IMPLEMENTASI PRINSIP ADAB ISLAM DALAM LINGKUNGAN KELUARGA SISWA KELAS IV SDIT SUIS (SEKOLAH UNGGULAN ISLAMI) BOGOR

Authors

  • Akhmad Fauzi Dwi Cahyo Mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam STAI Al Hidayah Bogor, Indonesia
  • Rahendra Maya Dosen Tetap Prodi Pendidikan Agama Islam STAI Al Hidayah Bogor, Indonesia
  • Muhamad Priyatna Dosen Tetap Prodi Pendidikan Agama Islam STAI Al Hidayah Bogor, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ppai.v2i1.530

Keywords:

adab, pendidikan, orang tua

Abstract

Peradaban Islam dimulai dengan turunnya wahyu pertama yakni Alquran Surat Al-‘Alaq Ayat 1-5. Adab dapat dimaknai sebagai budi pekerti yang baik, perilaku yang terpuji, jiwa dan akhlak yang terdidik. Karena itu, amat penting mengisi masa kecil anak dengan menanamkan adab dan akhlak yang terpuji, selagi jiwa mereka masih pada kondisi fitrah yang murni dan masih memiliki perangai yang lurus. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut: Pertama, implementasi prinsip adab Islam dalam lingkungan keluarga siswa kelas IV SDIT SUIS Bogor ialah menghormati orang tua dan meminta maaf ketika berbuat salah. Kedua, Faktor pendorong implementasi prinsip adab Islam dalam lingkungan keluarga siswa Kelas IV SDIT SUIS Bogor ialah apresiasi, teladan, dan memberikan nasehat. Ketiga, faktor penghambat implementasi prinsip adab Islam dalam lingkungan keluarga siswa Kelas IV SDIT SUIS Bogor ialah faktor internal: suasana hati dan rasa malas anak serta gadget dan tontonan televisi; dan faktor eksternal; pergaulan anak yang sulit dikontrol. Keempat, solusi dari faktor penghambat ialah faktor internal: mengingatkan dan menasehati dengan lemah lembut serta mengurangi durasi waktu penggunaan gadget dan televisi; dan faktor eksternal: mengontrol pergaulan anak, menasehati serta memperbaiki perilaku anak yang kurang baik.

References

Djaelani, M.S. (2013). Peran pendidikan agama Islam dalam keluarga dan masyarakat. Jurnal Ilmiah WIDYA, 1(1).

Maya, R. (2017). REVITALISASI KETELADANAN DALAM PENDIDIKAN ISLAM: Upaya Menjawab Peluang dan Tantangan Pendidikan Islam di Era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 5(09), 12.

Maya, R. (2017). Karakter (Adab) Guru dan Murid Perspektif Ibn Jama’ah Al-Syafi’i. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 6(02), 33.

Ristianah, N. (2015). Pendidikan Anak dalam Keluarga. Jurnal Pikir: Jurnal Studi Pendidikan dan Hukum Islam, 1(2).

Sarbini, M. (2017). PENDIDIKAN KELUARGA MUSLIM DALAM PERSPEKTIF FIQIH AL-QURAN. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 4(08), 22.

Sarbini, M., & Maya, R. (2019). MENGGAGAS PENDIDIKAN ANTI JAHILIYAH (KEBODOHAN, AL-JÂHILIYYAH). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 8(01), 1-20.

Thontowi, Z. S., & Dardiri, A. (2019). Manajemen Pendidikan Keluarga: Perspektif Al-Quran Menjawab Urban Middle Class Milenial. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 8(01), 159-170.

Al-Qashash, A. (2009). Peradaban Islam VS Peradaban Asing. Bogor: Pustaka Thariqul Izzah.

Ash-Shalabi, A.M. (2008). The Great Leader of Umar bin Al-Khathab. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar.

Al-Jauziyah, I.Q. (2013). Madarijus Salikin. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar.

Basri, H. (2013). Landasan Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia.

Hasbullah. (2017). Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Depok: PT RajaGrafindo Persada.

Iqbal, A.M. (2015). Pemikiran Pendidikan Islam. Jakarta: Pustaka Pelajar.

Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003, Sistem Pendidikan Nasional.

https: //republika.co.id/berita/ koran/ halaman- 1/16/05/23/o7m8o76-ketika anak taklagi-beradab, diakses tanggal 30 Januari 2019 pukul 21.27 WIB.

http:// www.tribunnews.com/ regional/ 2018/03/08/ murid-aniaya-guru-di-pontianak-dipukul- pakaikursi-plastik-dan- dilempar-ponsel?, diakses tanggal 05 Desember 2018. Pukul 20.22 WIB.

http://repository.uinsuska.ac.id /3113/3/ BAB%20II.pdf, diakses tanggal 24 April 2019 pukul 21.00 WIB.

https: //id.wikipedia.org /wiki/adab, diakses tanggal 24 April 2019 pukul 21.07 WIB.

https: //id.wikipedia.org/ wiki/Prinsip, diakses Tanggal 06 Agustus 2019 pukul 20.26 WIB.

https://kbbi.web.id/prinsip, diakses tanggal 06 Agustus 2019 pukul 20.26 WIB.

https://kbbi.web.id/keluarga, diakses tangggal 13 Mei 2019pukul 21.33 WIB.

Hasil wawancara langsung dengan orang tua siswa hari Sabtu tanggal 25 Juni 2019 pukul 09.01 WIB.

Hasil wawancara via telegram dengan orang tua siswa hari Sabtu tanggal 28 Juni 2019 pukul 14.01 WIB.

Downloads

Published

2019-09-16

How to Cite

Dwi Cahyo, A. F., Maya, R., & Priyatna, M. (2019). IMPLEMENTASI PRINSIP ADAB ISLAM DALAM LINGKUNGAN KELUARGA SISWA KELAS IV SDIT SUIS (SEKOLAH UNGGULAN ISLAMI) BOGOR. Prosa PAI : Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam, 2(1), 89–99. https://doi.org/10.30868/ppai.v2i1.530

Issue

Section

Articles

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 > >>