Pengaruh Pengajian Rutin Sekolah Terhadap Karakter Religius Siswa Kelas XI Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Plus Qurrota A’yun Samarang Garut

Authors

  • Irpan Taopik Ramdani STAI Al-Hidayah Bogor, Indonesia
  • Rahendra Maya STAI Al-Hidayah Bogor, Indonesia
  • Agus Sarifudin STAI Al-Hidayah Bogor, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/cendikia.v3i02.4745

Keywords:

Pengajian Rutin, Sekolah, Religious Siswa

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai pengaruh pengajian rutin sekolah dengan karakter religius siswa, tempatnya dilaksanakan di SMK Plus Qurota A’yun Samarang Kabupaten Garut. Penelitian ini didorong oleh penurunan ketertarikan peserta didik untuk mempelajari pengetahuan agama Islam. ditambah dengan sedikitnya jam pelajaran Pendidikan Agama Islam disekolah, sehingga menurunya kualitas karakter religiusitas siswa. Secara umum penelitian ini meliki tujuan untuk mengkaji apakah ada pengaruh pengajian rutin sekolah pada karakter religius siswa di SMK Plus Qurrota A’yun Samarang Garut pada tahun 2022. Metode yang digunakan adalah perhitungan secara kuantitatif, cara pengumpulan datanya adalah dokumentasi, observasi dan sampel angket sebanyak 55 orang dari 144 siswa. Setelah dilaksanakannya penelitian ini membuktikan adanya hasil, bahwa keadaan korelasi antara pengajian rutin sekolah x terhadap karakter religius siswa y disebutkan t hitung = 14.414 > 0.67915= t tabel, pada Sig. = 0,000< 0,05 (5%), jadi   ditolak dan  diterima, hasilnya menunjukan adanya pengaruh

References

Ainissyifa, H. (2017). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Pendidikan.

Budi Heriyanto, Agus Sarifuddin, Herman, Ali Maulida, Abdul Jabar. (2022). Metode Rasulullah Dalam Mendidik Anak: Studi Hadits Sammillah Wakul Biyaminik Wa Mimma Yalik (Ucapkan Bismillah Dan Makan Menggunakan Tangan Kanan Dan Memakan Makanan Yang Ada Disekitar). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(03): 820.

Harti, J. (2021). Fungsi Sosial Pengajian Rutin. 6.

Herdayati, S.Pd., M.Pd.I. dan Syahrial, S. T. I. (2019). Desain Penelitian Dan Teknik Pengumpulan Data Dalam Penelitian. 9–25.

Herman, Hery Saparjan Mursi, Ahmad Khoirul Anam, Ahmad Hasan, Ade Naelul Huda. (2023). Relevansi Dekadensi Moral Terhadap Degradasi Lingkungan. Al-Tadabbur: Jurnal Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, 8(01): 82.

Karakt, M., Bangsa, E. R., Pack, P. D. F., Karakt, P., Karakt, P., & Ahamad, P.

Kumlasari, B. (2019). Pengertian dakwah. Pengertian Dakwah, Tinjauan Semantik dan Terminologis, 1–5.

Magdalena, R., & Angela Krisanti, M. (2019). Analisis Penyebab dan Solusi Rekonsiliasi Finished Goods Menggunakan Hipotesis Statistik dengan Metode Pengujian Independent Sample T-Test di PT.Merck, Tbk. Jurnal Tekno, 16(2), 35–48.

Nashori, Fuad, and R. D. M. (2014). Pengertian Religiusitas.

Sodik, M., Sahal, Y. F. D., & Herlina, N. H. (2019). Pengaruh Kinerja Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Alquran Hadis. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(1), 97.

Su’adah, U. S. (2021). Pendidikan Karakter Religius (Strategi Tepat Pendidikan Agama Islm dengan Optimalisasi Masjid).

Suardi, Nursalam, & K, H. (2020). Penguatan Pendidikan Karakter -Google Books

Susilana, R. (2015). Modul Populasi dan Sampel. Modul Praktikum, 3–4.

Syafe’i. (2015). Tujuan Pendidikan Islam.

Zaki, N. A. (2022). Skrifsi Pengaruh Program Keagamaan Tasbih (Ta’allum, Istighotsah Dan Bimbingan Hati) Terhadap Akhlak Siswa Di Smk Garut Selatan

Bahasa, B. P. dan P. (n.d.). KBBI Daring.

Ulum, M. (2018). Pembentukan Karakter Siswa Melalui Pendidikan Berbasis Pondok Pesantren. In Journal Evaluasi (Vol. 2, Issue 2, p. 382).

Downloads

Published

2023-06-21

How to Cite

Ramdani, I. T., Maya, R., & Sarifudin, A. (2023). Pengaruh Pengajian Rutin Sekolah Terhadap Karakter Religius Siswa Kelas XI Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Plus Qurrota A’yun Samarang Garut. Cendikia Muda Islam: Jurnal Ilmiah, 3(02). https://doi.org/10.30868/cendikia.v3i02.4745

Citation Check