Strategi Pemasaran Harga dan Promosi Olahan Coklat UMKM Koperasi Tani Cahaya Sehati dengan Perspektif Islam di Desa Bringin Jaya
DOI:
https://doi.org/10.30868/ad.v7i01.3865Keywords:
Harga, Promosi, Perspektif IslamAbstract
Strategi pemasaran untuk memaksimalkan penjualan produk dengan melalui strategi pemasaran harga dan promosi untuk penjualan produknya. Saat ini banyak perilaku bisnis yang tidak etis dalam berbisnis Yang dimana memasarkan produk Umkm Koperasi Tani Cahaya Sehati di Desa Bringin Jaya. Dalam rangka mengimplementasikan syariat Islam dalam kehidupan ekonomi Islam, perlu dilakukan perubahan cara berpikir dari sistem ekonomi kapitalis ke sistem ekonomi syariah termasuk masalah bisnis. Karena dunia bisnis tidak terlepas dari etika bisnis Di pandang dari luasnya permasalahan yang ada dalam umkm maka di perlukan adanya perencanaan yang menyeluruh untuk di jadikan pedoman bagi Umkm dalam menjalankan kegiatanya alasan lain yang menunjukkan pentingnya strategi pemsaran yaitu semakin kerasnya persaingan yang di hadapi Umkm pada umumnya penelitian ini di awali dengan melakukan observasi ke pabrik pengolahan coklat Koperasi Tani Cahaya Sehati, sejalan dengan kegiatan observasi memperoleh sumber dan teori-teori penelitian yang di lakukan. Data pada penelitian ini ada dua jenis yaitu data primer berupa data dari hasil wawancara dan pengisian kuesioner berupa strategi pemasaran penjualan produk tentang pabrik pengolahan coklat Kcs. Wawancara di lakukan dengan narasumber Hamka yang merupakan kepala pabrik pengolahan coklat Koperasi Tani Cahaya Sehati.
References
Agesta Nurmaida, E., Akib Tuwo, M., Jurusan Agribisnis Fakultas Pertanian UHO, M., & Pengajar Jurusan Agribisnis Fakultas Pertanian UHO, S. (2019). ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PRODUK ABON IKAN (Suatu Kasus Pada Umkm Citra Permata Kendari). Jurnal Ilmiah Agribisnis (Jurnal Agribisnis Dan Ilmu Sosial Ekonomi Pertanian), 4(2), 45–51.
Amelia, S., Fasa, M. I., & Suharto. (2022). Pengaruh Implementasi Etika Bisnis, Konsep Produksi dan Distribusi Pada UMKM Terhadap Profitabilitas Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Juremi: Jurnal Riset Ekonomi, 1(4), 305–313.
Batubara, A., & Hidayat, R. (2016). Pengaruh Penetapan Harga dan Promosi terhadap Tingkat Penjualan Tiket pada PSA Mihin Lanka Airlines. Ilman, 4(1), 14.
Budiarto, S. (2013). Strategi Pemasaran dengan Menggunakan Pendekatan Mark Plus & Co di Kandatel Jakarta. Jurnal Industri Elektro Dan Penerbangan, 3(1), 13–24.
Damayanti, A., & Nasution, Y. S. J. (2022). Strategi Pemasaran Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Ayam Bakar Surabaya Kota Tebing Tinggi. Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi Dan Manajemen (JIKEM), 2(2), 1341–1348.
Helmita, H. (2022). Peran Strategi Komuikasi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Keripik Pisang Oleh–Oleh Khas Lampung Pada Umkm Keripi …. Jurnal Media Ekonomi (JURMEK), 2, 1–11.
Herdiyanti, B., Studi, P., Akuntansi, P., Keguruan, F., Ilmu, D. A. N., & Surakarta, U. M. (2021). DAN BIAYA PROMOSI TERHADAP VOLUME PENJUALAN.
