UPAYA GURU MATA PELAJARAN ALQURAN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL ALQURAN PADA SISWA KELAS VIII SMPIT ALIA ISLAMIC SCHOOL KABUPATEN TANGERANG TAHUN AJARAN 2018-2019

Authors

DOI:

https://doi.org/10.30868/ppai.v1i2B.421

Abstract

Latar belakang penelitian ini didasarkan pada perhatian terhadap tahfidz Alquran sekarang ini semakin meningkat dan SMPIT Alia Islamic School Kabupaten Tangerang merupakan sekolah yang kurikulumnya memiliki program Mata Pelajaran Alquran. Hasil penelitian antara lain: a. Upaya yang dilakukan guru Mata Pelajaran Alquran untuk meningkatkan kemampuan menghafal Alquran siswa, dengan memberikan motivasi kepada siswa, memberikan contoh bacaan Alquran, mendengarkan bacaan siswa, dan murajaah hafalan Alquran siswa; b. Faktor pendukung, banyak kemampuan dasar menghafal Alquran siswa yang tinggi, motivasi siswa yang tinggi, guru Mata Pelajaran Alquran yang memahami gaya belajar siswa, sarana dan prasarana yang memadai; c. Faktor penghambat, beberapa kemampuan dasar siswa yang kurang dalam menghafal Alquran, rasa malas siswa dalam menghafal dan murajaah Alquran, dan guru Mata Pelajaran Alquran yang dalam kondisi hamil; dan d. Solusi faktor penghambat, diadakannya estrakulikuler Baca Tulis Quran (BTQ) dan setor hafalan Alquran di luar jam pelajaran mata pelajaran Alquran untuk mengtasi hambatan berupa kemampuan dasar siswa yang kurang dalam menghafal Alquran, memberikan motivasi dan teguran yang tegas terhadap siswa yang malas dalam menghafal dan murajaah Alquran, menjaga kesehatan pribadi, dan memberikan tugas melalui guru piket untuk mengatasi hambatan guru yang berhalangan hadir karna kurang sehat saat hamil.

References

Aprilianti, M.A. (2017). Upaya Guru Mata Pelajaran Alquran Hadist dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Ayat-ayat Alquran pada Siswa Kelas X di MA Al-Islam Jamsaren Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017â€. Eprints.iain-surakarta.ac.id.

Fitrah, M. dan Luthfiyah. (2017). Metode Penelitian: Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas & Studi Kasus. Sukabumi: CV Jejak.

Maya, R. (2017). Esensi Guru dalam Visi-Misi Pendidikan Karakter. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 2(03).

Maya, R. (2017). Karakter (Adab) Guru dan Murid Perspektif Ibn Jama’ah Al-Syafi’i. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 6(02), 33.

Maya, A. A. R. (2017). Perspektif Al-Qur ‘an Tentang konsep Al-Tadabbur. Al-Tadabbur: Jurnal Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir, 1(01).

Maya, R. (2018). IMPLIKASI RELASI EKSPLORATIF (ALAQAH AL-TASKHIR) DALAM PENDIDIKAN ISLAM: TELAAH FILOSOFIS ATAS PEMIKIRAN MAJID IRSAN AL-KILANI. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 7(02), 245-264.

Purnama, R., Maya, R., & Sarifudin, S. (2018). STRATEGI MUDIR DALAM MENINGKATKAN HAFALAN AL-QUR’AN SANTRI (STUDI DI PONDOK PESANTREN AN-NUR DESA SUKAMANTRI KECAMATAN TAMANSARI KABUPATEN BOGOR). Prosa PAI: Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam, 1(1), 69-75.

Sarbini, M., & Maya, R. (2019). MENGGAGAS PENDIDIKAN ANTI JAHILIYAH (KEBODOHAN, AL-JÂHILIYYAH). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 8(01), 1-20.

Saputra, T. (2013). Pendidikan Karakter Pada Anak Usia 6-12 Tahun. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 02(02).

Tim Penyusun. (2012). Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa Edisi Keempat. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Wahidin, U. (2017). Pendidikan Karakter Bagi Remaja. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 2(03).

Yasyakur, M. (2017). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Kedisiplinan Beribadah Sholat Lima Waktu. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 5(09), 35.

Downloads

Published

2019-04-16

How to Cite

Anggraeni, S., Maya, R., & Wahidin, U. (2019). UPAYA GURU MATA PELAJARAN ALQURAN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL ALQURAN PADA SISWA KELAS VIII SMPIT ALIA ISLAMIC SCHOOL KABUPATEN TANGERANG TAHUN AJARAN 2018-2019. Prosa PAI : Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam, 1(2B), 157–166. https://doi.org/10.30868/ppai.v1i2B.421

Issue

Section

Articles

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 > >>