UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DALAM MENINGKATKAN AKHLAKUL KARIMAH SISWA KELAS XII SMK GEO INFORMATIKA KABUPATEN BOGOR TAHUN AJARAN 2019/2020
DOI:
https://doi.org/10.30868/ppai.v3i01.1005Keywords:
upaya, guru, meningkatkan, akhlakul karimah.Abstract
Pendidikan Agama Islam bertujuan untuk meningkatkan keimanan, ketakwaan, seorang peserta didik. Metode penelitian ini adalah metode kualitatif. Adapun Teknik pengumpulan data yaitu melalui observasi, wawancara dan dokumentasi serta teknik analisis data melalui metode deskriptif. Hasil penelitian di SMK GEO INFORMATIKA Bogor di antaranya: (a) Upaya yang dilakukan guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti dalam meningkatkan akhlakul karimah siswa Kelas XII cukup baik. Guru memberikan kisah inspiratif, memberikan contoh pembiasaan, membuat program rutin, pembiasaan shalat lima waktu dan mensosialisasikan tata tertib. (b) Faktor-faktor pendukung upaya guru PAI dan Budi Pekerti dalam meningkatkan akhlakul karimah siswa Kelas XII yang sudah mendukung. (c) Faktor-faktor penghambat upaya Guru PAI dan Budi Pekerti dalam meningkatkan akhlakul karimah siswa Kelas XII. Masih ada sebagian guru yang belum memberikan contoh yang baik, sebagian tempat tinggal siswa masih belum mendukung, sebagian siswa masih terbatas pengetahuannya mengenai akhlak, sebagian orang tua siswa masih lemah dalam menanamkan akhlak, sebagian orang tua siswa memiliki keterbatasan pengetahuan. (d) Solusi terhadap faktor-faktor penghambat upaya guru PAI dan Budi Pekerti dalam meningkatkan akhlakul karimah siswa kelas XII: memberikan pengembangan ilmu pengetahuan kepada guru, guru memberikan pengetahuan mengenai akhlak kepada para siswa, memberikan arahan, guru menguatkan kejiwaan siswa dan guru memberikan masukan kepada orang tua.
References
Bafadhol, I. (2017). Pendidikan Akhlak dalam Perspektif Islam. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(07).
Iwantoro. (2017). Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembelajaran di Era Digital.
Journal Of Islamic Education (JIE), 02(11).
Maya, R. (2017). Karakter (Adab) Guru dan Murid Perspektif Ibn Jama’ah Al-Syafi’i. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islami, 12(07).
Wahidin, U. (2018). Implementasi Literasi Media Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Edukasi Islami. Jurnal Pendidikan Islami, 07(02).
Sumber dari Buku
Hanafi, H. Adu, L. M. (2018). Profesionalisme Guru dalam Pengelolaan Kegiatan Pembelajaran di Sekolah. Yogyakarta: Deepublish.
Izzan, A. (2012). Membangun Guru Berkarakter. Bandung: Perpustakaan Nasional Katalog dalam Terbitan.
Idi, A. (2015). Dinamika Sosiologi Indonesia Agama dan Pendidikan dalam Perubahan Sosial. Yogyakarta: PT. Lkis Pelangi Aksara.
Normawati, S. dkk. (2019). Etika dan Profesi Guru. Riau: PT. Indragiri. Dot Com.
Perdani, WC. dkk. (2019). Etika Profesi Pendidikan Generasi Milenial 4.0. Malang: UB Press.
Safitri, D. (2019). Menjadi Guru Profesional. Riau: PT. Indragiri Dot Com.
Suyanto, Jihad, A. (2013). Menjadi Guru Profesional.
Umar. (2019). Pengantar Profesi Keguruan. Depok: PT. Rajagrafindo Persada.
Sumber dari Website
Repo.iain-tulungagung.ac.id diakses pada 25 januari 2020 pukul 12:50 WIB.
Repository.uin-suska.ac.id. diakses pada 15 Maret 2020 pukul 13:00 WIB.
http://kbbi.web.id/tingkat.html. diakses pada 15 Mei 2020 pukul 13:00 WIB
Hasil Wawancara
Hasil wawancara tidak langsung dengan WAHJB pada Senin, 13 Juli 2020 Pukul 12:02 WIB.
Hasil wawancara tidak langsung dengan ZM pada Senin, 13 Juli 2020 Pukul 11: 49 WIB.
Hasil wawancara tidak langsung dengan HAG, BA, GT, NM, DF, RR, AS, AR, MAA, TF, Pada Minggu, 12 Juli 2020 Pukul 09:11 WIB.