PERAN ORANG TUA DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI ISLAMI PADA ANAK USIA SEKOLAH DASAR DIKELUARGA KARYAWAN YAYASAN ISLAM AL HUDA BOGOR TAHUN 2020

Authors

  • Abdul Rosid Prodi Pendidikan Agama Islam STAI Al Hidayah Bogor, Indonesia
  • Wartono Wartono Prodi Pendidikan Agama Islam STAI Al Hidayah Bogor, Indonesia
  • Muhamad Priyatna Prodi Pendidikan Agama Islam STAI Al Hidayah Bogor, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ppai.v3i2.1610

Abstract

Nilai-nilai Islami hendaknya ada pada setiap diri seorang muslim. Ia harus ditanamkan sejak kecil. Berdasarkan hal ini, peneliti tertarik untuk mengetahui bagaimana cara menanamkan nilai-nilai Islami kepada anak khususnya anak usia sekolah dasar pada karyawan Yayasan Islam Al Huda Bogor Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk membahas peran orang tua dalam menanamkan nilai-nilai Islami kepada anak usia sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif studi lapangan dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi serta analisis data menggunakan metode deskriptif interpretatif. Hasil dari penelitian ini adalah: Pertama, Peran orang tua dalam menanamkan nilai-nilai Islami kepada anak: sebagai pendidik, sebagai sahabat, sebagai mediator, sebagai motivator, sebagai moderator, sebagai pemimpin, sebagai narasumber, sebagai fasilitator, dan sebagai pelindung. Kedua, faktor pendukung dalam menanamkan nilai-nilai Islami kepada anak antara lain: fasilitas, tingkat ekonomi, tingkat pendidikan, lingkungan, sekolah, pasangan hidup, keistiqomahan, dan kedekatan orang tua. Ketiga, faktor penghambat dalam menanamkan nilai-nilai Islami kepada anak antara lain: perbedaan pendapat, tingkat ekonomi keluarga, tingkat pendidikan orang tua, berbenturan dengan karakter anak, lingkungan, pasangan hidup, berat untuk konsisten, sekolah, dan fasilitas yang kurang memadai. Keempat, solusi untuk mengatasi faktor penghambat antara lain: musyawarah suami istri, berusaha mencari nafkah yang halal, terus belajar dengan cara apapun, anak tetap diawasi, memilih lingkungan tempat tinggal yang baik

References

Wartono. (2013). “Membentuk Lingkungan Pendidikan yang Islamiâ€. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam. STAI Al Hidayah, Vol 02, 399.

Priyatna, M. (2016). “Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokalâ€. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam. STAI Al Hidayah, Vol 05, 1312.

Bafadhol, I. (2017). “Lembaga Pendidikan Islam di Indoneisaâ€. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam. STAI Al Hidayah, Vol 06(11), 59.

Ikhwan, A. (2014). “Integrasi Pendidikan Islam (Nilai-Nilai Islam dalam Pembelajaranâ€. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam. STAI Muhammadiyah Tulungagung, Vol 2. 181.

Indra Kurniawan, M. (2015). “Tri Pusat Pendidikan Sebagai Sarana Pendidikan Karakter Anak Sekolah Dasarâ€. Pedagogia: Jurnal Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. Vol 4. 47

Uce, Loeziana. (2017). “The Golden Age: Masa Efektif Merancang Kualitas Anakâ€. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak. UIN Ar-Raniry. 59.

Buku

Sugono, D dkk. (2012). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Tim Ahli Tafsir. (2018). Shahih Tafsir Ibnu Katsir. ed. Syafiyyurahman Al-Mubarakfuri. Jakarta: Pustaka Ibnu Katsir.

H. Syukran Nafis, Ahmadi. (2010). Pendidikan Madrasah: Dimensi Profesional dan Kekinian. Yogyakarta: LaksBang PRESSindo.

M. Bashori Muchsin, Moh. Sulton, dan Abdul Wahid. (2010). Pendidikan Islam Humanistik (Alternatif Pendidikan Pembebasan Anak). Bandung: Refika Aditama.

Gordon, T. (2020). Menjadi Orang tua Efektif: Cara Pintar Mendidik Anak Agar Bertanggung Jawab. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Ibrahim al-Hamd, M. (2000). Kesalahan Mendidik Anak: Bagaimana Terapinya. Jakarta: Gema Insani Press.

Roslan Hidayat, Dian dkk. (2018). Getar Hati: Kumpulan Materi Online Pekanan. Sukabumi: CV Jejak.

Siti Candra Sari, Utin dan Abrori. (2020). Body Image. Jakarta: PT Sahabat Alter Indonesia.

Syafril dan Zelhendri Zen. (2017). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Depok: Kencana

Rianti Lubis, E. (2018). Pesan Dari Nabi Tentang Anak. Jakarta: PT Elex Media Komputindo

Kurnia, Novi dkk. (2017). Literasi Digital Keluarga: Teori dan Praktik Pendampingan Orang tua terhadap Anak dalam Berinternet. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Kristo M, T. (2010). Andalah Para Orang tua Motivator Terbaik bagi Remaja. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Jatmiko, B. (2018). Mortido: Ketakutan, Keserakahan, dan Keawasan Sebuah Evolusi Peradaban. Sleman: Penerbit Deeppublish

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2021-08-31

How to Cite

Rosid, A., Wartono, W., & Priyatna, M. (2021). PERAN ORANG TUA DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI ISLAMI PADA ANAK USIA SEKOLAH DASAR DIKELUARGA KARYAWAN YAYASAN ISLAM AL HUDA BOGOR TAHUN 2020. Prosa PAI : Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam, 3(2). https://doi.org/10.30868/ppai.v3i2.1610

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 5 > >>