MANAJEMEN STRATEGI PENGEMBANGAN PENDIDIKAN DAN DAKWAH UNTUK GENERASI MILENIAL

Authors

  • Hasan Basri Tanjung Fakultas Dakwah dan Komunikasi IUQI Bogor, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/im.v3i2.868

Abstract

Pendidikan merupakan sub sistem dari sistem kehidupan manusia yang sangat komprehensif dimulai aspek misi, visi, tujuan, kurikulum, pendidik, peserta didik, metode, strategi, sarana prasarana, dan aspek lainnya. Dalam manajemen pendidikan ada kegiatan dakwah dan dalam proses dakwah ada kegiatan manajemen pendidikan. Bahkan sebagian kalangan menganggap tidak perlu lagi memisahkan atau membedakan antara keduanya, karena baik konsep, metodologi dan tujuan memiliki kesamaan yakni memanusiakan manusia dan mengajak manusia ke jalan Allah SWT untuk menggapai kebahagiaan di dunia dan akhirat dengan metode dan proses yang telah diajarkan Rasulullah, maka program pendidikan dan dakwah diperlukan strategi dan pengembangannya. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah library research atau penelitian kepustakaan dari berbagai literatur yang relevan baik sumber al-Qur’an dan Hadits serta buku-buku kontemporer karya ahli pendidikan dan dakwah. Data yang terkumpul dianalisa menggunakan metode deskriptif analisis. Tulisan ini disimpulkan bahwa strategi dan etika dakwah yang harus dipegang teguh para Da’i di era milenial, antara lain: (1) Dakwah itu mengajak bukan menjebak, (2) merangkul bukan memukul, (3) membimbing bukan membanting, (4) meneduhkan bukan menggerahkan, (5) mendamaikan bukan meresahkan, (6) menghidupkan bukan mematikan, (7) menengahkan bukan menyudutkan, (8) memuji bukan mencaci, (9) mendidik bukan menghardik, dan (10) Dakwah itu ramah bukan marah. Semoga tulisan ini menambah semangat dakwah para Da’i dan Muballigh di era milenial yang terus berkembang mengikuti kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.

References

Ginanjar, M.H, Yasykur, Moch & Maya, Rahendra. (2019). Strategi Pembelajaran PAI dalam Meningkatkan Akhlak dan Kemandirian ABH (Studi Kasus DI LPKA Kelas 1 Tangerang). PENAMAS: Jurnal Penelitian Agama dan Masyarakat, 32, (2).

Hafidhuddin, Didin KH. (2000). Tafsir Al-Hijri. Ciputat: Logos Wacana Ilmu.

Ismail, Asep Usman. (2018). Leterasi Keagamaan, Dakwah Islam Rahmatan Lil’alamin, Jakarta: CSRC UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Murodi. (2013). Dakwah Islam dan Tantangan Masyarakat Qurasiy, Jakarta: Kencana.

Rizal, Syamsul. (2018). Akhlak Islami Perspektif Ulama Salaf. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 07 (01).

Wahidin, Ade. (2019). Manajemen Kurikulum Sekolah Islami Di Sekolah Dasar Islam Terpadu Unggulan Islami (SUIS) Bogor. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 01(02).

Sumber dari Buku

Nazir, Mohammad. (2003). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Abidin Ass, Djamaluddin. (1996). Komunikasi dan Bahasa Dakwah. Jakarta: Gema insani Press.

Al-Hazimy, Khalid Bin Hamid. (2000). Ushul al-Tarbiyah Al-Islmaiyah. Madinah: Daar ‘Alam al-Kutub.

Ar-Rifa’i, Muhammad Nasib. (1999). Ringkasan Tafsir Ibnu Katsir. Jakarta: Gema Insani Press, Jilid 2.

Arifin. H, M. (1994). Psikologi Dakwah Suatu Pengantar Studi. Jakarta: Bumi Aksara.

Asmuni, Jamal Ma’mur. (2011). Pendidikan karakter di Sekolah. Yogjakarta: Diva Press.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. (1995). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Faizah, & Lalu Muchsin Efendi. (2018). Psikologi Dakwah. Jakarta: Kencana.

Shihab, M. Quraish. (2011). Membumikan Al-Qur’an. Tangerang: Lentera Hati, Jilid 2, Cet. I.

Tanjung, Hasan Basri. (2018). Sekolah Anak Kita, Bunga Rampai Catatan Kebajikan III. Jakarta: Al-Mawardi Prima.

Tasmara, Toto. (1997). Komunikasi Dakwah. Jakarta: Gaya Media Pratama.

‘Ulwan, Muhammad Nasih. (1996). Tarbiyah Al-Awlad fi Al-Islam. Daar as-Salam.

Yakub, Ali Mustafa. (1997). Sejarah dan Metode Dakwah Nabi S.A.W. Jakarta: Pustaka Firdaus.

Yayasan Islah Bina Umat. (2011). Al-Qur’an dan Terjemahnya. Bogor: Penerbit Sabiq.

Published

2020-07-22

How to Cite

Tanjung, H. B. (2020). MANAJEMEN STRATEGI PENGEMBANGAN PENDIDIKAN DAN DAKWAH UNTUK GENERASI MILENIAL. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(02), 29–46. https://doi.org/10.30868/im.v3i2.868

Citation Check