learning Pada Santri di Pondok Pesantren Nurul Ikhlas Bali. Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam, 8, 435–452. https://doi.org/10.30868/ei.v8i2.477
Terry, G. R. dan R. L. W. (2019). Dasar-Dasar Manajemen. PT Bumi Aksara.
Terry, & Rue, L. W. R. (2019). Dasar-Dasar Manajemen. PT Bumi Aksara.
Downloads
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).