ANALISIS PENGARUH PENERAPAN KONSEP ISLAM PADA AKAD BA’I, KUALITAS PRODUK, DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN (STUDI PADA USAHA MOSLEM HOUSE KOTA SUKABUMI)

Authors

  • Agustin Windianingsih Universitas Islam Jakarta, Indonesia
  • M. Wawang Darmawan Universitas Islam Jakarta, Indonesia
  • Rivia Hisanah Universitas Islam Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ad.v6i02.3040

Keywords:

Akad Ba’i, Kualitas Produk, Promosi, Keputusan Pembelian Konsumen, Busana Muslim

Abstract

Pemasaran merupakan segala sesuatu yang ditawarkan produsen kepada konsumen untuk dibeli, digunakan atau dikonsumsi oleh konsumen sebagai pemenuhan kebutuhan atau keinginan pasar yang bersangkutan, sedangkan pemasaran Syariah adalah strategi usaha secara syariat Islam meliputi seluruh proses, menciptakan, menawarkan, pertukaran nilai, dari seorang produsen yang sesuai dengan ajaran Islam.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Akad Ba’i, Kualitas Produk, dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Moslem House Kota Sukabumi untuk membeli busana muslim. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif Regresi dengan support SPSS, dengan penarikan sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 responden dengan metode NonProbability Sampling dengan Sampling Insidental / Accidental Sampling. Nilai Adjusted R Square (koefisien determinasi) sebesar 0,653 yang artinya pengaruh variabel independen atau variabel bebas (X) terhadap variabel dependen atau variabel terikat (Y) sebesar 65,3% sisanya sebesar 34,7%. Hasil yang di peroleh dari penelitian ini yaitu secara simultan Akad Ba’i, Kualitas Produk, dan Promosi berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Moslem House Kota Sukabumi. Secara parsial Akad Ba’i tidak berpengaruh signifikan positif terhadap keputusan pembelian konsumen pada Moslem House Kota Sukabumi. Sedangkan Kualitas Produk dan Promosi berpengaruh signifikan positif terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Moslem House Kota Sukabumi.

References

Akhmad Farroh Hasan. (2018). Fiqh Muammalah dari Klasik hingga Kontemporer (Teori dan Praktek). Research Repository UIN Maulana Malik Ibrahim, 2, 226. http://repository.uin-malang.ac.id/4531/1/fiqh muammalah FULL.pdf

Daga Rosnaini. (2019). Buku 1, Citra,Kualitas Produk dan Kepuasan Pelanggan (Issue May 2017).

Izzah, N. A. (2019). Praktek Ba’I As-Salam Dalam Transaksi Jual Beli Online (Studi Pada Konsumen Makassar Dagang). Skripsi.

Jamaluddin, J. (2017). Konsep Dasar Muamalah & Etika Jual Beli (al-Ba’i) Perspektif Islam. Jurnal Pemikiran Keislaman, 28(2), 289–316. https://doi.org/10.33367/tribakti.v28i2.485

Kurniawan, D. A., & Abidin, M. Z. (2018). Pengantar Pemasaran Islam Konsep, Etika, Strategi dan Implementasi.

Listrik, J., Dalam, I., Akad, P., & Muthlaq, B. A. I. (2020). Muhammad Iqbal & Imam Mirzan Ramadhani Sistem Proteksi Kerugian Terhadap Konsumen. 2, 61–88.

Muhidin Riski. (2017). Strategi Pemasaran Terhadap Persaingan Usaha Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Pada Kerajinan Songket Fikri Palembang).

Mujiburrahman, K. (n.d.). PERSPEKTIF FIKIH ISLAM Yefi Juliarizka and Mujiburrahman.

Pengaruh Kualitas Produk, Etika Bisnis Islam, dan Pemasaran Terhadap Loyalitas Konsumen (Studi Kasus : Coffeeshop Koffiekopi Jambi) The Effect of Product Quality, Islamic Business Ethics, and Marketing on Consumer Loyalty (Case Study: Coffeeshop Koffiekopi Jambi). (n.d.).

