UPAYA GURU TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DI RUKUN WARGA (RW) 8 DESA PASIR EURIH KECAMATAN TAMANSARI KABUPATEN BOGOR TAHUN 2019

Authors

  • Miqdad Ibrahim Al-Achmad Mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) STAI Al-Hidayah Bogor, Indonesia
  • Unang Wahidin Dosen Tetap Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) STAI Al-Hidayah Bogor, Indonesia
  • Muhamad Priyatna Dosen Tetap Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) STAI Al-Hidayah Bogor, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ppai.v2i2.699

Keywords:

usaha, pengajar, pengkajian, Al-Qur’an

Abstract

Masyarakat muslim di Indonesia banyak yang belum mampu membaca Al-Qur’an dikarenakan kurangnya pembelajaran Al-Qur’an yang didapatkan. Taman Pendidikan Al-Qur’an Rukun Warga 8 Desa Pasir Eurih Kecamatan Tamansari Kabupaten Bogor adalah salah satu tempat dimana pembelajaran Al-Qur’an dilaksanakan. Banyak upaya yang dilakukan oleh guru Taman Pendidikan Al-Qur’an RW 8 untuk menarik minat peserta didik untuk belajar Al-Qur’an. Hasil penelitian ini adalah Pertama, implementasi pembelajaran Al-Qur’an Rukun Warga 8 sudah berjalan dengan baik. Kedua, upaya guru Taman Pendidikan Al-Qur’an; memberikan semangat dan materi tambahan, senantiasa memberikan motivasi, melakukan inovasi dalam pembelajaran Al-Qur’an, dan meningkatkan kemampuan peserta didik dalam pembelajaran Al-Qur’an. Ketiga, faktor pendukung; guru yang berkompeten, pengetahuan guru yang luas, guru yang terampil dalam mengajar, akhlak guru yang baik, adanya dorongan dari masyarakat, dan tata ruang yang baik. Keempat, faktor penghambat; pembelajaran yang terkesan monoton, minimnya waktu pembelajaran Al-Qur’an, kurangnya wawasan guru, tidak adanya ide, guru meninggikan suara, kurangnya dorongan kepada masyarakat, fasilitas perlu diperbaiki. Kelima, solusi yang dilakukan; mengadakan pelatihan, menambah waktu pembelajaran Al-Qur’an, menambah wawasan guru dengan membaca buku-buku penunjang, guru diharuskan memiliki ide, memberikan arahan kepada guru agar tidak meninggikan suara, memberikan arahan kepada masyarakat, mengajukan sarana dan prasarana pembelajaran Al-Qur’an ke kantor balai desa Pasir Eurih.

References

Aliwar. (2016). Penguatan Model Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an dan Manajemen Pengelolaan Organisasi Taman Pendidikan Al-Qur’an. Jurnal Al Ta’dib, 9(1).

Azis, D. K. (2015). Profesionalisme Guru TPQ Baitul Jannah. Jurnal Penelitian Agama, 16(1).

Darmadi, H. (2016). Tugas, Peran, Kompetensi, dan Tanggung Jawab Menjadi Guru Profesional. Edukasi. Jurnal Pendidikan, 13(2).

Hasanah, U. & Jannah, A.R. (2017). Implementasi Metode Ummi dalam Pembelajaran Al-Qur’an pada Santri di Pondok Pesantren Salafiyah Al-Mahfudz Seblak Jombang. JPI: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2).

Kurnia, A. (2017). Implementasi Metode Al-Hidayah Dalam Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an. Jurnal Tatsqif, 15(1).

Maya, R. (2018). Konsep Al-Sirat Al-Mustaqim dalam Al-Qur’an. Al-Tadabbur. Jurnal ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, Vol:03. No. 2.

Muhammedi, M. (2018). Metode Al-Baghdadiyah (Metode Pembelajaran yang Efektif dalam Menanamkan Sikap Religius Siswa dan Meningkatkan Hasil Pendidikan Agama Islam). Jurnal Al-Fatih, 1(1).

Priyatna, M. (2017). Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 5(10).

Sa’diah, K. (2013). Kualitas Pembelajaran Al-Qur’an dengan Metode Tartila di TPQ Sabilun Najah Sambiroto Taman Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 2(2).

Wahidin, U. 2017). Pendidikan Karakter Bagi Remaja. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 2(03).

Sumber dari Buku

Hasbullah. (2012). Dasar-Dasar Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Mushaf, Ar-Rusydi. (2015). Al-Qur’an dan Terjemahan. Bandung: Cahaya Quran.

Sutikno, Sobri. (2011). Belajar dan Pembelajaran. Lombok: Holistica.

Tim Penyusun Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa. Jakarta: Balai Pustaka.

Downloads

Published

2020-01-31

How to Cite

Al-Achmad, M. I., Wahidin, U., & Priyatna, M. (2020). UPAYA GURU TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DI RUKUN WARGA (RW) 8 DESA PASIR EURIH KECAMATAN TAMANSARI KABUPATEN BOGOR TAHUN 2019. Prosa PAI : Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam, 2(2), 65–78. https://doi.org/10.30868/ppai.v2i2.699

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 5 6 7 > >>