ESENSI GURU DALAM VISI-MISI PENDIDIKAN MELALUI OPTIMALISASI MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER PADA PESERTA DIDIK

Authors

  • Saiful Falah Institut Ummul Quro Al-Islami Bogor, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/im.v4i01.1175

Abstract

Pendidikan di Indonesia melalui kurikulum 2013 memiliki core value karakter. Semua jenjang pendidikan dalam perencanaan dan prosesnya harus berorientasi pada mencetak manusia Indonesia yang berkarakter. Peran guru sebagai agen utama pendidikan sangat penting. Pendidikan karakter harus dimulai dari guru yang berkarakter.  Makalah ini membahas profil guru yang mampu mengoptimalkan manajemen pendidikan karakter pada peserta didik. Secara khusus model utama guru berkarakter adalah Nabi Muhamamd S.A.W. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif dengan metode library research. Data dianalisa dari bahan kepustakaan. Penelitian ini menemukan bahwa empat karakter utama Nabi Muhammad S.A.W. menjadi syarat mutlak yang harus dipenuhi seorang guru. Keberhasilan Nabi Muhammad menjalankan pendidikan karakter karena beliau menjadi contoh. Untuk mengoptimalkan manajemen pendidikan karakter pada peserta didik seorang guru harus cerdas/fathonah, jujur/shidiq, tanggungjawab/amanah dan komunikatif/tabligh.

References

Ali, Said Ismail. (2010). Pelopor Pendidikan Islam Paling Berpengaruh., Jakarta: Pustaka Al-Kautsar.

Antonio, Muhammad Syafii. (2015). Muhammad SAW the Super Leader Super Manager. Jakarta: ProLM Center & Tazkia Publishing.

Chatib, Munif. (2011). Gurunya Manusia. Bandung: Kaifa.

Hart, Michael H. (2005). 100 Tokoh Paling Berpengaruh Sepanjang Masa. Batam: Karisma.

Haekal, Muhammad Husain. (2009). Sejarah Hidup Muhammad. Jakarta: Litera AntarNusa.

Sarifudin. (2019). Implementasi Supervisi Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Kota Bogor. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 02(01).

Listyarti, Retno. (2012). Pendidikan Karakter dalam Metode Aktif, Inovatif dan Kreatif. Jakarta: Esensi Penerbit Erlangga.

John C. Maxwell. (2009). The 21 Indispensable Quality of Leader. Surabaya: MIC Publishing.

Maya, R. (2013). Esensi Guru dalam Visi-Misi Pendidikan Karakter. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 03(02).

Maspuroh. (2019). Implementasi Manajemen Pendidikan Model Pesantren dalam Mencetak Ulama Amiliin, Ulama Muttaqiin, dan Ulama Sholihin (penelitian di Pondok Pesantren Alintiqol Cianjur). Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 02(01).

Maulida, A. (2013). Konsep dan Desain Pendidikan Akhlak dalam Islamisasi Pribadi dan Masyarakat. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 02(04).

Megawangi, Ratna, Pendidikan Karakter, Indonesia Heritage Foundation, Depok: 2004.

Naim, Ngainun. (2012). Character Building. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Sauri, Sofyan. (2013). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Islam. Bandung: Rizki Press.

Saputra, T. (2013). Pendidikan Karakter padaAnak Usia 6-12 Tahun. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 03(02).

Syafri, Ulil Amri. (2012). Pendidikan Karakter Berbasis Al-Qur’an. Depok: PT RajaGrapindo Persada.

Wahidin, A. (2013). Pengembangan Pendidikan Karakter Berbasis Hadits. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 03(02).

Wahidin, U. (2013). Pendidikan Karakter Bagi Remaja. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 03(02).

Published

2021-01-28

How to Cite

Falah, S. (2021). ESENSI GURU DALAM VISI-MISI PENDIDIKAN MELALUI OPTIMALISASI MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER PADA PESERTA DIDIK. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(01), 1–14. https://doi.org/10.30868/im.v4i01.1175

Citation Check