Manajemen Pesantren dalam Menerapkan Bahasa Arab di Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus 7 Kalianda Lampung Selatan

Authors

  • Syaifudin Syaifudin UIN Raden Intan Lampung, Indonesia
  • Masykur Hasan Universitas Islam Negri Raden Intan Lampung, Indonesia
  • Ilzam Naufal Universitas Islam Negri Raden Intan Lampung, Indonesia
  • M Habib Ihsanudin Universitas Islam Negri Raden Intan Lampung, Indonesia
  • Azmi Abdillah Agustian Universitas Islam Negri Raden Intan Lampung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/im.v5i2.3004

Keywords:

Manajemen, Penerapan, Bahasa Arab

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) bagaimana manajemen pesantren dalam menerapkan bahasa Arab di Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus 7 Lampung Selatan; (2) apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam menerapkan bahasa Arab di Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus 7 Lampung Selatan. Dalam pengumpulan data, metode penelitian yang digunakan oleh penulis adalah dengan menggunakan pendekatan kualitatif untuk menghasilkan data deskriptif terkait penerapan bahasa Arab di Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus 7. Penulis menggunakan teknik pengumpulan data dengan melakukan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dan dalam pemeriksaan keabsahan data penulis menggunakan teknik triangulasi data. Adapun hasil temuan di lapangan dapat diketahui bahwa : (1) manajmen Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus 7 dalam menerapkan bahasa Arab sudah sangat baik berdasarkan hasil observasi yang dilakukan penulis. Hal tersebut dapat dilihat dari adanya perencanaan program kegiatan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan/pengendalian. Dalam pelaksanaannya menerapkan bahasa Arab, Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus 7 memiliki staf pembimbing bahasa yang bertanggung jawab dalam pengelolaan, pelaksanaan, maupun pengawasan terhadap jalannya kegiatan kebahasaan, semua elemen pondok bekerja keras dalam menerapkan bahasa Arab, baik kyai, guru-guru dan peserta didik. Metode yang digunakan di Gontor Kampus 7 dalam menerapakan adalah dengan pengarahan, pelatihan, penugasan, pembiasaan, pengawalan, uswatun hasanah.; (2) faktor pendukung dalam menerapkan bahasa Arab adalah adanya kegiatan bahasa, Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) yang dilakukan di dalam kelas menggunakan bahasa Arab, seluruh guru-guru selalu berusaha menjadi uswah hasanah dalam menerapkan bahasa Arab, adanya reward bagi santri yang memiliki bahasa baik dan punishment bagi santri pelanggar disiplin bahasa. Faktor penghambat dalam menerapkan bahasa Arab di Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus 7 adalah diperbolehkannya santri-santri baru untuk berbicara bahasa Indonesia selama 3 bulan pertama dalam rangka adaptasi menerapkan bahasa Arab dalam kehidupannya sehari-hari, kurangnya kesadaran santri-santri lama dalam memahami pentingnya bahasa Arab di dalam kehidupan mereka.

References

DAFTAR PUSTAKA

Abdurochman, 2017. Bahasa Arab dan Metode Pembelajarannya. Bandar Lampung: Aura CV. Anugrah Utama Raharja.

Asyrofi, Syamsuddin, 2019. Desain Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu Group.

Badudu dan Mohammad Zain, Sutan, 2010. Efektifitas Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Departemen Pendidikan Nasional, 2003. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.

Effendy, Onong Uchjana, 2018. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

El Widdah Minnah, dkk, 2019. Kepemimpinan Berbasis Nilai dan Pengembangan Mutu Madrasah. Bandung: Alfabeta.

Kementrian Agama RI, 2014. Al Qur’an dan Terjemahannya. Solo: PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.

Kompri, 2018. Manajemen & Kepemimpinan Pondok Pesantren. Jakarta: Prenadamedia Group.

Marno dan Triyo Supriyanto, 2008. Manajemen Dan Kepemimpinan Pendidikan Islam, cet. 1. Bandung: Refika Aditama

Musthafa, Izzuddin, 2018. Metodologi Penelitian Bahasa Arab. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ngalimun, 2017. Ilmu Komunikasi Sebuah Pengantar Praktis. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Otto, Beverly, 2015. Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia Dini. Jakarta: Prenadamedia Group.

Pekan Perkenalan Pondok Modern Darussalam Gontor, diambil dari Diktat Kuliah Umum dalam Pekan Perkenalan, disampaikan oleh Direktur KMI, K.H. Imam Zarkasyi sejak tahun 1939 dengan beberapa perbaikan dan tambahan dari tahun ke tahun.

Riyadh, Dr. Sa’ad, 2009. Anakku Cintailah Al Qur’an. Jakarta: Gema Insani.

Shihab, M. Quraish, 2002. Tafsir Al Misbah Volome 6. Jakarta: Lentera Hati.

Shihab, M. Quraish, 2017. Tafsir Al Misbah Volome 11. Ciputat: Lentera Hati.

Solichin, Abdul Wahab, 2008. Analisis Kebijakan Dari Formulasi Ke Implementasi Kebijakan Negara. Jakarta: Bumi Aksara.

Sudaryono, 2018. Metodologi Penelitian. Depok: Rajawali Pers.

Sujarweni, V Wiratna, 2014. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: PT. Pustaka Baru.

Susanti, Elvi, 2020. Keterampilan Berbicara. Depok: Rajawali Pers.

Sutanta, 2019. Belajar Mudah Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Thema Publishing.

Usman, Nurdin, 2002. Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum. Bandung: CV Sinar Baru.

Wa Muna, Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab, (Sleman Yogyakarta: Penerbit Teras, 2011), hlm 7.

Arya Dimas, 2020. Wawancara. Lampung: Staf Pembimbing Bahasa Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus 7.

Ashfa Fikriy Salsabilassyafi’e, 2020. Wawancara. Lampung: Staf Pembimbing Bahasa Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus 7.

Ayang Aji Putra, 2020. Wawancara. Lampung: Staf Pembimbing Bahasa Gontor Kampus 7.

Published

2022-07-26

How to Cite

Syaifudin, S., Hasan, M., Naufal, I., Ihsanudin, M. H., & Agustian, A. A. (2022). Manajemen Pesantren dalam Menerapkan Bahasa Arab di Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus 7 Kalianda Lampung Selatan. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(02). https://doi.org/10.30868/im.v5i2.3004

Citation Check

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.