ANALISIS SKEMA 4-3-5 DALAM PENYELENGGARAAN HAJI 2024: PERSPEKTIF MANAJEMEN MUTU TERPADU (TQM)

Authors

  • Monik Refiani Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, Indonesia
  • Kurnia Muhajarah Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/im.v7i001.7504

Keywords:

Manajemen Mutu Terpadu, Kebijakan Publik, Pelayanan

Abstract

Skema 4-3-5 dalam penyelenggaraan haji tahun 2024 menjadi formula terbaru yang dimana skema ini sebagai wujud evaluasi pelaksanaan haji pada tahun sebelumnya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui tentang penerapan skema 4-3-5 dalam penyelenggaraan haji 2024 serta menganalisis skema tersebut menurut perspektif Manajemen Mutu Terpadu (TQM). Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi,wawancara, dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan implementasi skema 4-3-5 dalam penyelenggaraan haji terdiri dari empat perdana, tiga pengembangan ekosisitem ekonomi, dan lima inovasi haji. Analisis skema 4-3-5 dalam penyelenggaraan haji berdasarkan Manajemen Mutu Terpadu menunjukkan pelaksanaan pelayanan sudah berjalan dengan baik terutama dalam mencapai kepuasan jemaah dan prinsip perbaikan berkelanjutan, namun pelaksanaan tersebut masih menghadapi sejumlah kendala yang berkaitan dengan implementasi konsep sistem organisasional.

Kata Kunci: manajemen mutu terpadu, kebijakan publik, pelayanan

References

Abdul Rozak. 2021. “Kebijakan Pendidikan Di Indonesia.” Journal Islamic of Education 3 (25): 6.

Abidin, Zainal. 2022. “Implementasi Total Quality Management Pada Pendidikan Islam.” Adabuna : Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran 2 (1): 53–62. https://doi.org/10.38073/adabuna.v2i1.926.

Achyar. 2017. “Konsep Manajemen Mutu Terpadu Dan Implementasinya Dalam Pendidikan Islam Studi Kasus Di Pondok Pesantren Darul Muttaqien Bogor.” Jurnal Pendidikan Islam 02. https://doi.org/10.32832/tawazun.v10i2.1161.

Aji Sofanudin. 2023. “Kematian Jemaah Haji.” 2023. https://osf.io/preprints/osf/65xst.

Awaliyah, Z N W, and M A Yasfin. 2023. “Kualitas Pelayanan Ibadah Haji Melalui Optimalisasi Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Dalam Pemberangkatan Dan Pemulangan Jemaah Haji.” IDRIS: InDonesian Journal of Islamic … 01 (1): 37–54. http://yambus-lpksa.com/index.php/IDRIS/article/view/14%0Ahttp://yambus-lpksa.com/index.php/IDRIS/article/download/14/9.

Basalamah, Ridwan, et.al. 2021. Manajemen Inovasi Dalam Bisnis. AE Publishing. https://books.google.com/books?hl=id&lr=&id=6Z9KEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=implementasi+manajemen+inovasi&ots=jjdnQwPi7x&sig=XHY4zBxaxaDy2EA3oEfmVE3ipo4.

Boy Azhar. 2024. “Kemenag Rilis Aplikasi Kawal Haji, Ini Manfaatnya.” 27 Mei 2024. 2024. https://haji.kemenag.go.id/v5/detail/kemenag-rilis-aplikasi-kawal-haji-ini-manfaatnya.

Desrinelti, Desrinelti, Maghfirah Afifah, and Nurhizrah Gistituati. 2021. “Kebijakan Publik: Konsep Pelaksanaan.” JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia) 6 (1): 83. https://doi.org/10.29210/3003906000.

Djam’an Satori, Aan Komariah. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Edited by Tim Alfabeta. Cetakan VI. Bandung: Alfabeta.

DPR, Berkas. 2023. “Tahap I Ke Arab Saudi Masa Sidang V Tahun Sidang 2022 – 2023.”

Haryanto, Joko Tri, Anasom, Mahlail Syakur, Iman Fadhilah, and Mustaghfirin. 2021. Panduan Perjalanan Jemaah Haji. DIVA Press. Vol. 5.

Hasanah, Hasyim. 2017. “Teknik-Teknik Observasi (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-Ilmu Sosial).” At-Taqaddum 8 (1): 21. https://doi.org/10.21580/at.v8i1.1163.

Hasanah, Hasyim, Abdul Rozaq, and Linawati. 2023. Haji Resilien : Penanganan Problem Bio-Psiko-Sosio-Religius Jemaah Geriatri. Cetakan I. Semarang: FATAWA PUBLISHING.

Helena Bakobat, Magdalena Wullur, Jacky S. B. Sumarauw. 2021. “Analisis Penerapan Manajemen Mutu Terpadu Di Rumah Sakit Budi Mulia Bitung.” Journal of Nursing Management 9 (4): 622–31. https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/emba/article/view/36492.

