Tujuan Pendidikan Islam dalam Persfektif Alquran
Abstract
Pendidikan dalam islam merupakan pondasi yang penting dalam membangun jatidiri sebagai seorang muslim. Muslim yang dibekali dengan pendidikan akan tumbuh menjadi manusia yang paripurna karena dalam dirinya sudah terinternalisasi nilai-nilai luhur akhlak yang mulia dan ilmu yang manfaat. Dalam islam tujuan pendidikan adalah sebagaimana tujuan hidup ketika manusia diciptakan yaitu sebagai khalifah dimuka bumi yang tugasnya adalah beribadah hanya kepada Allah. Maka untuk sampai kepada kualitas itu ada proses yang agung dan sistematis yaitu pendidikan. Dalam Alquran banyak sekali ayat-ayat sebagai isyarah terkait dengan tujuan pendidikan dimana hal tersebut menjadi dasar dan panduan untuk penjabaran bagaimana proses pendidikan mesti diwujudkan sehingga tujuannya bisa tercapai. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur yang sumber datanya diambil dari data primer yaitu jurnal, tesis, makalah prosiding dan hasil penelitian terdahulu yang relevan dengan tema tujuan pendidikan islam. Serta data referensi sekunder yaitu buku dan website internet. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk menggali isyarah yang terdapat dalam Alquran mengenai tujuan pendidikan islam sehingga tujuan pendidikan islam menjadi lebih terukur, terarah dan sistematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan islam yang dikaji dari ayat-ayat Alquran begitu sempurna karena mewadahi kebutuhan jasmani dan ruh manusia dibandingkan dengan pendidikan sekuler yang kering aspek spiritualitasnya.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Abdulllah, Dudung. “Perspektif Al-Qur’an Tentang Posisi Manusia Dalam Memakmurkan Alam Raya.” Al-Daulah 5, no. 1 (2016): 13–20.
Ainiyah, Qurrotul dan Karsiyah. “Konsep Kesatuan Iman, Iptek Dan Amal Menuju Terbentuknya Insan Kamil Dalam Perspektif Pendidikan Islam.” Istawa 2 nomor 2 (2017): 38.
Ali, Maulida. “Dinamika Dan Peran Pondok Pesantren Dalam Pendidikan Islam Sejak Era Kolonialisme Hingga Masa Kini.” Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam 05 (2016): 1295–1309.
Bagir, Haidar. Memulihkan Sekolah Memulihkan Manusia. Jakarta: PT. Mizan Publika, 2019.
Budiyanti, Nurti, Asep Abdul Aziz, Palah, and Agus Salim Mansyur. “The Formulation of the Goal of Insan Kamil as a Basis for the Development of Islamic Education Curriculum.” IJECA (International Journal of Education and Curriculum Application) 3, no. 2 (2020): 1–10. http://journal.ummat.ac.id/index.php/IJECA/article/view/2252.
Dr. Rahmat Hidayat, MA. Ilmu Pendidikan Islam : Momentum Arah Pendidikan Islam. Edited by M.Pd H. Candra Wijaya. Pertama. Medan: LPPI Medan, 2016.
Fahimah, Iim. “Tuhan Dalam Perspektif Al-Quran.” Nuansa 12, no. 1 (2019). https://doi.org/10.29300/nuansa.v12i1.2108.
Fuad, ahmad Zakki. “Taksonomi Transenden : Paradigma Baru Tujuan Pendidikan Islam.” Jurnal Pendidikan Agama Islam 2 (2014): 25. http//jurnalpai.uinsby.ac.id.
Hewi, La, and Muh Shaleh. “Refleksi Hasil PISA (The Programme For International Student Assesment): Upaya Perbaikan Bertumpu Pada Pendidikan Anak Usia Dini).” Jurnal Golden Age 4, no. 01 (2020): 30–41. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2018.
Hidayat, Ara, and Imam Machali. Pengelolaan Pendidikan. Edited by Pendi Susanto. Journal of Chemical Information and Modeling. Ke 1. Vol. 53. Bandung: Kaukaba, 2013. http://digilib.uinsgd.ac.id/30324/1/01. Buku Pengelolaan Pendidikan.pdf.
Hosaini, Ahmad. Manajemen Manusia: Refleksi Diri Meraih Kesempurnaan Hidup. Revisi. Malang: MNC Publishing, 2017. www.mncpublishing.com.
Leni, Nurhasanah. “Faktor Yang Membuat 7 Negara (Finlandia, Korea Selatan, Hongkong, Jepang, Singapura , Belanda, Kanada) Diakui Memiliki Sistem Pendidikan Terbaik Di Dunia Dalam Kajian Antropologi Dan Matematika.” Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2019, 219–29.
“Pengertian Analisi Isi,” 2021. https://www.dosenpendidikan.co.id/analisis-isi/.
Prof. Dr. H. Abuddin Nata, MA. Pendidikan Dalam Persfektif Alquran. Jakarta: Prenada Media Group, 2016.
Putra, Ary Antony. “Konsep Pendidikan Agama Islam Perspektif Imam Al-Ghazali.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 1, no. 1 (2017): 41–54. https://doi.org/10.25299/althariqah.2016.vol1(1).617.
Quraish Shihab, Muhammad. “AL-Mishbah,” 2003, 173.
Royani, Zulkifli. “Fiqh Dan Prinsip Ibadah Dalam Islam.” Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran Dan Pencerahan 13 NO 02 (2017).
“Studi Literatur : Pengertian, Ciri-Ciri Dan Teknik Pengumpulan Datanya,” 2021. https://penerbitdeepublish.com/studi-literatur/.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta Bandung, 2018.
Syifa, Aulia. “7 Negara Paling Bahagia Di Tahun 2021, Finlandia Di Urutan Pertama,” n.d. https://www.liputan6.com/citizen6/read/4612293/7-negara-paling-bahagia-di-tahun-2021-finlandia-di-urutan-pertama.
Trinurmi, Sitti. “HAKEKAT DAN TUJUAN HIDUP MANUSIA DAN HUBUNGANNYA DENGAN TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM.” Jurnal Bimbingan Penyuluhan Islam Al Irsyad Al Nafs Vol 2 No 1 (2015).
“Tujuan Pendidikan Islam Menurut Pakar Ahli,” n.d. https://wawasanpengajaran.blogspot.com/2015/01/tujuan-pendidikan-islam-menurut-pakar.html.
Yusuf, Munir. “Pengantar Ilmu Pendidikan.” Lembaga Penerbit Kampus IAIN Palopo, 2018, 126.
Article metrics


Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jl. Raya Dramaga KM. 7
Kelurahan Margajaya, Kecamatan Bogor Barat
Kota Bogor
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.