Pengaruh PMA, PMDN, TK, dan I. (2020). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Melalui Keputusan Pembelian Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Butik Umah Batik Kabupaten. Bener Meriah Provinsi. Aceh) 2507(February), 1–9.

Shim, H., Shin, N., Stern, A., Aharon, S., Binyamin, T., Karmi, A., Rotem, D., Etgar, L., Porath, D., Pradhan, B., Kumar, G. S., Sain, S., Dalui, A., Ghorai, U. K., Pradhan, S. K., Acharya, S., Quan, L. N., Rand, B. P., Friend, R. H., … Gmbh, Z. (2018). Pengaruh Brand Image, Brand Trust, Promosi dan Word Of Mouth Terhadap Proses Keputusan Pembelian Pada Konsumen Toko Online Muslimarket.com di Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. Advanced Optical Materials, 10(1), 1–9. https://doi.org/10.1103/PhysRevB.101.089902%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.nantod.2015.04.009%0Ahttp://dx.doi.org/10.1038/s41467-018-05514-9%0Ahttp://dx.doi.org/10.1038/s41467-019-13856-1%0Ahttp://dx.doi.org/10.1038/s41467-020-14365-2%0Ahttp://dx.doi.org/1

Susanti, H. D., Arfamaini, R., Sylvia, M., Vianne, A., D, Y. H., D, H. L., Muslimah, M. muslimah, Saletti-cuesta, L., Abraham, C., Sheeran, P., Adiyoso, W., Wilopo, W., Brossard, D., Wood, W., Cialdini, R., Groves, R. M., Chan, D. K. C., Zhang, C. Q., Josefsson, K. W., … Aryanta, I. R. (2017). Pengaruh Strategi Pemasaran Berbasis Syariah Terhadap Minat Konsumen Untuk Membeli Produk Pada Zoya Palembang. Jurnal Keperawatan. Universitas Muhammadya Malang, 4(1), 724–732. https://pesquisa.bvsalud.org/portal/resource/en/mdl-20203177951%0Ahttp://dx.doi.org/10.1038/s41562-020-0887-9%0Ahttp://dx.doi.org/10.1038/s41562-020-0884-z%0Ahttps://doi.org/10.1080/13669877.2020.1758193%0Ahttp://sersc.org/journals/index.php/IJAST/article

Ulumiyyah, L. (2021). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan, Promosi, Lokasi, Harga, dan Etika Bisnis Islam Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pada Konsumen KAOSAN Kaos Santri Nusantara).

Windianingsih, A., & Santoso, R. (2021). Study Of Entrepreneurship Use of Zakat as an Effort to Increase Empowerment Community Economy: Study on Indonesian Zakat Initiatives, DKI Jakarta. International Journal of …, 1(3), 340–348. https://cvodis.com/ijembis/index.php/ijembis/article/view/39

Yunus, M., Hamdani, F. F. R. S., & Shofia, G. K. (2018). Tinjauan Fikih Muamalah Terhadap Akad Jual Beli Dalam Transaksi Online Pada Aplikasi Go-Food. Amwaluna: Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Syariah, 2(1), 135–146. https://doi.org/10.29313/amwaluna.v2i1.3363.

Published

2022-10-10

How to Cite

Windianingsih, A., Darmawan, M. W., & Hisanah, R. (2022). ANALISIS PENGARUH PENERAPAN KONSEP ISLAM PADA AKAD BA’I, KUALITAS PRODUK, DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN (STUDI PADA USAHA MOSLEM HOUSE KOTA SUKABUMI). Ad-Deenar: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 6(02). https://doi.org/10.30868/ad.v6i02.3040

Citation Check

Similar Articles

<< < 3 4 5 6 7 8 

You may also start an advanced similarity search for this article.