UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DALAM MENINGKATAN KARAKTER RELIGIUS SISWA KELAS XI DI SMAN 1 LEUWISADENG KABUPATEN BOGOR TAHUN AJARAN 2019/2020
DOI:
https://doi.org/10.30868/ppai.v3i2.1613Abstract
Poin dari penelitian ini (1) untuk mengetahui upaya; (2) untuk mengetahui apa saja faktor pendukung; (3) untuk mengetahui apa saja faktor penghambat; dan (4) untuk mengetahui solusi dari faktor penghambat upaya guru PAI dan Budi Pekerti dalam meningkatan karakter religius siswa Kelas XI di SMAN 1 Leuwisadeng Tahun Ajaran 2019/2020. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Upaya guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam meningkatkan karakter religius siswa kelas XI di SMAN 1 Leuwisadeng adalah memberikan masukan dan nasihat, memberi teguran, menrapkan pembiasaan karakter religius, dan membuat jurnal kontrol sholat. (2) Faktor pendukungnya adalah kebijakan sekolah, tata tertib, ruang kelas yang bersih, dan semua guru turut dalam meningkatkan karakter religius siswa. (3) Faktor penghambatnya adalah sarana yang belum memadai, pengaruh lingkungan, minimnya jam pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti, dan (4) Solusi terhadap faktor penghambatnya adalah menyediakan sarana, menumbuhkan kesadaran siswa, dan membuat kelompok belajar dan tugas rumahReferences
Kurniatin, Binti. “Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Karakter Religius Siswa Di SMP Negeri 1 Sumbergepol Tulungagung Tahun 2013/2014.†IAIN Tulungagung 10, no. 2 (2018): 7.
Maya, Rahendra. “Esensi Guru Dalam Visi-Misi Pendidikan Karakter.†Edukasi Islam: Jurnal Pendidikan Islam. 02 (2013): 285.
Nangimah, Nurrotun, Fakultas Ilmu Tarbiyah, Universitas Islam Negeri Walisongo. Peran Guru PAI Dalam Pendidikan Karakter Religius Siswa Sma N 1 Semarang, 2018.
Buku
Gunawan, H. (2017). Pendidikan Karakter (Konsep dan Implementasi). Bandung: Penerbit Alfabeta.
Kardi, S. (2018). Inovasi Baru Kurikulum 2013 Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Yogyakarta: Deepublish.
Samani, M dan Hariyanto. (2017). Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sanaki, H. A. H. (2016). Dinamika Perkembangan Pendidkan Islam di Indonesia. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara.
Syafril dan Zen, Z. (2017). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Depok: Kencana. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan.Depok: Kencana.
Tafsir, A. (2016). Ilmu Pendidikan Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Zuriyah, N. (2015). Pendidikan Moral & Budi Pekerti dalam Perspektif Perubahan. Jakarta: PT Bumi Aksara