ANALISIS PENGARUH PENERAPAN KONSEP ISLAM PADA AKAD BA’I, KUALITAS PRODUK, DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN (STUDI PADA USAHA MOSLEM HOUSE KOTA SUKABUMI)
DOI:
https://doi.org/10.30868/ad.v6i02.3040Keywords:
Akad Ba’i, Kualitas Produk, Promosi, Keputusan Pembelian Konsumen, Busana MuslimAbstract
Pemasaran merupakan segala sesuatu yang ditawarkan produsen kepada konsumen untuk dibeli, digunakan atau dikonsumsi oleh konsumen sebagai pemenuhan kebutuhan atau keinginan pasar yang bersangkutan, sedangkan pemasaran Syariah adalah strategi usaha secara syariat Islam meliputi seluruh proses, menciptakan, menawarkan, pertukaran nilai, dari seorang produsen yang sesuai dengan ajaran Islam.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Akad Ba’i, Kualitas Produk, dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Moslem House Kota Sukabumi untuk membeli busana muslim. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif Regresi dengan support SPSS, dengan penarikan sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 responden dengan metode NonProbability Sampling dengan Sampling Insidental / Accidental Sampling. Nilai Adjusted R Square (koefisien determinasi) sebesar 0,653 yang artinya pengaruh variabel independen atau variabel bebas (X) terhadap variabel dependen atau variabel terikat (Y) sebesar 65,3% sisanya sebesar 34,7%. Hasil yang di peroleh dari penelitian ini yaitu secara simultan Akad Ba’i, Kualitas Produk, dan Promosi berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Moslem House Kota Sukabumi. Secara parsial Akad Ba’i tidak berpengaruh signifikan positif terhadap keputusan pembelian konsumen pada Moslem House Kota Sukabumi. Sedangkan Kualitas Produk dan Promosi berpengaruh signifikan positif terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Moslem House Kota Sukabumi.
References
Akhmad Farroh Hasan. (2018). Fiqh Muammalah dari Klasik hingga Kontemporer (Teori dan Praktek). Research Repository UIN Maulana Malik Ibrahim, 2, 226. http://repository.uin-malang.ac.id/4531/1/fiqh muammalah FULL.pdf
Daga Rosnaini. (2019). Buku 1, Citra,Kualitas Produk dan Kepuasan Pelanggan (Issue May 2017).
Izzah, N. A. (2019). Praktek Ba’I As-Salam Dalam Transaksi Jual Beli Online (Studi Pada Konsumen Makassar Dagang). Skripsi.
Jamaluddin, J. (2017). Konsep Dasar Muamalah & Etika Jual Beli (al-Ba’i) Perspektif Islam. Jurnal Pemikiran Keislaman, 28(2), 289–316. https://doi.org/10.33367/tribakti.v28i2.485
Kurniawan, D. A., & Abidin, M. Z. (2018). Pengantar Pemasaran Islam Konsep, Etika, Strategi dan Implementasi.
Listrik, J., Dalam, I., Akad, P., & Muthlaq, B. A. I. (2020). Muhammad Iqbal & Imam Mirzan Ramadhani Sistem Proteksi Kerugian Terhadap Konsumen. 2, 61–88.
Muhidin Riski. (2017). Strategi Pemasaran Terhadap Persaingan Usaha Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Pada Kerajinan Songket Fikri Palembang).
Mujiburrahman, K. (n.d.). PERSPEKTIF FIKIH ISLAM Yefi Juliarizka and Mujiburrahman.
Pengaruh Kualitas Produk, Etika Bisnis Islam, dan Pemasaran Terhadap Loyalitas Konsumen (Studi Kasus : Coffeeshop Koffiekopi Jambi) The Effect of Product Quality, Islamic Business Ethics, and Marketing on Consumer Loyalty (Case Study: Coffeeshop Koffiekopi Jambi). (n.d.).
Pengaruh PMA, PMDN, TK, dan I. (2020). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Melalui Keputusan Pembelian Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Butik Umah Batik Kabupaten. Bener Meriah Provinsi. Aceh) 2507(February), 1–9.
Shim, H., Shin, N., Stern, A., Aharon, S., Binyamin, T., Karmi, A., Rotem, D., Etgar, L., Porath, D., Pradhan, B., Kumar, G. S., Sain, S., Dalui, A., Ghorai, U. K., Pradhan, S. K., Acharya, S., Quan, L. N., Rand, B. P., Friend, R. H., … Gmbh, Z. (2018). Pengaruh Brand Image, Brand Trust, Promosi dan Word Of Mouth Terhadap Proses Keputusan Pembelian Pada Konsumen Toko Online Muslimarket.com di Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. Advanced Optical Materials, 10(1), 1–9. https://doi.org/10.1103/PhysRevB.101.089902%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.nantod.2015.04.009%0Ahttp://dx.doi.org/10.1038/s41467-018-05514-9%0Ahttp://dx.doi.org/10.1038/s41467-019-13856-1%0Ahttp://dx.doi.org/10.1038/s41467-020-14365-2%0Ahttp://dx.doi.org/1
Susanti, H. D., Arfamaini, R., Sylvia, M., Vianne, A., D, Y. H., D, H. L., Muslimah, M. muslimah, Saletti-cuesta, L., Abraham, C., Sheeran, P., Adiyoso, W., Wilopo, W., Brossard, D., Wood, W., Cialdini, R., Groves, R. M., Chan, D. K. C., Zhang, C. Q., Josefsson, K. W., … Aryanta, I. R. (2017). Pengaruh Strategi Pemasaran Berbasis Syariah Terhadap Minat Konsumen Untuk Membeli Produk Pada Zoya Palembang. Jurnal Keperawatan. Universitas Muhammadya Malang, 4(1), 724–732. https://pesquisa.bvsalud.org/portal/resource/en/mdl-20203177951%0Ahttp://dx.doi.org/10.1038/s41562-020-0887-9%0Ahttp://dx.doi.org/10.1038/s41562-020-0884-z%0Ahttps://doi.org/10.1080/13669877.2020.1758193%0Ahttp://sersc.org/journals/index.php/IJAST/article
Ulumiyyah, L. (2021). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan, Promosi, Lokasi, Harga, dan Etika Bisnis Islam Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pada Konsumen KAOSAN Kaos Santri Nusantara).
Windianingsih, A., & Santoso, R. (2021). Study Of Entrepreneurship Use of Zakat as an Effort to Increase Empowerment Community Economy: Study on Indonesian Zakat Initiatives, DKI Jakarta. International Journal of …, 1(3), 340–348. https://cvodis.com/ijembis/index.php/ijembis/article/view/39
Yunus, M., Hamdani, F. F. R. S., & Shofia, G. K. (2018). Tinjauan Fikih Muamalah Terhadap Akad Jual Beli Dalam Transaksi Online Pada Aplikasi Go-Food. Amwaluna: Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Syariah, 2(1), 135–146. https://doi.org/10.29313/amwaluna.v2i1.3363.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).