LANDASAN PSIKOLOGIS DALAM MENGEMBANGKAN MANAJEMEN- KURIKULUM PENDIDIKAN
DOI:
https://doi.org/10.30868/im.v6i02.3565Keywords:
Psikologi, Manajemen, Kurikulum,Abstract
Perubahan perilaku peserta didik dipengaruhi oleh faktor kematangan dan faktor dari luar program pendidikan atau lingkungan. kurikulum diharapkan dapat menjadi alat untuk mengembangkan kemampuan potensial menjadi kemampuan aktual peserta didik serta kemampuan-kemampuan baru yang dimiliki dalam waktu yang relatif lama. Pengembangan kurikulum harus dilandasi oleh asumsi-asumsi yang berasal dari psikologi yang meliputi kajian tentang apa dan bagaimana perkembangan peserta didik, serta bagaimana peserta didik belajar. Metode penelitian menggunakan pendekatan studi pustaka atau library research. . Landasan psikologi dalam pengembangan manajemen kurikulum dilandasi pada dua teori, teori perkembangan dan teori pembelajaran. Teori perkembangan ada tiga fase, pertama fase prasekolah umur 0-6 tahun, fase sekolah dasar umur 6-12 tahun, fase sekolah menengah umur 12-18 tahun. Ada beberapa teori pembelajaran yang dijadikan sebagai landasan dalam pengembangan kurikumum, teori behaviorisme perkembangan anak ditentukan oleh faktor-faktor yang berasal dari lingkungan, teori gestalt titik fokus teori ini adalah pada siswa, dan siswa dianggap memiliki sebuah pengetahuan yang perlu dikembangkan, teori kognitifisme menganggap bahwa cara belajar orang dewasa berbeda dengan dengan cara belajar anak, dimana cara belajar orang dewasa, teori konstruktivistik belajar merupakan suatu proses pembentukan pengetahuan. Dalam mengembangan kurikulum harus memperhatidan perkembangan dan pembelajaran seperti apa yang akan diimplementasikan.Â
References
Goleman, Daniel. Kecerdasan Emosional, Terjemah, Hariono S. Imam. Jakarta: Gramedia
Pustaka Utama, 1997.
Hidayat, Sholeh. Pengembangan Kurikulum Baru. PT. Remaja Rosdakarya: Bandung, 2013.
Hude, M. Darwis. Emosi Penjelajahan Religio-Psikologis Tentang Emosi Manusia Di dalam
Al-Qur’an. Jakarta: Erlangga, 2006.
Idi, Abdul. Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktik. Jogjakarta: Ar-Ruzz, 2011
Jalaludin. Psikologi Agama. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2011
Kuntowijoyo. Islam Sebagai Ilmu, Epistemologi, Metodologi, danEtika. Yogyakarta: Tiara
Wacana, 2006.
Nasution, S Nasution. Asas-asas kurikulum. Jakarta: Bumi Aksara, 2014.
Ruhimat, Toto dkk. Kurikulm & Pembelajaran. PT Raja Grafindo Persada: Depok, 2017.
Rusman, Manajemen Kurikulum. PT Rajagrafindo Persada: Jakarta, 2012.
Sukmadinata, Nana Syaodih. Pengembangan Kurikulum (Teori dan Praktik). Bandung: PT.
Remaja Rosda Karya, 2015.
Zed, Mestika. Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 2008.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).