Hellen Oktarina Sari, Fatimah Yunus Yunida Een Fryanti. 2022. “Manajemen Pelayanan Ibadah Haji Pada Lanjut Usia Di Kementerian Agama Kabupaten Kaur.” Jurnal Manajemen Dakwah 3 (1): 1–17. https://doi.org/10.54396/qlb.v3i1.361.

Jabani, Muhammad Shafwan. 2020. “Makna Ibadah Haji Dalam Pengembangan Ekonomi Ummat.” Naskah Publikasi, 1–15.

Jdih Bpk. 2019. “Undang-Undang (UU) Nomor 8 Tahun 2019 Tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji Dan Umrah,” no. 004251. https://peraturan.bpk.go.id/Details/106346/uu-no-8-tahun-2019.

Lestari, Endah Rahayu. 2019. Manajemen Inovasi:Upaya Meraih Keunggulan Kompetitif. Edisi Pert. Malang: UB Press.

M. Nur, Dalinur. 2020. “Manajemen Penyelenggaraan Ibadah Haji.” Yonetim: Jurnal Manajemen Dakwah 3 (1): 17–36. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/yonetim/article/view/6120/3148.

Muhajarah, Kurnia, and Moh Erfan Soebahar. 2024. “Fiqh of Tolerance and Religious Moderation: A Study towards Indonesia, Malaysia, and Thailand.” Cogent Arts and Humanities 11 (1). https://doi.org/10.1080/23311983.2024.2303817.

Muhajarah, Kurnia, and Moh. Sulthon. 2020. “Pengembangan Laboratorium Virtual Sebagai Media Pembelajaran: Peluang Dan Tantangan.” Justek : Jurnal Sains Dan Teknologi 3 (2): 77. https://doi.org/10.31764/justek.v3i2.3553.

Mundzir, Ahmad. 2024. “Evaluasi Dan Tantangan Penyelenggaraan Ibadah Haji 2023-2024.” https://www.nu.or.id/nasional/evaluasi-dan-tantangan-penyelenggaraan-ibadah-haji-2023-2024-KByt0.

Nisya Nainita Simbolon, Imsar. 2021. “Manajemen Pelayanan Haji Dan Umroh Di Kantor Kementerian Agama Sumatera Utara.” Jurnal Pendidikan Tambusai 5: 8929–36.

Pebria Prakarsa Renta, Endah Trisnani, and Surwandono Hadidah Sallimi. 2023. “Efektivitas Diplomasi Haji Oleh Kementrian Agama Indonesia Pada Tahun 2020-2023.” Jurnal Review Politik 13 (1): 1–25.

Sattar, Abdul, and Hasyim Hasanah. 2023. “Tingkat Pengetahuan Peserta Sertifikasi Pembimbing Manasik Haji Profesional: Catatan Angkatan VI Dari Semarang.” Multazam : Jurnal Manajemen Haji Dan Umrah 3 (1): 43. https://doi.org/10.32332/multazam.v3i1.7096.

Sindy Aidil Fitri, Khadijah Nurani. 2023. “Analisis Manajemen Pelayanan Haji Dalam Meningkatkan Kepuasan Jamaah Pada Kementrian Agama Kabupaten Sijunjung.” Jurnal Ekonomi Dan Bisnis 1 (2): 229–38.

Tia, M, and Kurnia Muhajarah. 2023. “Evaluasi Pelayanan Petugas Haji Ramah Lansia Tahun 2023 Oleh Kantor Kementerian Agama Wilayah Jawa Tengah.” Jurnal Staia Al-Hidayah Bogor, 429–42. https://doi.org/10.30868/im.v7i01.6131.

Via Syahdaniya, Afif, and Samsul Rifa’i. 2021. “Dekonstruksi Haji Dan Umrah Dalam Dakwah.” Ishlah: Jurnal Ilmu Ushuluddin, Adab Dan Dakwah 3 (2): 109–23. https://doi.org/10.32939/ishlah.v3i2.89.

Yuliani, Herni, Ahmad Sarbini, and Herman Herman. 2016. “Implementasi Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Dalam Transparansi Informasi Kepada Calon Jemaah Haji.” Tadbir: Jurnal Manajemen Dakwah 1 (2): 102–20. https://doi.org/10.15575/tadbir.v1i2.130.

Published

2024-11-30

How to Cite

Refiani, M., & Muhajarah, K. (2024). ANALISIS SKEMA 4-3-5 DALAM PENYELENGGARAAN HAJI 2024: PERSPEKTIF MANAJEMEN MUTU TERPADU (TQM). Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(001), 95–110. https://doi.org/10.30868/im.v7i001.7504

Citation Check

Similar Articles

<< < 4 5 6 7 8 9 10 11 12 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.