Evaluasi Pelayanan Petugas Haji Ramah Lansia Tahun 2023 oleh Kantor Kementerian Agama Wilayah Jawa Tengah
DOI:
https://doi.org/10.30868/im.v7i01.6131Keywords:
evaluasi, fungsi manajemen, pelayanan publik, haji ramah lansiaAbstract
Latar belakang penelitian ialah ketertarikan peneliti pada masalah geriatri dimana ini selalu menarik perhatian dalam penyelenggaraan haji. Tujuan dari penelitian ini guna membahas terkait evaluasi pelayanan petugas haji ramah lansia pada penyelenggaraan haji tahun 2023, keberhasilan dalam mencapai tujuan dari pelayanan serta kualitas pelayanan yang telah di berikan kepada jamaah lansia. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang menggambarkan fenomena permasalahan serta fakta yang terjadi di Embarkasi Donohudan Solo, sebagai fokus penelitian. Teknik pengumpulan datanya dengan studi literatur dilanjutkan dengan wawancara mendalam serta observasi secara langsung di Kantor Kementerian Agama Wilayah Jawa Tengah. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi dari fungsi manajemen dalam mencapai tujuan pelayanan dalam penyelenggaraan haji sudah dilaksanakan dengan sangat baik walaupun masih terdapat beberapa kendala dalam pelaksanaanya kemudian, respon daripada pelayanan publik yang dapat diterima dengan baik serta penilaian yang menyatakan puas oleh jamaah haji lansia.
References
Abikusno, Rhinomuraena Murtoaji, Sri Sundari, and Marisi Pakpahan. 2024. “Manajemen Evaluasi Kinerja Di Lembaga Bahasa LIA Cibinong: Perspektif Penulis.” Manajemen Kreatif Jurnal 2 (1): 106–11. https://ejurnal.stie-trianandra.ac.id/index.php/makreju/article/view/2615.
Awadh, Mohammed Al. 2023. “Assessing the Quality of Sustainable Airline Services Utilizing the Multicriteria Decision-Making Approach.” Sustainability 15 (9). https://doi.org/10.3390/su15097044.
Bidang Penyelenggara Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama Wilayah, JATENG. 2023. “STRUKTUR PPIH 1444H/2023.”
Erlangga, Dimas, Andrie Chaerul, and Ahmad Syahid. 2023. “IMPLEMENTASI KONSEP PLANNING, ORGANIZING, ACTUATING, CONTROLLING DALAM PENGELOLAAN PROGRAM KURSUS MENGEMUDI.” Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus) 8 (1).
Fida, Bashir Ahmad, Umar Ahmed, Yousuf Al-Balushi, and Dharmendra Singh. 2020. “Impact of Service Quality on Customer Loyalty and Customer Satisfaction in Islamic Banks in the Sultanate of Oman.” SAGE Open 10 (2): 2158244020919517. https://doi.org/10.1177/2158244020919517.
Fynn, Judith F, Karen Milton, Wendy Hardeman, and Andy P Jones. 2022. “A Model for Effective Partnership Working to Support Programme Evaluation.” Evaluation 28 (3): 284–307. https://doi.org/10.1177/13563890221096178.
H Hasanah, A Rozaq, Linawari. 2023. Haji Resilien Penanganan Problem Bio-Psiko-Sosio-Religius Jamaah Geriatri. Edited by Tim Fatwa Publishing. Cetakan I. semarang: FATWA PUBLISHING.
Hartati, Sri. 2023. “Penguasaan Materi Tentang Evaluasi Dan Kemampuan Menganalisis Butir Soal Serta Hubungannya Dengan Keterampilan Menulis Soal.” Cybernetics: Journal Educational Research and Social Studies, 31–39.
Hasanah, Hasyim. 2017. “Teknik-Teknik Observasi (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-Ilmu Sosial).” At-Taqaddum 8 (1): 21–46.
Hayati, Mal, and Cahyaningsih. 2019. “Pengaruh Kinerja (Contoh)” 1: 3175. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/55784/1/CHOIRUNNISA MAULINA BAHRI-FDK.pdf.
Hidayat, Yayat, Nurhidayat Nurhidayat, Dyah Ayuningtyas, Desi Sri Sulistia, and Cahyadi Cahyadi. 2023. “Implementasi Fungsi Manajemen Dalam Mengelola Sumber Daya Di Pantai Madasari.” Jurnal Global Futuristik 1 (2): 162–67.
Islamiyah Fitria, F. 2023. “Kajian Literature: Pengukuran Kinerja Pemandu Haji.” Journal of Islamic Economics, Management and Business 2 (1): 130–38.
Peraturan Pemerintah RI. 2022. “Peraturan Pemerintah No 8 Tahun 2022 Tentang Koordinasi Penyelenggaraan Ibadah Haji (PP Nomor 8 Pasal 1 Tahun 2021).” Peraturan Pemerintah Republik Indonesia, no. 081223.
Rohmansyah, Taupik, Heru Sujiarto, and Ahmad Khori. 2023. “Democracy Education Management in Developing Diversity Behavior in Pesantren (Analytic Study at Al-Barkah, Al-Hasbi and Al-Riyadl Pesantren in Cianjur Regency): 10.2478/Bjlp-2023-00000246.” Baltic Journal of Law & Politics 16 (3): 3282–94.
Sari, Sofiya Nur Fadilah Ratna. 2024. “KUALITAS PELAYANAN PEGAWAI KANTOR KESYAHBANDARAN DAN OTORITAS PELABUHAN KELAS IV KALIANGET DI KABUPATEN SUMENEP.” In Prosiding: Seminar Nasional Dan Call For Paper Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik. Vol. 1.
Sattar, Abdul, and Hasyim Hasanah. 2023. “Tingkat Pengetahuan Peserta Sertifikasi Pembimbing Manasik Haji Profesional: Catatan Angkatan Vi Dari Semarang.” Multazam : Jurnal Manajemen Haji Dan Umrah 3 (1): 43. https://doi.org/10.32332/multazam.v3i1.7096.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif. Cet. 26. Bandung: ALFABETA.
Suryantoro, Bambang, and Yan Kusdyana. 2020. “Analisis Kualitas Pelayanan Publik Pada Politeknik Pelayaran Surabaya.” Jurnal Baruna Horizon 3 (2): 223–29. https://doi.org/10.52310/jbhorizon.v3i2.42.
Sutarni, Helma, and Sophan Sophian. 2024. “Dampak Kualitas Sumber Daya Manusia Profesionalisme Kerja Dan Komitmen Kerja Terhadap Kinerja Pegawai: Studi Kasus Kantor Balai Taman Nasional Siberut Padang.” JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS EKONOMI 2 (2): 177–91.
Telaumbanua, Dalinama. 2019. “Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2019 Tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji Dan Umrah.”
Zainudin, Zainudin, Mochammad Sinung Restendy, Munif Solihan, Achmad Zaky Faiz, Kurnia Muhajarah, and Lukman Hakim. 2023. “Crisis Communication Management of Transmigrant Moslem Community in Central Kalimantan during Covid 19 Pandemic.” Jurnal Ilmu Dakwah 43 (2): 309–30.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).