PERAN GURU DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI SMK TARUNA KARYA 2 KARAWANG

Authors

  • Rahma Dilla Zainuri Universitas Buana Perjuangan Karawang, Indonesia
  • Siti Masruroh Universitas Buana Perjuangan Karawang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/im.v6i01.4023

Keywords:

Guru, Karakter, Siswa

Abstract

Tujuan Pennelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru dalam membangun etika, nilai dan karakter peserta didik sehingga bisa mencetak dan membentuk generasi yang memiliki kepribadian yang baik. Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subyek penelitian siswa-siswi SMK Taruna Karya 2 Karawang Tahun Pelajaran 2021/2022. Pengumpulan data dengan cara melalui observasi dan wawancara. Dari hasil penelitian ini peneliti berharap agar dapat memberikan kontribusi dan manfaat bagi semua pihak yang terkait, terutama bagi siswa, memberikan motivasi bahwa belajar dengan membangun karakter siswa itu menyenangkan serta siswa dapat memperaktekannya dalam kehidupan sehari-hari, Bagi sekolah, sebagai masukan yang konstruktif dalam mengelola program pendidikan karakter di sekolah dan menjadi bahan sekaligus referensi bagi kepala sekolah, guru, komite sekolah dan seluruh warga sekolah dalam mengembangkan pendidikan karakter di sekolah.

References

Arief, Armai. (2002). Pengantar Ilmu dan Metodelogi Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Press.

Darajat, Zakiah, dkk. (1996). Metode Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Hafizh, M. Nur. (1998). Mendidik Anak Bersama Rasulullah. Bandung: al-Bayan.

Moleong, Lexy J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mujib, Abdul. (2006). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Zakiah Darajat, dkk. (1996). Metode Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

W.J.S Poerwodarminto. (1991). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Abuddin Nata. (1997). Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Logos Wacana Ilmu.

Mukhtar. (2003). Desain Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jakarta: CV. Misika Anak Galiza.

Armai Arief. (2002). Pengantar Ilmu dan Metodelogi Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Press.

Ahmad Tafsir. (1992). Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.

M. Nur Hafizh. (1998). Mendidik Anak Bersama Rasulullah. Bandung: al-Bayan.

Teuku Ramli Zakaria. (2000). Pendekatan-Pendekatan Pendidikan Nilai dan Implementasinya dalam Pendidikan Budi Pekerti. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 026: 493-494.

Lexy J. Moleong. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Ros

Published

2023-01-29

How to Cite

Zainuri, R. D., & Masruroh, S. (2023). PERAN GURU DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI SMK TARUNA KARYA 2 KARAWANG. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(01), 1–14. https://doi.org/10.30868/im.v6i01.4023

Citation Check

Similar Articles

<< < 2 3 4 5 6 7 

You may also start an advanced similarity search for this article.