UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER RELIGIUS DAN PEDULI SOSIAL PADA SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 9 KOTA BOGOR TAHUN AJARAN 2018/2019

Authors

  • Rochani Rochani Mahasiswi Prodi Pendidikan Agama Islam STAI Al Hidayah Bogor, Indonesia
  • Unang Wahidin Dosen Tetap Prodi Pendidikan Agama Islam STAI Al Hidayah Bogor, Indonesia
  • Wartono Wartono Dosen Tetap Prodi Pendidikan Agama Islam STAI Al Hidayah Bogor, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ppai.v1i2B.491

Abstract

Penanaman nilai-nilai dan pengembangan karakter religius melalui proses pembiasaan kepada siswa memiliki peranan yg sangat penting dalam proses pendidikan dan kunci kesuksesan mendidik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif studi kasus pada siswa Kelas XI di SMAN 9 Kota Bogor Tahun Ajaran 2018/2019. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun hasil dari penelitian berdasarkan pengamatan dan wawancara yang dilakukan peneliti terhadap beberapa narasumber, dan hasilnya adalah sebagai berikut: pertama, upaya guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti dalam mengembangkan karakter religius dan peduli sosial dengan membuat perencanaan, pelaksanaan, evaluasi program kegiatan intrakulikuler maupun ektrakulikuler. Kedua, faktor pendukung upaya guru PAI dan Budi Pekerti dalam mengembangkan karakter religius dan peduli sosial adalah: (a) adanya sarana prasarana yang memadai, (b) kebijakan kepala sekolah, (c) program-program kegiatan penunjang pengembangan karakter religius dan peduli sosial, (d) komitmen dan kerjasama guru-guru dan keluarga besar yang berada di lingkungan SMAN 9 Kota Bogor, (e) peran orang tua dan Komite Sekolah, dan (f) monitoring dari pengawas dan pembina dinas pendidikan tingkat provinsiJawa Barat. Ketiga, di antara faktor penghambat upaya guru PAI dan budi pekerti dalam mengembangkan karakter religius dan peduli sosial adalah: (a) internal siswa, (b) eksternal siswa, (c) internal guru, (d) eksternal guru, (e) masih perlunya perluasan sarana prasarana tempat ibadah/masjid, dan (f) terbatasnya daya jangkau pengawasan siswa di luar sekolah. Keempat, Solusi untuk Mengatasi Faktor Penghambat dalam Upaya guru PAI dan Budi Pekerti dalam mengembangkan karakter religius dan peduli sosial antara lain: (a) melakukan pendekatan persuasif, (b) membantu permasalahan yang di hadapi oleh siswa, (c) mengoptimalkan group whatsapp orangtua dengan wali kelas dan kepala sekolah, (d) melakukan Evaluasi program berkesinambungan, (e) menambah Kegiatan rutin dalam program pengembangan karakter religius dan peduli sosial siswa, (f) belajar memahami psikologis siswa, (g) memberikan penjelasan dan mengingatkan serta menghimbau batasan penggunaan smartphone, dan (h) mengajak Dinas pariwisata dan pemerintah Kota Bogor untuk pengembangan area perluasan tempat ibadah/ masjid agar dapat mengoptimalkan kegiatan spritiual dalam mengembangkan karakter religius.

References

Maya, R. (2017). Esensi Guru dalam Visi-Misi Pendidikan Karakter. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 2(03).

Priyatna, M. (2017). Pendidikan karakter berbasis kearifan lokal. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 5(10).

Wahidin, U. (2017). Pendidikan Karakter Bagi Remaja. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 2(03).

Wartono, W. (2017). MEMBENTUK LINGKUNGAN PENDIDIKAN YANG ISLAMI. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 2(04).

Sumber dari Buku

Kemendiknas. (2010). Permendikbud. No. 20 Tahun. 2018. tentang Penguatan Pendidikan Karakter Pada Satuan Pendidikan Formal.

Suryana, Y. (2015). Metode Penelitian Manajemen Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia.

Zuriah, N. (2011). Pendidikan Moral & Budi Pekerti dlam Perspektif Perubahan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Downloads

Published

2019-07-01

How to Cite

Rochani, R., Wahidin, U., & Wartono, W. (2019). UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER RELIGIUS DAN PEDULI SOSIAL PADA SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 9 KOTA BOGOR TAHUN AJARAN 2018/2019. Prosa PAI : Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam, 1(2B), 230–239. https://doi.org/10.30868/ppai.v1i2B.491

Issue

Section

Articles

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4