Desain Kurikulum Outcome Based Education(Obe) Dalam Pengembangan Media Pendidikan Agama Islam Di Perguruan Tinggi Umum

Authors

  • Siti Masruroh UBP Karawang, Indonesia
  • Rahma Dilla Zainuri UBP Karawang, Indonesia
  • Agus Ali IUQI Bogor, Indonesia
  • Dewi Fitriyani UBP Karawang, Indonesia
  • Siti Fathya Ansori UBP Karawang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/im.v7i01.5972

Keywords:

Desain, OBE, PAI, PTU

Abstract

Desain pembelajaran adalah proses untuk menentukan metode pembelajaran yang paling baik untuk dilaksanakan agar timbul perubahan pengetahuan dan keterampilan pada diri mahasiswa kearah yang lebih baik sesuai dengan tujuan pembelajaran. Peran Pendidikan Agama islam (PAI ) di Perguruan Tinggi Umum (PTU) bisa dijadikan rujukan pandangan hidup untuk mempelajari, mendalami, mengamalkan isi kandungan ajaran Islam sebagai landasan pembentukan kepribadian mahasiswa di PTU. Oleh karena itu pengembangan materi PAI di PTU sangat di perlukan bukan hanya ajaran yang bersifat dogmatis tetapi harus disesuaikan dengan kebutuhan program studi. Tujuan penelitian tentang desain kurikulum Outcome Based Education (OBE) terhadap pengembangan media PAI di PTU yaitu menerapkan kurikulum OBE untuk mengembangkan media pembelajarn PAI di PTU. Pengembangan media PAI di PTU melalui Kurikulum OBE Pertimbangan peneliti menggunakan metode kualitatif karena peneliti ingin memahami (how to understand) secara mendalam yang diteliti bukan menjelaskan (how to explain) sebab akibat sebagaimana yang dilakukan peneliti kuantitatif. 

References

Abu Nawar, J. S. (2019). Model pendampingan dinas sosial dalam menurunkan tingkat kekerasan terhadap anak. Jurnal Politik dan Pemerintahan Daerah, 65.

Asmaya, E. (2012). Implementasi Agama dalam mewujudkan Keluarga Sakinah. Komunika, 1262.

Gunawan, I. (2013). Metode Penelitian Kulitatif. Academia.

Kartajaya, A. H. (2018). Inovasi. Yogyakarta: Andi.

Muh Turizal Husein, Z. A. (2020). Banten Dan Angka Kekerasan Terhadap Perempuan Persfektif Agama Islam. Rausyan Fikr, 68.

Saptatiningsih, V. L. (2020). Peran UPTD Perlindungan Perempuan Dan Anak Dalam Pendampingan Perempuan Korban Kekerasan . Jurnal Kewarganegaraan, 123.

Sugiono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif dan R&D. Bandung : Alphabetha.

Published

2024-01-29

How to Cite

Masruroh, S., Zainuri, R. D., Ali, A., Fitriyani, D., & Ansori, S. F. (2024). Desain Kurikulum Outcome Based Education(Obe) Dalam Pengembangan Media Pendidikan Agama Islam Di Perguruan Tinggi Umum. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(01). https://doi.org/10.30868/im.v7i01.5972

Citation Check

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.