Pengeloaan Kegiatan Ekstrakurikuler Keagamaan dalam Meningkatkan Akhlak Peserta Didik

Authors

  • Irvansyah Irvansyah STAI Al-Hidayah Bogor, Indonesia
  • M Hidayat Ginanjar STAI Al-Hidayah Bogor, Indonesia
  • Heriyansyah Heriyansyah STAI Al-Hidayah Bogor, Indonesia

Abstract

Penelitian ini ini diharapkan dapat menentukan penyelenggaraan ekstrakurikuler yang ketat dalam meningkatkan etika mahasiswa. Pendekatan eksplorasi menggunakan teknik subjektif. Strategi bermacam-macam informasi dibantu melalui persepsi, pertemuan, dan studi dokumentasi. Tempat pemeriksaan adalah SDN Empang 01 Kota Bogor. Penemuan dari investigasi ini antara lain: Penyusunan latihan ekstrakurikuler yang ketat ini menggabungkan beberapa penanda, khususnya: teknik pembelajaran, materi pembelajaran sesuai program pendidikan 2013 yang dijunjung oleh instruktur yang berkualifikasi di sekitar sana. Pergaulan dan macam-macam latihan ekstrakurikuler ketat di SDN Empang 02 berjalan efisien dan mengagumkan. Etika siswa di SDN Empang 02 Bogor dikenang dengan kelas etika yang baik, mematuhi aturan sekolah, saling menghargai, tentang pendidik, fokus dalam belajar, dan tidak terkait dengan kasus pidana. Unsur-unsur pendukung penyelenggaraan ekstrakurikuler meliputi; bantuan inisiatif, instruksi yang benar-benar kuat, kantor instruktif yang memadai, energi siswa dalam latihan ekstrakurikuler. Mengenai faktor-faktor penghambat termasuk; Masih ada siswa yang membutuhkan fiksasi dalam pembelajaran dan salah koordinasi dengan pejabat, variabel jawaban atas kekalahan yang menekan antara lain: sekolah secara konsisten memberikan inspirasi kepada siswa dan wali siswa tentang kelayakan latihan latihan, khususnya pada latihan ekstrakurikuler yang ketat selama terjangkit virus Corona. Pandemi dalam suatu usaha meningkatkan etika mahasiswa

References

Ahmadi, Wahid. (2004).Risalah Akhlak Pandena Perilaku Muslim Modern. Solo:Era Intermedia.

Akbar, Ali Navis. (2013). Hypnoteaching: Revolusi Gaya Mengajar Untuk Melejitkan Prestasi Siswa.Yogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Arif, M. (2018). Manajemen Kegiatan Ekstrakurikuler untuk Mengembangkan Minat Dan Bakat Siswa. Semarang:MA Al Khoiriyyah.

Anwar, Rosihin. (2010). Akhlak Tasawuf, Bandung: Pustaka Setia.

Bafadhol, Ibrahim (2017) Pendidikan Akhlak dalam Perspektif Islam, Jurnal Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam Vol.6 No.12.

Ginanjar, M.H & Nia Kurniawati. (2017). Pembelajaran Akidah Akhlak dan Korelasinya dengan meningkatkan Akhlak Al-Karimah Peserta Didik. Jurnal Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam Vol.06 No.12.

Giriwijoyo. (2013). Ilmu Faal Olahraga (Fisiologi Olahraga): Fungsi Tubuh Manusia pada Olahraga Untuk Kesehatan Dan Prestasi. Bandung: Remaja Rosdakar.XVI, No.1 2019.

Hasan, Said Hamid. (2010). Ilmu dan Aplikasi Pendidikan. Bandung:Imperial Bhakti Utama.

Haris, Abd. (2010). Etika hamka. Yogyakarta:Ikis Printing Cemerlang.

Hidayatullah, Furqon. (2010). Pendidikan karakter. Surakarta:Yuma pressido.

