PENGARUH KUALITAS PENDIDIKAN DAN PROMOSI TERHADAP PEROLEHAN JUMLAH SISWA PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS SWASTA MAARIF KOTA CILEGON BANTEN

Authors

  • Ahmad Sofan Ansor Dosen Politeknik PGRI Banten, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/im.v1i2.282

Abstract

Dalam era persaingan global khususnya dibidang pendidikan yang sangat ketat dan berlomba-lomba untuk mendapatkan jumlah siswa sebanyak-banyaknya, maka menjadikan manajemen sekolah menengah memacu setiap penyelenggara pendidikan berusaha meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah agar dapat bersaing dengan sekolah lain. Berdasar kepentingan tersebut, perlu dilakukan suatu penelitian untuk diadakan usaha-usaha perbaikan dalam meningkatkan perolehan jumlah siswa, sehingga dapat diketahui apakah terdapat pengaruh antara kualitas pendidikan dan promosi sekolah menengah terhadap perolehan jumlah siswa di Sekolah Menengah Atas (SMA) Maarif Cilegon. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pendidikan dan promosi sekolah menengah secara bersama-sama telah mempengaruhi Jumlah perolehan siswa SMA Maarif Cilegon, hal ini dibuktikan dari hasil analisa didapat bahwa nilai Fhitung (238,446) > Ftable (3,673) dengan derajat bebas (df) 2 dan 113 pada alfa (α) 0,05, sehingga hipotesis yang ambil adalah Ho ditolak dan H1 diterima. Kualitas pendidikan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Jumlah Perolehan Siswa SMA Maarif Cilegon yaitu : nilai thitung (7,750) > ttable (1,9818) dengan derajat bebas (df) 113 pada alfa (α) 0,025, sehingga keputusannya menolak Ho dan menerima H1. Promosi SMA Maarif juga mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Perolehan Jumlah Siswa SMA Maarif Ccilegon yaitu : nilai thitung (15,290) > ttable (1,9818) dengan derajat bebas (df) 113 pada alfa (α) 0,025, sehingga keputusannya menolak Ho. dan menerima H1. Koefisien Determinasi (R²) sebesar 80,8%, yang berarti bahwa keragaman Perolehan Jumlah Siswa Sekolah menengah (SMA) Maarif Cilegon disebabkan oleh keragaman Kualitas Pendidikan dan Promosi sekolah menengah Maarif, sedangkan sisanya 19,2% keragamannya disebabkan oleh faktor lain yang dalam penelitian ini tidak dianalisis lebih lanjut.

References

Badan Akreditasi Sekolah. (2002). Kriteria penilaian sekolah, Jakarta, BASN.

Daft, R. L. (2010). Era Baru Manajemen, New Era of Management, Jakarta, Salemba Empat, 2010

Danim, S. (2010). Inovasi Pendidikan dalam Upaya Peningkatan Profesionalisme Tenaga Kependidikan, Bandung, Pustaka Setia.

Drucker, P. (1999). Management Chalanges for 21th century. New York Harper Collins Publishers.

Handoko, H. T. (2000). Dasar-dasar Manajemen Produksi dan Operasi. Yogyakarta: edisi I BPFE.

Heizer, Jay and Render, B. (1995). Production and Operation Management Strategic and Tactical Decisions. New Jersey: Prentice Hall.

Kotler, P. (1998). Managemen Pemasaran, Marketing Management 9e, Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Kontrol, New Jersey: Simon and Schuster.

Moeheriono. (2009). Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Ndraha, T. (2003). Budaya Organisasi. Jakarta: Rineka Cipta.

Notoatmojo, S. (2003). Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta.

Purwanto, I. (2006). Manajemen Strategi. Bandung: Yrama Widya.

Rangkuti, F. (2007). Riset Pemasaran. Jakarta: Gramedia.

Russel, R dan Taylor III. 1995). Production and Operations Manajemen Focusing on Quality dan Competitiveness. New Jersey: Prentice Hall.

Sallis, Edward. (2008).Total Quality Management in Education, Manajemen Mutu Pendidikan. Yogyakarta: IRCiSoD, 2008

Sconberger, JR dan Knod, ME. (1997). Operation Managemet Customers-Focused Prinsiples. Chicago: Sixth Edition IRWIN.

Siagian, Sondang P. (2003). Filsafat Administrasi. Jakarta: Bina Aksara.

Soekarsono, R. (2003). Kualitas Kerja Auditor. Jakarta: Disertasi Universitas Negeri Jakarta.

Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.

________. (2005). Metode Penelitian Bisnis, Bandung, Alfabeta, 2005

Stamatis, D H. (1996). Total Quality Service, St. Lucia Press USA, 1996

Ulrich, T.K. dan Steven, D.E. (2001). Perancangan dan Pengembangnan Produk. Jakarta: Sahabat Teknik.

Universitas Pendidikan Indonesia, Tim Dosen Administrasi Pendidikan. (2010). Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Usman, Husaini. (2009). Manajemen, Teori, praktek dan Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Published

2018-08-01

How to Cite

Ansor, A. S. (2018). PENGARUH KUALITAS PENDIDIKAN DAN PROMOSI TERHADAP PEROLEHAN JUMLAH SISWA PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS SWASTA MAARIF KOTA CILEGON BANTEN. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(02), 317–338. https://doi.org/10.30868/im.v1i2.282

Issue

Section

Artikel

Citation Check