PENGARUH PENGGUNAAN METODE RESITASI TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII SMPIT MUTIARA ISLAM CILEUNGSI BOGOR TAHUN AJARAN 2019/2020

Authors

  • Nur Mundaroh Prodi Pendidikan Agama Islam STAI Al Hidayah Bogor, Indonesia
  • Agus Sarifudin Prodi Pendidikan Agama Islam STAI Al Hidayah Bogor, Indonesia
  • Wartono Wartono Prodi Pendidikan Agama Islam STAI Al Hidayah Bogor, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ppai.v3i2.1607

Abstract

Karena adanya pengaruh beberapa faktor, menyebabkan kebanyakan siswa mengalami kesulitan belajar bahasa asing terkhusus Bahasa Arab. Minat dan kesadaraan peserta didik terhadap Bahasa Arab yang rendah membuat pembelajaran ini terlihat tidak ada perkembangan secara signifikan. Keadaan ini juga dialami sebagaian siswa SMPIT Mutiara Islam Cileungsi Bogor. Penelitian ini memiliki tujuan, untuk mengetahui adakah pengaruh penggunaan salah satu metode yang digunakan guru saat pembelajaran yaitu metode pembelajaran resitasi terhadap hasil belajar mata pelajaran Bahasa Arab siswa Kelas VIII SMPIT Mutiara Islam Cileungsi Bogor. Jenis metode penelitian menggunakan penelitian kuantitatif. Pengumpulan data yang dilakukan penelitimenggunakan beberapa teknik yaitu observasi, angket, dan dokumentasi. Jumlah populasi dalam penelitian ini terdapat 81 siswa, kemudian untuk pengambilan sampel peneliti berpedoman pada rumus Solvin maka didapatkan sampel sebanyak 67 siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya korelasi penggunaan metode resitasi terhadap hasil belajar siswa, yaitu rhitung (0,438) > rtabel (0,244) maka disimpulkan Ha diterima dan Ho ditolak , artinya “terdapat pengaruh penggunaan metode resitasi terhadap hasil belajar mata pelajaran bahasa Arab siswaâ€. Didapatkan nilai koefisien regresi 0,365 bernilai posistif dengan kolerasi 0,438 berada dalam kategori hubungan sedang. Persentase perubahan  pada  variabel  hasil belajar mata  pelajaran Bahasa Arab yang diterangkan oleh penggunaan metode resitasi sebesar 19% sedangkan 81% hasil belajar karena pengaruh variabel yang tidak diteliti atau di penelitian lain.

References

Andriani, A. (2015). Urgensi Pembelajaran Bahasa Arab Dalam Pendidikan Islam. Jurnal TA’ALLUM , 03(1)

Muchta, M. I. (2017). Metode Contextual Teaching And Learning dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Al-Maraji’, 01(1).

Sumber dari Buku

Darmadi, H. (2017). Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa. Jakarta: CV Budi Utama.

Djamarah, S. B., & Zain, A. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Hamid, M. S. (2014). Metode Edutaiment. Jogjakarta: DIVA Press.

Hermawan, A. (2011). Metodelogi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA.

Majid, A. (2013). Strategi pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyanto, H., & Wulandari, A. (2010). Penelitian: Metode & Analisis. Semarang: CV. AGUNG.

Purwanto. (2013). Evaluasi Hail Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Supardi. (2012). Aplikasi Statistika Dalam Penelitian. Jakarta: Ufuk Pressh.

Wahab, R. (2015). Psikologi Belajar. Palembang: Grafika Telindo Pres.

Downloads

Published

2021-08-31

How to Cite

Mundaroh, N., Sarifudin, A., & Wartono, W. (2021). PENGARUH PENGGUNAAN METODE RESITASI TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII SMPIT MUTIARA ISLAM CILEUNGSI BOGOR TAHUN AJARAN 2019/2020. Prosa PAI : Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam, 3(2). https://doi.org/10.30868/ppai.v3i2.1607

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>