Implementasi Total Quality Management Berbasis Akhlakul Karimah dalam Peningkatan Kualitas Pendidikan di STAIN Mandailing Natal

Authors

  • Nuraini Nuraini Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Mandailing Natal

DOI:

https://doi.org/10.30868/im.v5i2.2737

Keywords:

Total Quality Management, Kualitas Pendidikan, Akhlakul Karimah

Abstract

Manajemen suatu organisasi merupakan pondasi pokok dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan, keberhasilan ataupun kegagalan suatu organisasi ditentukan oleh baik tidaknya tata kelola manajemen tersebut. Konsep Total Quality Management yang dikolaborasikan dengan nilai-nilai akhlakul karimah dalam pelaksanaannya merupakan inovasi perbaikan terus-menerus yang tidak hanya berfokus pada output tetapi juga pada proses. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi konsep Total Quality Management berbasis akhlakul karimah dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Metode penelitian kualitatif dengan metode deskriptif yaitu menelaah kemudian menggambarkan tentang keadaan yang menjadi obyek kajian. Analisis data dilakukan dengan mengumpulkan data yang didapatkan kemudian dideskripsikan untuk mendapatkan kesimpulan. Hasil penelitian disimpulkan bahwa Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Mandailing Natal masih berorientasi pada hasil bukan dengan proses sehingga diperlukan perbaikan secara berkesinambungan, hal inilah perlu diterapkan konsep Total Quality Management dimulai dari perencanaan, proses, evaluasi dan tindak lanjut sebagai upaya peningkatan kualitas pendidikan.

References

Ali, Agus, Agus Yosep Abduloh, Aan Hasanah, and Bambang Samsul Arifin. 2021. “PENDIDIKAN AKHLAK DAN KARAKTER SEBAGAI LANDASAN TEORI PENDIDIKAN KARAKTER BANGSA INDONESIA Agus.†HAWARI Jurnal Pendidikan Agama Dan Keagamaan Islam 2 (1).

Annisa, Ayu, and Pinkan Gyfend. 2021. “Manajemen Mutu Terpadu Dalam Pendidikan Islam.†Jurnal Syntax Transformation 2 (7). https://doi.org/10.46799/jst.v2i7.318.

ANWAR, SAIFUL. 2020. “IMPLEMENTASI TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) DALAM BISNIS PENDIDIKAN.†EDUKA : Jurnal Pendidikan, Hukum, Dan Bisnis 4 (2). https://doi.org/10.32493/eduka.v4i2.4263.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

B. Suryosubroto. 2004. Manajemen Pendidikan Di Sekolah. Jakarta: Rieneka Cipta.

Bafadhol, Ibrahim. 2017. “Pendidikan Akhlak Dalam Persfektif Islam.†Jurnal Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam 06 (12).

Budiman, Haris. 2017. “Peran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan.†Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 8 (1). https://doi.org/10.24042/atjpi.v8i1.2095.

Burhanuddin, Burhanuddin. 2020. “PERKEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM: MERESPON TANTANGAN GLOBALISASI.†Jurnal Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam & Pendidikan 7 (1): 21–32. https://doi.org/10.47435/al-qalam.v7i1.178.

Creswell, John. 2010. Metode Penelitian Kualitatif, Jenis, Karakteristik, Dan Keunggulannya. Jakarta.: Grasindo.

Fahruddin, Ahmad Afghor. 2020. “Implementasi Total Quality Management Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di MA Mamba’ul Hisan Sidayu Gresik.†JIEMAN: Journal of Islamic Educational Management 2 (1). https://doi.org/10.35719/jieman.v2i1.15.

Gultom, D. K, and M Arif. 2017. “Kontribusi Nilai-Nilai Islam Terhadap Kinerja Pegawai Melalui Kepemimpinan.†Jurnal Riset Sains Manajemen 1 (1).

Hadi, Sutrisno. 2004. Metodologi Research. Yogyakarta: Penerbit Andi, 2004.

Hafizhah, Zhahratul. 2021. “Inovasi Pendidikan Era Revolusi Industri 4.0.†Seri Publikasi Pembelajaran 1 (2): 22–23. https://www.researchgate.net/publication/351091193.

Hardiyati, Mikyal, and Umi Baroroh. 2019. “Pendidikan Perspektif Al-Quran (Studi Tafsir Tarbawi Karya Ahmad Munir).†Jurnal Penelitian 13 (1).

Hermanto Nst, Mulyadi. 2018. “MANAJEMEN MUTU TERPADU DALAM PENDIDIKAN ISLAM.†Al-Muaddib : Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial & Keislaman 3 (1). https://doi.org/10.31604/muaddib.v1i1.471.

Irawati, Eni, and Weppy Susetyo. 2017. “IMPLEMENTASI UNDANG-UNDANG NOMOR 20 TAHUN 2003 TENTANG SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL DI BLITAR.†Jurnal Supremasi 7 (1). https://doi.org/10.35457/supremasi.v7i1.374.

Kartini, E. 2019. “APLIKASI TOTAL QUALITY MANAGEMENT DALAM DUNIA PENDIDIKAN.†CENDIKIA.

