Strategi Kewirausahaan Yayasan Guna Meningkatkan Sumber Pembiayaan Pendidikan
DOI:
https://doi.org/10.30868/im.v5i2.480Keywords:
strategi, sumber pembiayaan pendidikan, wirausahaAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis strategi, penerapan strategi, dan bentuk Pengendalian yayasan dalam meningkatkan sumber pembiayaan pendidikan melalui wirausaha. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Daarul Fath Pengging Boyolali. Teknik pengumpulan data menggunakan:          1) Wawancara, 2) Observasi, dan 3) Analisis dokumentasi. Subyek penelitian ini adalah ketua dan bendahara yayasan Al Fath, sedangkan informan adalah direktur pondok pesantren, pengelola wirausaha, dan alumni pesantren. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi metode dan triangulasi sumber. Analisis data dengan model interaktif yang dimulai dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) perencanaan untuk memulai program kewirausahaan di antaranya penguatan visi-misi, pemantapan  tujuan, studi kelayakan, penunjukan dan penetapan pengelola wira usaha serta penghitungan dan penyiapan modal 2) pelaksanaan program kewirausahaan, ketua yayasan menjalankan tugas dalam mengelola dan mengembangkan wirausaha sebagai berikut : a) menjalankan fungsi manajemen. b) menjalankan etika bisnis c) menjunjung tinggi tujuan pesantren. 3) pengendalian dilakukan melalui penetapan indikator pencapaian dan laporan berkala serta melakukan diskusi bersama pengurus yayasan dan team manajemen pondok pesantren 4) dampak program kewirausahaan meliputi peningkatan sumber pembiayaan, peluang lapangan pekerjaan bagi masyarakat serta kesempatan para santri belajar wirausahaÂ
References
Blocker. (2001). Manajemen Biaya dengan tekanan Strategic. Jakarta: Salemba.
Bukhari Alma. (2013). Kewirausahaan. Bandung: Alfabeta.
Depag RI. (2003). Pondok Pesantren dan Madrasah Diniyah. Jakarta.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. (1986). Kamus Besar Bahasa Indonesia . Jakarta.
Dumm, W. (2003). Pengantar Analisis Kebijakan Publik. Yogyakarta: UGM Press.
Fatah, Nanang. (2000). Ekonomi dan Pembiayaan Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Fatah, Nanang. (2004). Standar Pembiayaan Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Harsono. (2007). Pengelolaan Pembiayaan Pendidikan . Yogyakarta: Pustaka Book
Mastuhu. (1994). Dinamika Sistem Pendidikan Pendidikan. Jakarta: INIS.
Minarti, S. (2011). Manajemen Sekolah. Jakarta: Ruzz Andi.
Mulyasa, E. (2007). Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Noor, H. F. (2007). Ekonomi Manajerial. jakarta: PT Raja Grafindo.
Rasjid, C. (2001). Tujuan Sosial Yayasan Dan Kegiatan Usaha Bertujuan Laba. Bandung: PT. Citra Ditya bakti.
Rohiat. (2010). Manajemen Sekolah Teori Dasar dan Praktik (27 ed.). Bandung: PT. Refika Aditama.
Soeroredjo, H. (1989). Status Hukum dari Yayasan dalam kaitannya dengan Penataan Badan-badan Usaha di Indonesia.
Suharsaputra, U. (2013). Administrasi Pendidikan. Bandung: PT. Refika Aditama.
Sumarni. (2018). Peran dan Fungsi yayasan dalam pengelolaan Pendidikan. Jurnal penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan .
Sunarto. (2005). MSDM Strategik. Yogyakarta: Annas.
Sunarya, A. (2013). Kewirausahaan. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.
Wijayanto. (2012). Pengantar Manajemen. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama .
Zainal Arifin . (2011). Penelitian Pendidikan . Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Zamakhsyari Dhofier. (1983). Tradisi Pesantren. Jakarta: LPES.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).