الأساليب السلوكية في تعليم اللغة العربية في السنة السابعة بالمرحلة المتوسطة بمعهد اليسرى لتحفيظ القرآن ببوجور

Authors

  • Saipuddin Saipuddin Universitas Ibn Khaldun Bogor, Indonesia
  • Abdul Hayyie al Kattani Universitas Ibn Khaldun Bogor, Indonesia
  • Ulil Amri Syafri Universitas Ibn Khaldun Bogor, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/im.v6i01.2895

Keywords:

Behavioristik, Bahasa Arab, Pengajaran.

Abstract

Pembelajaran bahasa asing seperti bahasa Arab menurut pandangan behavioristik adalah seperti pembelajaran seorang anak kecil terhadap bahasa ibu (bahasa pertama) yaitu tidak dengan menggunakan terjemahan, akan tetapi langsung menggunakan bahasa yang ingin dikuasai, fokus awal dari pembelajaran bahasa Arab menurut pandangan behavioristik adalah penguasaan keterampilan mendengar kemudian berbicara, setelah menguasai dua keterampilan tersebut, keterampilan selanjutnya yang harus diajarkan adalah keterampilan membaca dan menulis. Penguasaan keterampilan-keterampilan dalam berbahasa menurut pandangan ini sama seperti penguasaan terhadap keterampilan-keterampilan perilaku lainnya seperti bermain bola, mengendarai mobil, dan lain sebagainya yaitu membutuhkan pembelajaran, latihan, dan simulasi, serta sangat bergantung terhadap proses stimulus dan respon, serta penguatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian lapangan (field research). Hasil dari penelitian ini adalah bahwa terdapat cara-cara behavioristik dalam pengajaran bahasa Arab tingkat SMP di Ma’had Al Yusro Bogor diantaranya adalah menggunakan metode langsung, menggunakan metode audio lingual, menyiapkan dan mengkondisikan kelas, menyiapkan murid, menyediakan media pembelajaran yang dapat mebentuk prilaku berbahasa pada murid, memberikan pembelajaran dengan cara bertahap dan sistematis, mengoreksi dan membenarkan kesalahan murid secara langsung, berlebihan dalam melatih murid dalam perilaku berbahasa murid yang baik dan benar, pengajaran suara, kosa kata, dan kaidah bahasa melalui percakapan, membiasakan siswa dalam mendengarkan suara-suara berbahasa Arab dan membiasakannya untuk berbicara menggunakan bahasa Arab, menyediakan latihan berkelanjutan, dan memberikan penguatan positif ataupun negatif.

References

Ibnu Manzhur. (2003). Lisanul Arab. Bairut/Libanon: Darul khutub ilmiyah

Abu Al-Fath Utsman ibn Jina. (1971). Al-Khasha’ish. Bairut: Darul Kutub Ilmiyah.

Ahmad ibn Abdul Halim ibn Abdus Salam ibn Tamim. (2004). Majmu’ Fatawa. Al-Madinah Al-Munawwaroh: Majma’ Al-Malak Fahd li Thaba’ati Al-Mashhaf Asy-Syarifah.

Ahmad ibn Abdul halim ibn Abdus Salam ibn Tamim. (t.t.). Iqtidhaus Shirath Al-Mustaqim li Mukhalafati Ashhabil Jahim. Riadh: Maktabah Ar-Rusyd.

Hamzah Rawiyah. (2016). Malamihu An-Nazhariyah As-Sulukiyah fi Zhilli Manahij Ta’limiyah Ansyathatu Al-Lugha Al-‘Arabiyah fi Ath-Thaur Al-Awwal min Al-Marhalati Al-Jaza’ir. Al-Jaza’ir: Dirasatu Muqaddimah li Naili Syahadati Al-Masitr fi Al-Adab wa Al-Lughah Al-‘Arabiyah.

Rusydi Ahmad Tha’imah. (1986). Ta’limu Al-Lughah Al-‘Arabiyah li Ghairi An-Nathiqin biha Manahijihi wa Asalibihi. Mesir: Mansyurat Al-Munazhzhamatu Al-Islamiyah wa Ats-Tsaqafah, li At-Tarbiyah wa Al-‘Ulumiyah.

Sa’id Isma’il Shina. (1994). Qawa’id Asasiyah fi Al-Bahst Al-‘Alami. Bairut: Massasah Ar-Risalah.

Abdur Rahman ibn Ibrahim Al-Fauzan. (1436). Idha’at li Mu’allimi Al-Lughah Al-‘Arabiyah li Ghairi An-Nathiqu biha. Al-Mamlakah Al-‘Arabiyah As-Su’udiyah: Fahrasah Fahd Al-Wathaniyah Atsnau An-Nasyar, Maktabah Al-Muluk.

Abdul ‘Aziz ibn Ibrahim Al-‘Ashili. (2006). ‘Ilmu Al-Lughah An-Nafsi. Riadh: Jamiah Al-Imam Muhammad ibn Shu’ud Al-Islamiyah.

‘Ali Ahmad Madkur dan Iman Ahmad Huraidi. (2006). Ta’limu Al-Lughah Al-‘Arabiyah li Ghairi Nathiqini biha An-Nazhiriyah wa At-Tathbiq. Al-Qahirah. Darul Fikr Al-‘Arabiy.

Fakhir ‘Aqil. (1982). ‘Ilmun Nafs At-Tarbawi. Bairut: Darul Al-‘Ilm li Al-Malayiin.

Muhammad Ziyad Hamdan. (1989). Al-Bahts Al-‘Ilmi Kannzhar. Al-Urd: Darul Tarbiyah Al-Haditsah.

Muhammad Kamil An-Naqah. (1985). Ta’limu Al-Lughah Al-‘Arabiyah li An-Nathiqiina bi Lughat Al-Ukhra Assasahu wa Madakhilahu wa Thurqi Tadriisihi. Al-Mamlakatu Al-‘Arabiyah As-Su’udiyah.

Wizaratu Al-Ma’arif. (2001). Dalilu Al-Mursyid Ath-Thalabi fi Madarisi At-Ta’limi Al-‘Am. Al-idaratu Al-‘Amah lil Irsyad.

Yasir ‘Arafat. (2020). An-Nazhariyah As-Sulukiyah wa An-Nazhariyah Al-Ma’rifiyah fi Iktisabu Al-Lughah: Dirasatu Al-Maqarinah, Majallatu Al-Lughah Al-‘Arabiyah li Abhats At-Takhshisihyah. Riaydh: Jam’atu Al-Mulk Su’ud.

Published

2023-01-29

How to Cite

Saipuddin, S., al Kattani, A. H., & Syafri, U. A. (2023). الأساليب السلوكية في تعليم اللغة العربية في السنة السابعة بالمرحلة المتوسطة بمعهد اليسرى لتحفيظ القرآن ببوجور. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(01). https://doi.org/10.30868/im.v6i01.2895

Citation Check

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.