Lexy J. Moleong. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Rake Sarasin. Bairut: Rosda Karya. https://scholar.google.com/citations?user=O-B3eJYAAAAJ&hl=en.

Lubis, Zulkifli, and Dewi Anggraeni. 2019. “Paradigma Pendidikan Agama Islam Di Era Globalisasi Menuju Pendidik Profesional.†Jurnal Online Studi Al-Qur’an 15 (1). https://doi.org/10.21009/jsq.015.1.07.

Mahmud, Akilah. 2019. “Ciri Dan Keistimewan Akhlak Dalam Islam.†Sulesana 13.

Meilia, Maya, and Murdiana Murdiana. 2019. “PENDIDIK HARUS MELEK KOMPETENSI DALAM MENGHADAPI PENDIDIKAN ABAD KE-21.†Al Amin: Jurnal Kajian Ilmu Dan Budaya Islam 2 (1). https://doi.org/10.36670/alamin.v2i1.19.

Miles Matthew B., A. Michael Huberman. 1992. Qualitative Data Analysis, Tjetjep Rohendi Rohidi (Terj.) Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru. Jakarta: UI Press.

Munir, Miftakhul. 2018. “Keberadaan Total Quality Management Dalam Lembaga Pendidikan (Antara Prinsip Implementasi Dan Pilar Tqm Dalam Pendidikan).†Jurnal Realita 16 (1).

Muslim, Moh., and Sururin. 2018. “Total Quality Management (TQM) Di Perguruan Tinggi.†Esensi 21 (2).

Mustofa, Ali, and Fitria Eka Kurniasari. 2020. “Konsep Akhlak Mahmudah Dan Madzmumah Perspektif Hafidz Hasan Al- Mas’Udi Dalam Kitab Taysir Al-Khallaq.†Ilmuna 2 (1).

Nawali, Ainna Khoiron. 2018. “HAKIKAT, NILAI-NILAI DAN STRATEGI PEMBENTUKAN KARAKTER (AKHLAK) DALAM ISLAM.†Jurnal Ilmiah Iqra’ 12 (1). https://doi.org/10.30984/jii.v12i1.885.

Nawawi, Muhammad Adlan, and Abd La’alang. 2020. “URGENSI PENINGKATAN MUTU DENGAN MENGGUNAKAN TOTAL QUALITY MANAJEMEN (TQM) DALAM PENDIDIKAN ISLAM DI ERA MILLENIAL.†Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam 2 (2). https://doi.org/10.36671/andragogi.v2i2.104.

Nguyen, Thi Le Ha, and Keisuke Nagase. 2019. “The Influence of Total Quality Management on Customer Satisfaction.†International Journal of Healthcare Management 12 (4). https://doi.org/10.1080/20479700.2019.1647378.

Pambreni, Yuni, Ali Khatibi, S. M. Ferdous Azam, and Jacquline Tham. 2019. “The Influence of Total Quality Management toward Organization Performance.†Management Science Letters 9 (9). https://doi.org/10.5267/j.msl.2019.5.011.

Sallis, Edward. 2012. Total Quality Management in Education. Jogjakarta: Ircisod.

Sandu Siyoto. 2015. Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.

Sarmono, Anne, Achmad Supriyanto, and Agus Timan. 2020. “PENERAPAN MANAJEMEN MUTU TERPADU PADA SISTEM PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN INTERNAL.†Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan 3 (1). https://doi.org/10.17977/um027v3i12020p38.

Septiadi, Wahyu. 2019. “Tinjauan Total Quality Management (TQM) Pada Lembaga Pendidikan Islam.†Nidhomul Haq : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 4 (1). https://doi.org/10.31538/ndh.v4i1.105.

Wahyudi, Tian. 2020. “Strategi Pendidikan Akhlak Bagi Generasi Muda Di Era Disrupsi.†TA’LIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam 3 (2).

Wathoni, Kharisul. 2021. “ALUMNI MENURUT PERSPEKTIF TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM).†MA’ALIM: Jurnal Pendidikan Islam 2 (01). https://doi.org/10.21154/maalim.v2i01.3036.

Ya’kub, Hamzah. 1996. Etika Islam Pembinaan Akhlakul Karimah. Cet. IV. Bandung: CV Diponegoro.

Yuniarti, Rina. 2021. “Peran Inovasi Dalam Total Quality Management Dan Kinerja Organisasi.†Pamator Journal 14 (2). https://doi.org/10.21107/pamator.v14i2.12024.

Zjulla, Nur. 2015. “IMPLEMENTASI TOTAL QUALITY MANAGEMENT SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN DI PERPUSTAKAAN PERGURUAN TINGGI.†LIBRARIA: Jurnal Perpustakaan 3 (1).

Published

2022-07-26

How to Cite

Nuraini, N. (2022). Implementasi Total Quality Management Berbasis Akhlakul Karimah dalam Peningkatan Kualitas Pendidikan di STAIN Mandailing Natal. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(02), 149–164. https://doi.org/10.30868/im.v5i2.2737

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.