Kontribusi HMJ dan Mahasiswa Manajemen Haji Umrah dalam Penyelenggaraan Bimbingan Manasik Haji Anak TK
DOI:
https://doi.org/10.30868/im.v7i01.5897Keywords:
Kontribusi, HMJ, Mahasiswa, Penyelenggaraan Manasik Haji anak TK, ManfaatAbstract
References
Afiyah, N., & Usman, J. (2021). Pengembangan Nilai Agama dan Moral Anak Melalui Manasik Haji. Jurnal Pendidikan, Pengasuhan, Kesehatan, dan Gizi Anak Usia Dini (JP2KG AUD) 2(2), 83-96.
Alamsyah, Y. A. (2019). “Metode Penanaman Nilai-nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini.†Journal of Early Childhood Education 1(2), 29-44.
Amti, Erman dan Prayitno. 2008. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.
Ansori, M. Subhan, Siti Uswatun Kasanah, and A. Rachman Sidik. 2019. “Meningkatkan Pemahaman dan Keterampilan Ibadah Haji bagi Peserta Didik, Guru, dan Wali Murid Melalui Pembelajaran Praktik Manasik Haji untuk Anak Usia Dini.†Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Nusantara (JPPNu) 1(1):14-24.
Arifin. 1992. Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya
Arifin, Johar. 2019. “Tuntunan Manasik Haji dan Umroh.â€
As’ad, Aliy.1979. Terjemahan Fathul Mu’in, Kudus: Menara Kudus
Almahally, Imam Jalaludin & Alsuyuthi, Imam Jalaludin.Tafsir Jalalain.
Cahyono, H. (2019). “Peran Mahasiswa di Masyarakat De Banten-Bode.â€: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) Setiabudhi.
Damar Adi, Hartaji, R. (2012). Motivasi berprestasi pada mahasiswa yang berkuliah dengan jurusan pilihan orang tua.
Hidayatullah. 2019. “FIQIH.â€
Ilhafa, F., Arrizal, N. Z., & Putri, N. U. (2022). Mewujudkan SDGs Di Bidang Hukum: Peran Serta Mahasiswa Hukum Dalam Pembangunan Hukum. Seminar Nasional Hukum Dan Pancasila.
Joko Tri Haryanto, Anasom, Mahlail Syakur, Iman Fadhilah, dan Mustaghfirin, 2021. Buku Panduan Perjalanan Jemaah Haji: Membimbing Jemaah Haji Menjadi Mandiri dan Mabrur. Diva Press, Yogyakarta. ISBN 978-623-293-519-8.
Kartono, A. (2016). Solusi Hukum Manasik Dalam Permasalahan Ibadah Haji Menurut Empat Mazhab. Jakarta: Pustaka Cendekiamuda.
Koeswinarno, Zaenal Abidin, Wahid Sugiyarto, Saprillah. 2014. “Efektivitas Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dalam Memberikan Pelayanan dan Bimbingan terhadap Jamaah Haji.†Kementerian Agama RI Badan Litbang dan Diklat Puslitbang Kehidupan Keagamaan.
Nurruli Fatur Rohmah. 2019. Struktur dan Desain Organisasi. Kediri: IAIN.
Nur Kholisoh. Pengembangan Media Pelatihan Manasik Haji Bagi Anak Usia Dini (AUD) di TK Masyithoh I Gemahan. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Edisi 3 Tahun ke-10 2021.
Pajala, Kiflin. 2015. “Pengaruh Bimbingan Manasik Haji Terhadap Peningkatan Kualitas Ibadah Haji di Kota Palu Sulawesi Tengah.â€
Sattar, A. D., Murtadho, A., Hasanah, H., & Darissurayya, V. (2021). Implementasi Desain Manasik Haji Alternatif Pembelajaran Manasik Calon Jemaah Haji Kota Semarang.
Sholichah, I. F., Paulana, A. N., & Fitriya, P. (2019). Self-esteem dan resiliensi akademik mahasiswa. Proceeding National Conference Psikologi UMG 2018.
Yuyun Affandi. Haji Bagi Generasi Milenial-Paradigma Tafsir Tematik. Semarang: Fatawa Publishing. ISBN: 978-623-6408-15-5, 2021.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).