100 Tahun Pendidikan Karakter dan Keteladanan KH Imam Zarkasyi di Pondok Modern Darussalam Gontor
DOI:
https://doi.org/10.30868/im.v7i01.5700Keywords:
Pesantren’s Education, Role Models, Centennial, Pesantren’s ManagementAbstract
Perilaku amoral terus melaju ibarat anak panah yang melesat dari busurnya, seolah tak terbendung bisa menancap kepada siapa saja, tak terkecuali anak-anak yang masih usia remaja. Pendidikan karakter dan keteladanan di pondok pesantren salah satu benteng pertahanan yang paling kokoh hingga saat ini. Penelitian menemukan bahwa pendidikan karakter dan keteladanan sudah melekat, identik, dan teruji ratusan tahun-cenennial-di beberapa pondok pesantren besar termasuk pondok modern Darussalam Gontor yang diorkestrai oleh KH Imam Zarkasi. Di mana ruh karakter dan keteladanan beliau masih terus hidup hingga kini. Spirit pendidikan karakter dan keteladanan banyak terinspirasi daru dua tokoh protagonis di dalam Al-Qur’an yang disematkan kepada keduanya term “uswatun hasanah†yaitu habibullah Muhammad ï·º dan khalilullah Ibrahim ‘alahissalam. Ujian dan cobaan yang dirasakan oleh kedua nabi protagonis dalam berdakwah juga dirasakan pahit-getirnya oleh KH Imam Zarkasyi yang melewati masa penjajahan Jepang, pemberontakan G-30 SPKI, dan gagasannya untuk menjadikan pendidikan pesantren sebagai pendidikan utama di Indonesia tidak diakomodir pemerintah saat itu.   Â
References
Abdurraziq, Ahmad. 2007. Tafsir Ath-Thabari Juz 21 (Terjemah). Jakarta: Pustaka Azzami.
Adisusilo, Sutarjo. 2012. Pembelajaran Nilai-Karakter: Konstruktivisme Dan VCT Sebagai Inovasi Pendekatan Pembelajaran Afektif,. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Adnan, Ahmad. 2010. Kamus Kecil 80% Kosakata Al-Qur’an (Terjemah). 1.0. Depok: Yayasan BISA.
Aisyah, Siti. 2016. Peranan Guru Akidah Akhlak Dalam Pembinaan Karakter Santri Di Pondok Pesantren Al-Washliyah Gading Tanjungbalai,. Medan: UIN Sumatera Utara.
Alabrasyi, Athiyah. 1966. ’Azhamat Al-Rasul Shalla Allah ’Alayh Wa Sallam. Kairo: Dar Alqolam.
Alqosimi, Muhammad Jamaluddin. 1924. Tafsir Al-Qasimi Al Musamma Mahasin Atta’wil, Juz 13. Beirut: Darul Fikri.
Andayani, Abdul Majid dan Dian. 2011. Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Arrifai, Muhammad Nasib. 1989. Taisiru Al-Aliyyul Qadir Li Ikhtishari Tafsir Ibnu Katsir, Terj., Drs. Syihabudin, M.A., Kemudahan Dari Allah Ringkasan Tafsir Ibnu Katsir,Jilid 3. Jakarta: Gema Insani Press.
Brown, Cecil H. 1989. “Naming the Days of the Week: A Cross-Language Study of Lexical Acculturation.†1989. https://www.journals.uchicago.edu/doi/pdf/10.1086/203782.
Bukhari, Imam. 2005. Al-Adab Al-Mufrod: Kumpulan Hadis-Hadis Akhlak (Terjemah). Edited by Yasir Maqosid. Jakarta: Pustaka Alkausar.
Chaplin, Jame P. 2011. Kamus Lengkap Psikologi (Terjemah Oleh: Kartini Kartono). Depok: PT Raja Grafindo Persada.
Dahlan, Ahmad Zaini. 2017. Almufrodat Fii Gharibil Qur’an Ar-Raghib Al-Ashfahani (Terjemah). I. Depok: Pustaka Khazanah Fawaid.
Hamka, Buya. n.d. Tafsir AlAzhar Jilid 9.
Hanafi, Muchlis M. 2019. Al-Qur’an Dan Terjemahannya Edisi Penyempurnaan. Jakarta: Lajnah Kemenag.
Hart, Michael H. 2016. 100 Tokoh Paling Berpengaruh Di Dunia Edisi Revisi. Edisi Revi. Jakarta: Mizan.
Ibnu Katsir, Al-Hafizh. 2004. “Tafsir Ibnu Katsir 8.2.Pdf.†Tafsir Ibnu Katsir.
M. Fuad Abdul Baqi. 1992. “Al-Mu’jam Al Mufahras Li Alfadz Al-Qur’an.†Al-Mu’jam Al Mufahras Li Alfaz Al-Qur’an.
Manzhur, Ibnu. 1119. “Lisanul Arab.â€
Maskur, Abu. 2020. “Kontekstualisasi Keteladanan Sosial Rasulullah Di Zaman Kiwari.†An-Nufus 2 (1): 39–57. https://doi.org/10.32534/annufus.v2i1.1650.
Media, Fokus. 2010. Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: Fokus Media.
Muclas Syamani, Hariyanto. 2011. Konsep Dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mustakim, Bagus. 2011. Pendidikan Karakter, Membangun Delapan Karakter Emas Menuju Indonesia Bermartabat. Yogyakarta: Samudra Biru.
Safi’i, Imam. 2018. “Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Dalam Biografi k.h. Imam Zarkasyi,†1–74.
Suyitno, Y. 2009. Tokoh-Tokoh Pendidikan Dunia (Dari Dunia Timur, Timur Tengah Dan Barat). Bandung: SPS UPI Bandung.
Syafii, Mustain. 2022. “Meneladani Dua Sosok Uswatun Hasanah Dalam Al-Qur’an.†2022. https://tebuireng.online/meneladani-dua-sosok-uswatun-hasanah-dalam-al-quran/.
Taklimudin, Taklimudin, and Febri Saputra. 2018. “Metode Keteladanan Pendidikan Islam Dalam Persfektif Quran.†BELAJEA: Jurnal Pendidikan Islam 3 (1): 1. https://doi.org/10.29240/bjpi.v3i1.383.
Takunas, Rusli. 2018. “Pemikiran Pendidikan Islam Kh . Imam Zarkasyi Rusli Takunas†1 (2).
Umar, Sulaiman ibn. 2018. الÙتوØات الإلهية Ø¨ØªÙˆØ¶ÙŠØ ØªÙسير الجلالين للدقائق الخÙية. لبنان.
Zarkasyi, Abdullah Syukri. 2005a. Gontor & Pembaharuan Pendidikan Pesantren. Perdana. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
———. 2005b. Gontor Dan Pembaharuan Pendidikan Pesantren,. Jakarta: Rajawali Press. PT. Raja Grafindo Persada.
Zarkasyi, Hamid Fahmy. 2016. KH. Imam Zarkasyi Dari Gontor Merintis Pesantren Modern. Edited by Hamid Fahmy Zarkasyi. Second. Ponorogo: UNIDA Gontor Press.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).