METODE TAHSIN TAHFIDZ AL-QUR’AN (T2Q) SMK IT INSAN TODA DAN RELEVANSINYA TERHADAP METODE TAHFIDZ AL-QUR’AN DALAM KITAB AL-TIBYAN FI ADABI HAMALTI AL-QUR’AN
DOI:
https://doi.org/10.30868/im.v7i02.6192Keywords:
Method, Cahayaku, Tahfidz al-Qur’an, Kitab al-Tibyan Fi Adabi Hamalati al-Qur’anAbstract
Program Tahfidz Al-Qur’an merupakan salahsatu upaya dalam mewujudkan Tujuan Pendidikan Nasional dan Tujuan Pendidikan Islam yaitu membentuk akhlak mulia sebagai manifestasi dari iman dan taqwa. Maka segala hal yang berkaitan dengan pelaksaan program tahfidz Al-Qur’an adalah penting. Di antara berbagai pertimbangan tersebut, metode memiliki peranan penting tercapai tidaknya tujuan pembelajaran. Sebuah ungkapan menyebutkan bahwa At-Thariqoh ahammu min Al-Maddah, wa amma Al-Mudarris ahammu min At-Thariqoh. Wa ruh Al-Mudarris ahammu min Al-Mudarris Nafsihi. Maka penulisan ini bermaksud mengungkapkan metode yang popular digunakan As-Salaf as-Sholih sebagai generasi terbaik dalam memahami dan mengamalkan ajaran Agama Islam merujuk pada Kitab at-tibyan fi Adabi hamalati Al-Qur’an dalam hal metode tadabur dan tahfidz Al-Qur’an. Penelitian dilaksanakan di MI STP Khairu Ummah Bogor Utara. Metode penelitian yang digunakan adalah Metode Kualitatif dengan pendekatan kepustakaan dan penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan: pertama: Model pembelajaran tahfidz di SMK IT Insan Toda Bogor menggunakan Metode Cahaya ku, kedua; Hasil pembelajaran tahfidz Al-Qur’an dengan metedo Cahaya ku menunjukkan hasil Cukup Baik dan ketiga: Adanya relevansi antara metode Cahayaku yang terselenggara di SMK IT Insan Toda Bogor dengan metode tahfidz dalam Kitab Al-Tibbyan Fi Adabi Hamalati Al-Qur’an
References
Al-Qaththân, M. K. (2000). Mabâhits fî ‘Ulûm Al-Qur’ân. t.tp: Maktabat al-Ma’ârif.
Buna’i, (2021). Perencanaan dan Strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Surabaya: CV. Jakad Media Publishing.
Dea Mustika. (2022). Model-model Pembelajaran IPA SD dan Aplikasinya. Solok: Mitra Cendekia Media.
Warson Munawwir, Ahmad. (1997). Kamus Al-Munawwir.Yogyakarta: Pustaka Progres,
Muhammad Iqbal Ansari. (2017). Muallimuna. Jurnal, Pelaksanaan Karantina Tahfidz Al-Qur’an 30 Hari Untuk Siwa Sekolah dasar dan madrasah Ibtidaiyah di Banjarmasin Jurnal Madrasah Ibtidaiyah. Volume 2. No.2 April 2017.
Al-Hajjāj, M.B. (2009). Shahīh Muslim. Beirut: Dār al-Kitāb al-‘Arabi.
Indonesia, D.R. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia, Sistem Pendidikan Nasional (No.20). Jakarta: DPR RI.
Maya, R. (2017). Karakter (Adab) Guru Dan Murid Perspektif ibn Jamâ’ah Al-Syâfi’î. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 6(02), 33. doi: 10.30868/ei.v6i12.177.
Muazir, M., Alim, A., & Hamat, A.A. (2019). Penanaman Adab Penghafal Al-Quran Di Sekolah Dasar Islam. The Annual Conference on Islamic Education and Social Science.
An-Nawawi, A. Z. Y. B. S. an A. (1996). At-Tibyan fi Adabi Hamalah Al-Quran. Beirut: Daar Ibnu Al-Jauzi. Qayyim, I. al-. (2001). Al-Fawāid. Beirut: Dār Ihyā’ at-Turāts al-‘Arabi.
https://tafsirweb.com/2002-surat-al-maidah-ayat-118.html
Zainal Arifin. Akhmad Alim. Abdul Hayyie Al-Kattani. Jurnal: Mpdel Pembelajaran Tadabur Al-Qur’an dalam Kitab al-Tibyan untuk Pondok pesantren Tahfidz. Tawazun. Vol 13(2).
Al-Imam Muhyiddin Abu Zakariya An-Nawawi dalam kitabnya, Al-Adzkar An-Nawawiyyah
Syaikh Al Islami Muhyiddiin Abi Zakariyaa Yahya Bin Syarfunnawawii “Riyadhus Shaalihiin” Daaru Ahyaailkitaabil ‗Arabiyyah Indonesia.
Syaikh Manna’ Al-Qaththan “Pengantar Studi Ilmu al-Qur’an..., h. 156
Imam An-Nawawi (2010). Syarah Shahih Muslim. Penerjemah Wawan Djunaidie S, Edy Fr (ed), Jakarta: Pustaka azam, cet.1 jilid 6.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D, 24th ed. Bandung: Alfabeta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).