Ilmiah, J. (2022). Eksis. 13(1), 1–4. https://doi.org/10.33087/eksis.v13i1.283
Informatika, M., & Lpi, P. (2019). 254 | J u r n a l P R O D U K T I F IMPLEMENTASI PEMASARAN DIGITAL DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN PELAKU UMKM PAMOKOLAN CIAMIS. 3(2), 254–261.
Lestari, D., Masruchin, & Nur Latifah, F. (2022). Penerapan Strategi Pemasaran Syariah Pada Umkm Franchise Pentol Kabul Dalam Meningkatkan Pendapatan. Jurnal Tabarru’: Islamic Banking and Finance, 5(1), 216–229. https://doi.org/10.25299/jtb.2022.vol5(1).9243
Niclolas Jefuna dan Rtezi Erdiansyah. (2020). Hasil Penelitian Hasil Penelitian. Skripsi, 3(1), 19–25.
Ong, I. A., & Sugiharto, S. (2013). Analisa Pengaruh Strategi Diferensiasi, Citra Merek, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan Di Cincau Station Surabaya. Manajemen Pemasaran, 1(2), 1–11.
Rachmawati, R. (2011). Peranan Bauran Pemasaran (Marketing Mix) terhadap Peningkatan Penjualan. Jurnal Kompetensi Teknik, 2(2), 143–150.
Riyoko, S., & Lofian, B. (2021). Model Pengembangan Strategi Pemasaran Berbasis Teknologi Informasi Dalam Meningkatkan Daya Saing Umkm Di Jepara. E-Mabis: Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 21(2), 113–120. https://doi.org/10.29103/e-mabis.v21i2.482
Silviyah, N. M., & Lestari, N. D. (2022). Pengaruh Etika Bisnis Islam Dalam Meningkatkan UMKM. Al Iqtishod: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Ekonomi Islam, 10(1), 96–112. https://doi.org/10.37812/aliqtishod.v10i1.295
Solikah, M., Rahmania, K., Purwati, D., & Cahyani, S. I. (2020). Strategi Pemasaran Kopi Jidat Menghadapi Persaingan Pasar. 5(02), 25–32.
Soviyana, K., Kamila, M., Sugiyono, N., & Adinugrah, H. H. (2022). Strategi pemasaran umkm produksi tahu desa batang dalam menghadapi persaingan antar pengusaha 1,2,3. 2(1).
Sunarsasi, & Hartono, N. R. H. (2020). Strategi Pemasaran Usaha Kecil Menengah di Kabupaten Blitar (Studi Pada UKM Cap Kuda Terbang Bu Sulasmi). Jurnal Translitera, 9(1), 22–31.
Tinggi, S., Ekonomi, I., & Pasuruan, G. (2019). Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Gempol Pasuruan. 4, 1–9.
Triadi, D., & Darnita, C. D. (2021). Strategi Membangun Brand Image dan Promosi dengan Sosial Media pada UMKM Jawet Sama Arep. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 9(2), 326–348. https://doi.org/10.47668/pkwu.v9i2.241
Trivena, S. M., & Wijayanti, R. F. (n.d.). MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN. 219–226.
Usaha, P., Kecil, M., & Menengah, D. A. N. (2022). RADEN INTAN LAMPUNG 1443 H / 2022 M Pembimbing II : Dr . H . Nasruddin ,. M . Ag . 1443 H / 2022 M.
Widharta, W. P., & Sugiharto, S. (2013). Penyusunan Strategi Dan Sistem Penjualan Dalam Rangka Meningkatkan Penjualan Toko Damai. Manajemen Pemasaran Petra, 2(1), 1–15.
Yusup, A., & Ramdani, D. (2022). Strategi Pemasaran UMKM Tahu Rejeki Barokah Untuk Meningkatkan Penjualan Produk Pada Masa Pandemi MSME Marketing Strategy Know Fortune Barokah to Increase Product Sales During the Pandemic. 1(2), 95–102.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
 
						



