Desain Kurikulum Outcome Based Education(Obe) Dalam Pengembangan Media Pendidikan Agama Islam Di Perguruan Tinggi Umum
DOI:
https://doi.org/10.30868/im.v7i01.5972Keywords:
Desain, OBE, PAI, PTUAbstract
Desain pembelajaran adalah proses untuk menentukan metode pembelajaran yang paling baik untuk dilaksanakan agar timbul perubahan pengetahuan dan keterampilan pada diri mahasiswa kearah yang lebih baik sesuai dengan tujuan pembelajaran. Peran Pendidikan Agama islam (PAI ) di Perguruan Tinggi Umum (PTU) bisa dijadikan rujukan pandangan hidup untuk mempelajari, mendalami, mengamalkan isi kandungan ajaran Islam sebagai landasan pembentukan kepribadian mahasiswa di PTU. Oleh karena itu pengembangan materi PAI di PTU sangat di perlukan bukan hanya ajaran yang bersifat dogmatis tetapi harus disesuaikan dengan kebutuhan program studi. Tujuan penelitian tentang desain kurikulum Outcome Based Education (OBE) terhadap pengembangan media PAI di PTU yaitu menerapkan kurikulum OBE untuk mengembangkan media pembelajarn PAI di PTU. Pengembangan media PAI di PTU melalui Kurikulum OBE Pertimbangan peneliti menggunakan metode kualitatif karena peneliti ingin memahami (how to understand) secara mendalam yang diteliti bukan menjelaskan (how to explain) sebab akibat sebagaimana yang dilakukan peneliti kuantitatif.Â
References
Abu Nawar, J. S. (2019). Model pendampingan dinas sosial dalam menurunkan tingkat kekerasan terhadap anak. Jurnal Politik dan Pemerintahan Daerah, 65.
Asmaya, E. (2012). Implementasi Agama dalam mewujudkan Keluarga Sakinah. Komunika, 1262.
Gunawan, I. (2013). Metode Penelitian Kulitatif. Academia.
Kartajaya, A. H. (2018). Inovasi. Yogyakarta: Andi.
Muh Turizal Husein, Z. A. (2020). Banten Dan Angka Kekerasan Terhadap Perempuan Persfektif Agama Islam. Rausyan Fikr, 68.
Saptatiningsih, V. L. (2020). Peran UPTD Perlindungan Perempuan Dan Anak Dalam Pendampingan Perempuan Korban Kekerasan . Jurnal Kewarganegaraan, 123.
Sugiono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif dan R&D. Bandung : Alphabetha.
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).