Kontribusi HMJ dan Mahasiswa Manajemen Haji Umrah dalam Penyelenggaraan Bimbingan Manasik Haji Anak TK

Authors

  • Nailul Faridah Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, Indonesia
  • Ahmad Anas Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/im.v7i01.5897

Keywords:

Kontribusi, HMJ, Mahasiswa, Penyelenggaraan Manasik Haji anak TK, Manfaat

Abstract

Latar belakang artikel ini adalah tentang adanya penyelenggaraan bimbingan manasik haji anak TK yang bertujuan untuk mengimplementasikan program kerja HMJ dan penerapan praktik microguiding mahasiswa MHU. Sehingga dalam penelitian ini terdapat hasil HMJ sebagai fasilitator dan mahasiswa sebagai pembimbing dalam penyelenggaraan manasik TK. Pihak lembaga pendidikan TK yang menggunakan jasa mahasiswa MHU merasa terbantu karena dari segi biaya terjangkau dengan jarak yang dekat. Banyak manfaat yang didapatkan, seperti manfaat akademik, manfaat finansial, manfaat sosial dan manfaat aktualisasi diri. Selain itu terciptanya citra baik bagi program studi MHU serta UIN Walisongo Semarang dimasyarakat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan tujuan mengeksplorasi dan mengetahui secara menyeluruh tentang bagaimana “Kontribusi HMJ dan Mahasiswa MHU UIN Walisongo Semarang dalam Penyelenggaraan Bimbingan Manasik Haji TK serta Manfaatnya.†Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa hasil wawancara dan observasi, yang mana peneliti membutuhkan 3 narasumber pengurus HMJ yang terdiri dari ketua, wakil dan koordinator divisi MHU periode 2022, 10 mahasiswa angkatan 2020 yang sudah mendapatkan mata kuliah microguiding dan berperan dalam kegiatan manasik, dan 3 guru dari lembaga pendidikan TK kawasan Semarang Barat (TK Pertiwi 22 Kedungpane, TK ABA 60 Krapyak, dan TK Al-Azzam Mijen) yang berperan dalam kegiatan manasik, serta Ketua program studi Manajemen Haji Umrah.

References

Afiyah, N., & Usman, J. (2021). Pengembangan Nilai Agama dan Moral Anak Melalui Manasik Haji. Jurnal Pendidikan, Pengasuhan, Kesehatan, dan Gizi Anak Usia Dini (JP2KG AUD) 2(2), 83-96.

Alamsyah, Y. A. (2019). “Metode Penanaman Nilai-nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini.†Journal of Early Childhood Education 1(2), 29-44.

Amti, Erman dan Prayitno. 2008. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.

Ansori, M. Subhan, Siti Uswatun Kasanah, and A. Rachman Sidik. 2019. “Meningkatkan Pemahaman dan Keterampilan Ibadah Haji bagi Peserta Didik, Guru, dan Wali Murid Melalui Pembelajaran Praktik Manasik Haji untuk Anak Usia Dini.†Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Nusantara (JPPNu) 1(1):14-24.

Arifin. 1992. Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya

Arifin, Johar. 2019. “Tuntunan Manasik Haji dan Umroh.â€

As’ad, Aliy.1979. Terjemahan Fathul Mu’in, Kudus: Menara Kudus

Almahally, Imam Jalaludin & Alsuyuthi, Imam Jalaludin.Tafsir Jalalain.

Cahyono, H. (2019). “Peran Mahasiswa di Masyarakat De Banten-Bode.â€: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) Setiabudhi.

Damar Adi, Hartaji, R. (2012). Motivasi berprestasi pada mahasiswa yang berkuliah dengan jurusan pilihan orang tua.

Hidayatullah. 2019. “FIQIH.â€

Ilhafa, F., Arrizal, N. Z., & Putri, N. U. (2022). Mewujudkan SDGs Di Bidang Hukum: Peran Serta Mahasiswa Hukum Dalam Pembangunan Hukum. Seminar Nasional Hukum Dan Pancasila.

Joko Tri Haryanto, Anasom, Mahlail Syakur, Iman Fadhilah, dan Mustaghfirin, 2021. Buku Panduan Perjalanan Jemaah Haji: Membimbing Jemaah Haji Menjadi Mandiri dan Mabrur. Diva Press, Yogyakarta. ISBN 978-623-293-519-8.

Kartono, A. (2016). Solusi Hukum Manasik Dalam Permasalahan Ibadah Haji Menurut Empat Mazhab. Jakarta: Pustaka Cendekiamuda.

Koeswinarno, Zaenal Abidin, Wahid Sugiyarto, Saprillah. 2014. “Efektivitas Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dalam Memberikan Pelayanan dan Bimbingan terhadap Jamaah Haji.†Kementerian Agama RI Badan Litbang dan Diklat Puslitbang Kehidupan Keagamaan.

Nurruli Fatur Rohmah. 2019. Struktur dan Desain Organisasi. Kediri: IAIN.

Nur Kholisoh. Pengembangan Media Pelatihan Manasik Haji Bagi Anak Usia Dini (AUD) di TK Masyithoh I Gemahan. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Edisi 3 Tahun ke-10 2021.

Pajala, Kiflin. 2015. “Pengaruh Bimbingan Manasik Haji Terhadap Peningkatan Kualitas Ibadah Haji di Kota Palu Sulawesi Tengah.â€

Sattar, A. D., Murtadho, A., Hasanah, H., & Darissurayya, V. (2021). Implementasi Desain Manasik Haji Alternatif Pembelajaran Manasik Calon Jemaah Haji Kota Semarang.

Sholichah, I. F., Paulana, A. N., & Fitriya, P. (2019). Self-esteem dan resiliensi akademik mahasiswa. Proceeding National Conference Psikologi UMG 2018.

Yuyun Affandi. Haji Bagi Generasi Milenial-Paradigma Tafsir Tematik. Semarang: Fatawa Publishing. ISBN: 978-623-6408-15-5, 2021.

Published

2024-01-30

How to Cite

Faridah, N., & Anas, A. (2024). Kontribusi HMJ dan Mahasiswa Manajemen Haji Umrah dalam Penyelenggaraan Bimbingan Manasik Haji Anak TK. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(01). https://doi.org/10.30868/im.v7i01.5897

Citation Check

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.