PERAN GURU DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI SMK TARUNA KARYA 2 KARAWANG
DOI:
https://doi.org/10.30868/im.v6i01.4023Keywords:
Guru, Karakter, SiswaAbstract
Tujuan Pennelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru dalam membangun etika, nilai dan karakter peserta didik sehingga bisa mencetak dan membentuk generasi yang memiliki kepribadian yang baik. Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subyek penelitian siswa-siswi SMK Taruna Karya 2 Karawang Tahun Pelajaran 2021/2022. Pengumpulan data dengan cara melalui observasi dan wawancara. Dari hasil penelitian ini peneliti berharap agar dapat memberikan kontribusi dan manfaat bagi semua pihak yang terkait, terutama bagi siswa, memberikan motivasi bahwa belajar dengan membangun karakter siswa itu menyenangkan serta siswa dapat memperaktekannya dalam kehidupan sehari-hari, Bagi sekolah, sebagai masukan yang konstruktif dalam mengelola program pendidikan karakter di sekolah dan menjadi bahan sekaligus referensi bagi kepala sekolah, guru, komite sekolah dan seluruh warga sekolah dalam mengembangkan pendidikan karakter di sekolah.
References
Arief, Armai. (2002). Pengantar Ilmu dan Metodelogi Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Press.
Darajat, Zakiah, dkk. (1996). Metode Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Hafizh, M. Nur. (1998). Mendidik Anak Bersama Rasulullah. Bandung: al-Bayan.
Moleong, Lexy J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mujib, Abdul. (2006). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana Prenada Media.
Zakiah Darajat, dkk. (1996). Metode Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
W.J.S Poerwodarminto. (1991). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Abuddin Nata. (1997). Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Logos Wacana Ilmu.
Mukhtar. (2003). Desain Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jakarta: CV. Misika Anak Galiza.
Armai Arief. (2002). Pengantar Ilmu dan Metodelogi Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Press.
Ahmad Tafsir. (1992). Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.
M. Nur Hafizh. (1998). Mendidik Anak Bersama Rasulullah. Bandung: al-Bayan.
Teuku Ramli Zakaria. (2000). Pendekatan-Pendekatan Pendidikan Nilai dan Implementasinya dalam Pendidikan Budi Pekerti. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 026: 493-494.
Lexy J. Moleong. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Ros
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).