Insan, Sani Muhamadi dan Aan Hasanah. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter Peduli Sesama Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Relawan. Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol.

Khanifatul. (2014). Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Komalasari, Kokom. (2013). Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.

Lunenburg & Ornstein. (2012). Educational Administration conceps and practices.London:TLB House.

Maulida, Ali. (2014). Kurikulum Pendidikan Akhlak Keluarga dan Masyarakat dalam Hadist Nabawi, Jurnal Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam Vol.03 Juli 2014.

Marno & Triyo Supriyatno. (2013).Manajemen Dan Kepemimpinan Pendidikan Islam. Bandung:PT Refika Aditama.

Matin. (2015) Perencanaan Pendidikan: Perspektif Proses dan Teknik dalam Penyusunan Rencana Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Majid, Abdul. (2011). Perencanaan Pembelajaran; Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mufarokah, Annisatul. (2013). Strategi dan Model-Model Pembelajaran. Tulungagung: Tulungagung Press.

Nasharuddin. (2015). Akhlak (ciri manusia paripurna.Jakarta:Rajawali Pers.

Nugraha, Yogi dan Lusiana Rahmatiani. (2019). Faktor-faktor Pendukung Dan Penghambat Pelaksanaan Kegiatan Ekstakurikuler Dalam Pembinaan Karakter Disiplin Siswa. Jurnal moral kemasyarakatan, Vol 3, No 2.

Nasution, S. (2010). Didaktik Asas-asas Mengajar.Jakarta:Bumi Aksara.

Ratnawati. (2010). Aplikasi Quantum Learning, Jurnal Pendidikan IslamVol.XIV, No I.

Rizal, Syamsul. (2018). Akhlak Islami Perspektik ulama salaf, Jurnal Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam Vol.07/No.1.

Samsul ,Amin, Munir. (2016). Ilmu Akhlak. Jakarta: Amzah.

Sunaengsih, Cucun. (2017). Buku ajar pengelolaan pendidikan. Sumedang:UPI Sumedang press.

Slameto. (2010). Belajar Dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Syah, Muhibbin. (2010). Psikologi Belajar. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Sanjaya, Wina. (2010). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta:Pernada Media Group.

Taufik. (2015). Manajemen Kegiatan Ekstrakurikuler Berbasis Pengembangan Karakter Siswa pendidikan, volume 9 nomor 4.

Tim Dosen PAI. (2016). Bunga Rampai Penelitian Dalam Pendidikan Agama Islam. Yogyakarta:Deepublish.

Terry. George R. (2012). Prinsip-Prinsip Manajemen. Jakarta:Bumi Aksara.

Usman, Husaini. (2014). Manajemen: Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan.Jakarta:Bumi Aksara.

Wahjosumidjo. (2013). Kepemimpinan Kepala Sekolah. Depok:Rajagrafindo Persada.

Woro Sri dan Marzuki. (2016). Peran Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka Dalam Pembentukan Karakter Tanggung Jawab Peserta Didik di SMP Negeri 2 Windusari Magelang. Jurnal Pendidikan Karakter Tahun VI, Nomor 1, April 2016.

Yusuf, Ujang Andi. (2017). Manajemen Pendidikan Akhlak Menurut Abdullah Nashih Ulwan (Studi Kitab Tarbiyah Al-Aulad Fi Al-Islam). Jurnal edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam Vol.06 No.12.

Yustisia, N. (2012). Hypnoteaching Seni Mengeksplorasi Otak Peserta Didik. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Downloads

Published

2022-12-07

How to Cite

Irvansyah, I., Ginanjar, M. H., & Heriyansyah, H. (2022). Pengeloaan Kegiatan Ekstrakurikuler Keagamaan dalam Meningkatkan Akhlak Peserta Didik. Cendikia Muda Islam: Jurnal Ilmiah, 2(2), 237–252. Retrieved from https://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/cendikia/article/view/2986

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 > >>