IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TAHFIDZ AL-QUR’AN PADA SISWA KELAS VIII SMPIT eL MA’MUR KOTA BOGOR TAHUN AJARAN 2019/2020
DOI:
https://doi.org/10.30868/ppai.v3i2.1612Abstract
Pada hakikatnya pendidikan adalah hal terpenting dalam kehidupan, karena tujuan manusia diciptakan untuk beribadah kepada Allah S.W.T. Beribadah kepada Allah harus sesuai dengan syariat jika tidak sesuai dengan syariat maka akan jatuh kepada kesesatan. Sehingga pendidikan sangat berperan dalam kehidupan manusia baik pendidikan formal maupun non formal, baik pendidikan di sekolah maupun pendidikan di keluarga. Hasil penelitian ini adalah 1) Mentargetkan siswa Kelas VIII hafal minimal dua juz Al-Qur’an dengan metode yang dipakai ialah metode Al-Muyassar. 2) Implementasi pembelajaran tahfidz Al-Qur’an pada siswa kelas VIII dilaksankan dengan beberapa tahap dimulai dari pembukaan, tahap inti yaitu siswa menyetorkan hafalannya, lalu tahap akhir yaitu tahap evaluasi yakni guru mengevaluasi hasil pembelajaran yang telah berlangsung. 3) Faktor pendukung dan penghambat siswa meliputi faktor diri siswa, faktor guru, faktor orang tua, faktor lingkungan sekolah, dan faktor lingkungan luar sekolah. 4) Solusi dari faktor penghambar: siswa harus dibimbing dan dimotivasi, sekolah membimbing guru agar seluruh guru dapat memiliki kemampuan yang sama dalam mengkondisikan kelas serta siswa, komunikasi antara sekolah, guru, siswa dan orang tua sangatlah penting, sekolah harus memperhatikan sarana ruangan yang nyaman bagi pembelajaran tahfidz Al-Qur’anReferences
Rajak, P. Fitrah. (2017). Implementasi Program Tahfidz Al-Qur’an Juz 29 di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Ciganjur Jakarta Selatan. Jurusan Pendidikan Agama Islam. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Wahidin, U. (2018). Implementasi Literasi Media dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 07(2).
Sumber dari Buku
‘Al-Qattan, Manna. (2017). Dasar-Dasar Ilmu Alquran. Jakarta Timur: Ummul Qura.
Jihad, A & Haris, A. (2013). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Presindo.
Sukmadinata, N.S. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya