E-Commerce Dan Tanggung Jawab Sosial: Merangkul Sustainability Business Dalam Etika Bisnis Islam (Studi Multisitus Pada Zaidan Mall Dan Delfybroscantik)

Authors

  • Ryantina Julia Viva UIN Sayyid Ali Rahmatullah, Indonesia
  • Mashudi Mashudi UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Indonesia
  • Qomarul Huda UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ad.v7i02.4619

Abstract

Seiring perkembangan zaman jual beli banyak dilakukan pada platform e-commerce, maka dari itu menjadi peluang bagi penjual dalam memasarkan produknya. Penggunaan platform e-commerce seperti Shopee dan tiktok menjadi strategi agara bisnis bekerlanjutan. Namun pada realitanya banyak ditemui penjual yang tidak beretika dalam melakukan transaksi jual beli dan merugikan salah. satau pihak. Maka dari itu tujuan penulisan ini yakni untuk menganalisis dan mengkaji pemasaran pada e-commerce dan tanggung jawab sosial dengan merangkul sustainability business dalam paradigma bisnis Islam. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan analisis multisitus. Pengumpulan data dilakukan dengan metode pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini yakni  pengunaan e-commerce pada Zaidan Mall belum sesuai dengan prinsip etika bisnis Islam seperti sidiq, amanah, fathanah dan tabligh pada unsur produk dan proses. Keberlanjutan bisnis pada planet juga belum diterapkan pada Zaidan Mall. Sedangkan bisnis Delfybroscantik penggunaan e-commerce dan sustainability business seluruhnya sesuai etika bisnis Islam

 

References

Azizah, M. (2020). Penerapan Etika Bisnis Islam Dalam Transaksi Jual Beli Daring Di Toko Online Shopee. Humani (Hukum Dan Masyarakat Madani), 10, 87.

Azkiya, V. (2022). 10 E-Commerce dengan Pengunjung Terbanyak Kuartal I 2022. Retrieved from Katadata website: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/07/19/10-e-commerce-dengan-pengunjung-terbanyak-kuartal-i-2022

Daryanto. (2011). Manajemen Pemasaran. Bandung: Satu Nusa.

Djakfar, M. (2012). Etika Bisnis Menangkap Spirit Ajaran Langit dan Pesan Moral Ajaran Bumi. Jakarta: Penebar Plus.

Elkington, J. (2018). 25 years ago I coined the phrase “triple bottom line.†Here’s why it’s time to rethink it. London: Harvard Business Review.

Isnaini, N. (2022). Konsep Pembentukan Islamic Branding Tinjauan Etika Bisnis Islamâ€, Jurnal Ekonomika Dan Bisnis Islam. Jurnal Ekonomika Dan Bisnis Islam, 5, 142.

Kotler, P. (2016). Marketing Management. London: Pearson Education.

Kotler, P. & G. A. (2012a). Manajemen Pemasaran, alih bahasa Bob Sabran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P. & G. A. (2012b). Principles Of Marketing, Edisi 14. New Jersey: Prentice-Hall Published.

Kurniaty, Y. (2019). Urgensi Etika Bisnis Islam Bagi Penjual Onlineshop Dalam E-Commerce. Justicia Islamica, 16 No. 12, 288.

Laksana, D. A. D. D. (2018). Pengaruh Digital Marketing terhdap Organizational Performance Dengan intellectual capital Dan perceived Quality Sebagai Variabel Intervening Pada Industri Hotel Bintang Empat Di Jawa Timur. Jurnal Manajemen Pemasaran, 12, 13.

Laudon, K. C. and C. G. (2014). , E-Commerce: Business, Technology & Society 10th edition. New Jersey: Pearson Education.

Ledista, I. N. S. L. (2022). Gharar Dan Maysir Dalam Transaksi Ekonomi Islam. Izdihar: Jurnal Ekonomi Syariah, 2, 32.

Lubis, M. A. (2022). Strategi Omnichannel Marketing & Keberlanjutan Bisnis Ecommerce Melalui Karakter Dan Mindset UMKM selama pandemi COVID-19 di Kota Medan. 17, Nomor, 113.

Mayanti, Y. & R. P. K. D. (2021). Tanggung Jawab Sosial Perusahaan dalam Bisnis Islamâ€, Journal of Applied Islamic Economics and Finance. Journal of Applied Islamic Economics and Finance, 1, 3.

Muslimin, S. (2020). Konsep Penetapan Harga Dalam Perspektif Islam. Al-Azhar Journal Of Islamic Economics, 2(1), 10.

