Pengaruh Ekstrakurikuler Baca Tulis Qur’an Terhadap Hasil Belajar Kompetensi Dasar Membaca Al-Qur’an Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Siswa Tingkat SMP di Bogor

Authors

  • Lailatul Badriah STAI Al-Hidayah Bogor, Indonesia
  • Unang Wahidin STAI Al-Hidayah Bogor, Indonesia
  • Agus Sarifudin STAI Al-Hidayah Bogor, Indonesia

Abstract

Membaca Al-Qur’an sudah menjadi kewajiban bagi setiap muslim. Tidak semua orang bahkan mereka yang muslim dapat membaca Al-Qur’an. Diperlukan adanya sebuah dorongan motivasi agar terbentuk pribadi yang mencintai Al-Qur’an dengan salah satunya dapat membacanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ekstrakurikuler baca tulis Qur’an terhadap hasil belajar kompetensi dasar membaca Al-Qur’an siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pengumpulan data berupa observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Jumlah populasi dalam penelitian ini terdapat 113 siswa, dengan teknik sampling sebanyak 25% ditetapkan sampel sebnyak 28 siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya korelasi, yaitu r hitung lebih besar dari r tabel (0,652 > 0,374). Yang berarti bahwa Ha diterima dan H0 ditolak, dan berada dalam tingkatan hubungan kuat. Uji determinasi memberikan pengaruh sebesar 42,5%. Sedangkan uji signifikansi dengan derajat kebebasan (dk) dan taraf kesalahan , diperoleh t tabel 2,055. Karena t hitung lebih besar dari t tabel (4,386 > 2,055 ) artinya ada pengaruh yang signifikan antara ekstrakurikuler baca tulis Qur’an terhadap hasil belajar kompetensi dasar membaca Al-Qur’an

References

Jamal, Misbahuddin. (2011). Konsep Al-Islam Dalam Al-Qur’an. Jurnal Al Ulum, 11(2).

Nelidar. (2016). Model Pembelajaran Make a Match Dalam Penigkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam pada siswa Kelas VII C SMP Negeri 200 Jakarta. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 5(10): 1393.

Purba, Asnan dan Maturidi. (2019). Mendidik Anak Dalam Mencintai Al-Quran: Studi Kasus Di Tpa Darussalam Al-Hamidiyah Bogor. Edikasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2).

Rahmawati. (2017). Strategi Pembelajaran Membaca Dan Menulis Permulaan Melalui Media Kata Bergambar. Jurnal SAP. 1(3): 259.

Sudiran, dkk. (2015). Kegiatan Ekstrakurikuler Pendidikan Agama Islam Di Smk Penerbangan Techno Terapan Makassar. Jurnal Diskursus Islam. 3(3).

Wahidin, Unang. (2012). Budaya Gemar Membaca Sejak Usia Dini. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1): 11.

Hasil Penelitian

Mustafidah, Imroatul. (2016). Korelasi Antara Kemampuan Membaca Al-Qur’an dengan hasil belajar mata pelajaran al-qur’an hadits siswa Kelas VII MI NU 65 Gebangnom Rowosari Kendal. Skripsi.

Rosifat, Agus. (2014). Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca Al Qur’an Melalui Ekstrakurikuler Btq Pada Siswa Kelas Xiidi Ma Unggulan Tlasih Tulangan Sidoarjo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas llmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Buku

Arikunto, Suharsimi. (2011). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Jalil, Jasman. (2018). Pendidikan Karakter: Implementasi Oleh Guru, Kurikulum, Pemerintah dan Sumber Daya Pendidikan. Sukabumi: CV Jejak.

Mentari, Eca Gesang et all. (2019). Manajemen Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini Dilengkapi dengan Manajemen Perpustakaan dan Eksrakurikuler. Desa Pustaka Indonesia

Saebani, Beni Ahmad dan Hasan Basri. (2016). Ilmu Pendidikan Islam Jilid II. Bandung: CV Pustaka Setia.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.

Website

Muhammad Iqbal Ahmad Ghazali. (2010). Keutamaan Membaca dan Menghafal Alquran. IsalamHouse.com. h. 2. Diakses dari https://d1.islamhouse.com/data/id/ih_articles/single/id_keutamaan_membaca_dan_menghafal_al_Quran.pdf

Downloads

Published

2022-12-07

How to Cite

Badriah, L., Wahidin, U., & Sarifudin, A. (2022). Pengaruh Ekstrakurikuler Baca Tulis Qur’an Terhadap Hasil Belajar Kompetensi Dasar Membaca Al-Qur’an Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Siswa Tingkat SMP di Bogor. Cendikia Muda Islam: Jurnal Ilmiah, 2(2), 225–236. Retrieved from https://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/cendikia/article/view/2985

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2