Manajemen Pesantren dalam Menerapkan Bahasa Arab di Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus 7 Kalianda Lampung Selatan
DOI:
https://doi.org/10.30868/im.v5i2.3004Keywords:
Manajemen, Penerapan, Bahasa ArabAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) bagaimana manajemen pesantren dalam menerapkan bahasa Arab di Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus 7 Lampung Selatan; (2) apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam menerapkan bahasa Arab di Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus 7 Lampung Selatan. Dalam pengumpulan data, metode penelitian yang digunakan oleh penulis adalah dengan menggunakan pendekatan kualitatif untuk menghasilkan data deskriptif terkait penerapan bahasa Arab di Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus 7. Penulis menggunakan teknik pengumpulan data dengan melakukan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dan dalam pemeriksaan keabsahan data penulis menggunakan teknik triangulasi data. Adapun hasil temuan di lapangan dapat diketahui bahwa : (1) manajmen Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus 7 dalam menerapkan bahasa Arab sudah sangat baik berdasarkan hasil observasi yang dilakukan penulis. Hal tersebut dapat dilihat dari adanya perencanaan program kegiatan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan/pengendalian. Dalam pelaksanaannya menerapkan bahasa Arab, Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus 7 memiliki staf pembimbing bahasa yang bertanggung jawab dalam pengelolaan, pelaksanaan, maupun pengawasan terhadap jalannya kegiatan kebahasaan, semua elemen pondok bekerja keras dalam menerapkan bahasa Arab, baik kyai, guru-guru dan peserta didik. Metode yang digunakan di Gontor Kampus 7 dalam menerapakan adalah dengan pengarahan, pelatihan, penugasan, pembiasaan, pengawalan, uswatun hasanah.; (2) faktor pendukung dalam menerapkan bahasa Arab adalah adanya kegiatan bahasa, Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) yang dilakukan di dalam kelas menggunakan bahasa Arab, seluruh guru-guru selalu berusaha menjadi uswah hasanah dalam menerapkan bahasa Arab, adanya reward bagi santri yang memiliki bahasa baik dan punishment bagi santri pelanggar disiplin bahasa. Faktor penghambat dalam menerapkan bahasa Arab di Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus 7 adalah diperbolehkannya santri-santri baru untuk berbicara bahasa Indonesia selama 3 bulan pertama dalam rangka adaptasi menerapkan bahasa Arab dalam kehidupannya sehari-hari, kurangnya kesadaran santri-santri lama dalam memahami pentingnya bahasa Arab di dalam kehidupan mereka.
References
DAFTAR PUSTAKA
Abdurochman, 2017. Bahasa Arab dan Metode Pembelajarannya. Bandar Lampung: Aura CV. Anugrah Utama Raharja.
Asyrofi, Syamsuddin, 2019. Desain Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu Group.
Badudu dan Mohammad Zain, Sutan, 2010. Efektifitas Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Departemen Pendidikan Nasional, 2003. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.
Effendy, Onong Uchjana, 2018. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
El Widdah Minnah, dkk, 2019. Kepemimpinan Berbasis Nilai dan Pengembangan Mutu Madrasah. Bandung: Alfabeta.
Kementrian Agama RI, 2014. Al Qur’an dan Terjemahannya. Solo: PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.
Kompri, 2018. Manajemen & Kepemimpinan Pondok Pesantren. Jakarta: Prenadamedia Group.
Marno dan Triyo Supriyanto, 2008. Manajemen Dan Kepemimpinan Pendidikan Islam, cet. 1. Bandung: Refika Aditama
Musthafa, Izzuddin, 2018. Metodologi Penelitian Bahasa Arab. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Ngalimun, 2017. Ilmu Komunikasi Sebuah Pengantar Praktis. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Otto, Beverly, 2015. Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia Dini. Jakarta: Prenadamedia Group.
Pekan Perkenalan Pondok Modern Darussalam Gontor, diambil dari Diktat Kuliah Umum dalam Pekan Perkenalan, disampaikan oleh Direktur KMI, K.H. Imam Zarkasyi sejak tahun 1939 dengan beberapa perbaikan dan tambahan dari tahun ke tahun.
Riyadh, Dr. Sa’ad, 2009. Anakku Cintailah Al Qur’an. Jakarta: Gema Insani.
Shihab, M. Quraish, 2002. Tafsir Al Misbah Volome 6. Jakarta: Lentera Hati.
Shihab, M. Quraish, 2017. Tafsir Al Misbah Volome 11. Ciputat: Lentera Hati.
Solichin, Abdul Wahab, 2008. Analisis Kebijakan Dari Formulasi Ke Implementasi Kebijakan Negara. Jakarta: Bumi Aksara.
Sudaryono, 2018. Metodologi Penelitian. Depok: Rajawali Pers.
Sujarweni, V Wiratna, 2014. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: PT. Pustaka Baru.
Susanti, Elvi, 2020. Keterampilan Berbicara. Depok: Rajawali Pers.
Sutanta, 2019. Belajar Mudah Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Thema Publishing.
Usman, Nurdin, 2002. Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum. Bandung: CV Sinar Baru.
Wa Muna, Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab, (Sleman Yogyakarta: Penerbit Teras, 2011), hlm 7.
Arya Dimas, 2020. Wawancara. Lampung: Staf Pembimbing Bahasa Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus 7.
Ashfa Fikriy Salsabilassyafi’e, 2020. Wawancara. Lampung: Staf Pembimbing Bahasa Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus 7.
Ayang Aji Putra, 2020. Wawancara. Lampung: Staf Pembimbing Bahasa Gontor Kampus 7.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).