Onny Siagian, Ade. (2021). Strategi Pemasaran E-Commerce Bagi Umkm Indonesia Untuk Meningkatkan Perekonomian Indonesia. In Nomor 1 Edisi Februari (Vol. 6).

Prihatta, H. S. (2018). Pemasaran Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Maliyah: Jurnal Hukum Bisnis Islam, 8(1), 107.

Purwanti, N. D. A. (2021). Penerapan Etika Bisnis Islam Dalam Transaksi E-Commerce (Studi Pada Penjual Pengguna Media Sosial Instagram). Al-Mujaddid | Jurnal Ilmu-Ilmu Agama, 3, 67–69.

Putri, N. A. R., & Iriani, S. S. (2019). Faktor-Faktor yang Memengaruhi Keputusan Pembelian Melalui E-Commerce Shopee. Jurnal Komunika : Jurnal Komunikasi, Media Dan Informatika, 8(2), 69. https://doi.org/10.31504/komunika.v8i2.2391

Rahmawati, T. N. (2023). Penerapan Etika Bisnis Islam Dalam Transaksi Jual Beli di Pasar Tradisional: Studi Kasus Pasar Leuwiliang. Jurnal Kajian Islam Dan Bisnis Islam, 4, 902.

Rayhan, W. A. dan A. F. (2023). Pengaruh Kemudahan Transaksi, Keamanan Transaksi, Dan Kualitas Pelayanan Pelanggan Terhadap Keputusan Pembelian Online Di Shopee (Studi Kasus Pada Mahasiswa Manajemen Universitas Potensi Utama. MAKREJU: Manajemen Kreatif, 1 No. 1, 181.

Septiana, E., & Widayani, S. 1 A. (2020). Marketplace Shopee Sebagai Media Promosi Penjualan Umkm di Kota Blitar. In Jurnal Pemasaran Kompetitif (Vol. 4). Retrieved from http://www.openjournal.unpam.ac.id/index.php/JPK

Septiani, L. (2023). Benarkah Tik Tok Shop Kalahkan Shopee, Lazada Dan Tokopedia. Retrieved from Katadata website: https://katadata.co.id/desysetyowati/digital/63c8ef9aae896/benarkah-tiktok-shop-kalahkan-shopee-lazada-dan-tokopedia

Shiratina, A., Indika, D. R., Komariyah, I., Kania, D., & Solihin, E. H. (2020). Pemasaran Online Melalui Penerapan Iklan Secara Digital. Jurnal Sain Manajemen, 2(1), 16–17. Retrieved from http://ejurnal.ars.ac.id/index.php/jsm/index

Sigit, T. H. (2012). Etika Bisnis Modern: Pendekatan Pemangku Kepentingan. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Stai-Yaptip, M. L., & Barat, P. (2019). Strategi Pemasaran Dalam Prespektif Islam. In Jurnal At-Tasyri’iy (Vol. 2).

Suherlan, C. A. S. (2023). Penerapan Etika Pemasaran Bisnis Syariah dalam Melaksanakan Bisnis Online Shop yang Sesuai dengan Syariat Islam. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan Dan Bisnis Syariah, 5, 1041.

Sukaeningsih, N. (2022). Etika Kemitraan Dalam Perspektif Quran Dan Hadis. Al Iqtishod: Jurna Ekonomi Syariah, 04, 26.

Syahputri, T. F. & S. A. S. (2022). Penerapan Etika Bisnis Islam Dalam Transaksi Jual Beli Sembako Di Pasar Kedurus Surabaya. Jurnal Ekonomika Dan Bisnis Islam, 5.

Tjiptono, F. dan A. D. (2020). Pemasaran. Yogyakart: CV. ANDI.

Wahyuningsih, G. (2021). Berbisnis Berdasarkan Perilaku Rasulullah Saw. Jurnal Mahasiswa FIAI-UII, at-Thullab, 2.

Wati, D. (2022). Analisis Penerapan Prinsip-Prinsip Etika Bisnis Islam Dalam Transaksi Jual Beli Online Di Humaira Shop. Jurnal Kajian Dan Bisnis Islam, 5.

Yosephus, L. S. (2010). Etika Bisnis (Pendekatan Filsafat Moral terhadap Perilaku Pebisnis Kontemporer). Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Additional Files

Published

2023-09-21

How to Cite

Viva, R. J., Mashudi, M., & Huda, Q. (2023). E-Commerce Dan Tanggung Jawab Sosial: Merangkul Sustainability Business Dalam Etika Bisnis Islam (Studi Multisitus Pada Zaidan Mall Dan Delfybroscantik). Ad-Deenar: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 7(02). https://doi.org/10.30868/ad.v7i02.4619

Citation Check